Resep Jamu Kunyit Asam Super Segar untuk Daya Tahan Tubuh

Siapapun pasti setuju jika Jamu Kunyit Asam memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, salah satunya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berguna banget kan selama ada pandemi virus Corona ini? Gimana kalau kita bikin resep jamu Kunyit Asam untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Tertarik untuk membuatnya? Yuk simak resepnya berikut ini!

Jamu Kunyit Asam

Jamu Kunyit Asam merupakan salah satu jenis jamu dan minuman sehat tradisional Indonesia yang terkenal selain Beras Kencur. Jamu ini tentu saja berbahan dasar kunyit dan asam Jawa. Minuman sehat ini memiliki manfaat yang baik untuk Kesehatan, seperti membersihkan tubuh dari racun, mengurangi nyeri haid pada wanita yang datang bulan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Di saat pandemi virus Corona seperti sekarang ini, Jamu Kunyit Asam menjadi salah satu minuman yang cocok untuk dikonsumsi. Mengapa demikian? Karena salah satu khasiat Jamu ini adalah mampu membuat tubuh lebih bugar dan meningkatkan daya tahan tubuh.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Bikin Jamu Kunyit Asam pun gak susah karena bahannya mudah didapat. Selain itu, buatan sendiri tentu jauh lebih sehat dan murah. Praktis pula cara membuatnya. Ikuti ya ulasan lengkpanya berikut ini!

Baca Juga :  Resep Es Bongko Khas Pontianak yang Paling Enak

Bahan Resep Jamu Kunyit Asam

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Apa saja sih bahan-bahan yang diperlukan? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat minuman sehat ini:

  • 150 gr kunyit
  • 150 gr gula merah/gula aren
  • 50 gr asam jawa
  • 1 liter air
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Alat Resep Jamu Kunyit Asam

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan ya Sweet Couple. Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuatnya:

  • Sendok
  • Pisau
  • Panci
  • Ulekan
  • Gelas/cangkir

Cara Membuat Resep Jamu Kunyit Asam

Setelah alat-alat dan bahan-bahan siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Jamu Kunyit Asam. Inilah cara membuatnya:

  1. Pertama-tama, kupas kunyit sebagai bahan resep Jamu Kunyit Asam untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Lalu, cuci kunyit tersebut hingga bersih.
  2. Kedua, tumbuk kasar kunyit sebagai bahan resep Jamu Kunyit Asam menggunakan ulekan.
  3. Ketiga, masukkan air ke dalam panci yang nantinya akan digunakan untuk merebus resep Jamu Kunyit Asam.
  4. Kemudian, rebus air dengan api yang agak besar hingga mendidih.
  5. Lalu, masukkan bahan-bahan lain untuk membuat resep Jamu Kunyit Asam seperti kunyit, asam Jawa, gula merah/gula aren, garam, dan gula pasir ke dalam air yang sedang direbus tersebut.
  6. Setelah semua bahan untuk membuat resep Jamu Kunyit Asam untuk daya tahan tubuh tersebut dimasukkan, maka kecilkan api dan rebus bahan-bahan hingga warnanya agak kecokelatan selama kurang lebih 30 menit.
  7. Jangan lupa untuk mencicipi rasanya. Jika kurang manis, maka bisa tambahkan lagi gula pasir ke dalamnya.
  8. Selanjutnya, matikan kompor dan saring air rebusan resep Jamu Kunyit Asam tadi ke dalam gelas.
  9. Akhirnya selesai sudah meracik minuman sehat ini. Sweet Couple bisa menyajikannya dalam keadaan hangat maupun dingin. Sama-sama enak dan segar!
Baca Juga :  Resep Minuman Kelapa Thailand

Wah ternyata gak susah ya bikin minuman ini Sweet Couple? Bahan-bahannya sangat mudah didapat dan murah. Rasa dari minuman ini pun nikmat banget, baik saat hangat maupun dalam keadaan dingin dengan ditambahkan es batu. Pokoknya dijamin pas banget buat bikin minuman sehat ini di tengah pandemi virus Corona seperti sekarang ini. Enaknya dapet, segernya dapet, sehatnya juga dapet.

Mengonsumsi minuman ini secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh, karena kunyit asam mengandung anti bakteri dan anti peradangan. Secara tidak langsung, minuman ini pun juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh melawan penyakit.

Selain itu, karena memiliki kandungan anti-inflamasi atau antiperadangan, kunyit asam mampu membantu mengurangi rasa nyeri akibat peradangan pada sendi. Hal ini dikarenakan rempah ini memiliki sifat analgesik kurkumin yang sangat efektif mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan seperti peradangan sendi akibat artritis.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Resep disadur dari Brilicious.Brilio.net