Resep Jamu Temulawak untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika kalian senang menyantap minuman sehat tradisional khas Indonesia, maka sudah tak asing lagi dengan Jamu Temulawak bukan? Jamu Temulawak sendiri termasuk salah satu jamu yang familiar di kalangan masyarakat Indonesia karena Jamu Temulawak terkenal khasiatnya untuk meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Berguna banget kan selama ada pandemi virus Corona ini? Gimana kalau kita bikin resep Jamu Temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Yuk simak resep Jamu Temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh di rumah selama pandemi virus Corona!

Jamu Temulawak

Indonesia memang gudangnya jamu seperti Jamu Beras Kencur dan Jamu Kunyit Asam. Namun, ada salah satu yang terkenal yakni Jamu Temulawak. Jamu Temulawak berbahan dasar tanaman temulawak, sejenis tanaman herba yang biasa digunakan untuk rempah-rempah bahan masakan. Jamu Temulawak ini memiliki manfaat yang baik untuk Kesehatan, seperti menambah nafsu makan, memperlancar proses pencernaan, mengatasi radang sendi, menurunkan kolesterol, membuat hati lebih sehat, dan menjaga daya tahan tubuh.

Di saat pandemi virus Corona seperti sekarang ini, Jamu Temulawak menjadi salah satu minuman yang cocok untuk dikonsumsi. Mengapa demikian? Karena salah satu khasiat Jamu Temulawak adalah mampu meningkatkan stamina tubuh, mengobati masuk angin, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Cocok banget kan minum Jamu Temulawak biar tubuh makin sehat?

Baca Juga :  Resep Empon-Empon untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bikin Jamu Temulawak pun gak susah karena bahannya mudah didapat. Selain itu, resep Jamu Temulawak buatan sendiri tentu jauh lebih sehat dan murah. Praktis pula karena resep Jamu Temulawak ini bisa dicoba di rumah. Tertarik untuk bikin resep Jamu Temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Yuk simak resep Jamu Temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh berikut ini!

Bahan Resep Jamu Temulawak

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Jamu Temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Jamu Temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Jamu Temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi virus Corona:

• 100 gram temulawak.
• 40 gram asam kawak tanpa biji .
• 200 mililiter air matang.
• 4 lembar daun pandan.
• 200 gram gula aren.
• 20 gram jintan.
• 50 gram kencur.
• 2 liter air.

Alat Resep Jamu Temulawak

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Jamu Temulawak untuk daya tahan tubuh. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Jamu Temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Jamu Temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh di rumah selama pandemi virus Corona:

  • Sendok
  • Pisau
  • Panci
  • Wajan
  • Blender
  • Gelas
Baca Juga :  Resep Jamu Beras Kencur untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara Membuat Resep Jamu Temulawak

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Jamu Temulawak untuk daya tahan tubuh siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Jamu Temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Inilah cara untuk membuat resep Jamu Temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh di rumah selama pandemi virus Corona:

  1. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan resep Jamu Temulawak yakni Temulawak dan kencur lalu iris tipis-tipis hingga keluar sarinya
  2. Kedua, irisan bahan resep Jamu Temulawak tadi yakni temulawak dan kencur disangrai menggunakan wajan dengan api yang sedang. Tak usah lama-lama ya menyangrainya.
  3. Ketiga, masukkan bahan resep Jamu Temulawak lainnya yakni asam kawak, jinten, dan 200 ml air matang beserta dengan temulawak dan kencur yang sudah disangrai tadi ke dalam blender. Lalu, haluskan dengan blender.
  4. Selanjutnya, masukkan gula aren dan daun pandan ke dalam panci dengan sedikit air. Rebus semuanya hingga menjadi larut.
  5. Setelah itu, campuran bahan resep Jamu Temulawak yang sudah diblender tadi ke dalam rebusan gula dan pandan. Aduk semuanya hingga tercampur secara merata.
  6. Jika sudah matang, maka matikan kompor dan saring campuran Jamu Temulawak tersebut ke dalam gelas.
  7. Selesai sudah resep Jamu Temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh! Jamu Temulawak ini siap disajikan dan dinikmati bersama.
Baca Juga :  5 Minuman Sehat Tradisional Indonesia untuk Daya Tahan Tubuh Selama Corona

Wah ternyata gak susah ya bikin resep Jamu Temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Bahan-bahan resep Jamu Temulawak mudah didapat dan murah. Rasa dari Jamu Temulawak pun nikmat banget apalagi dalam keadaan hangat usai dimasak. Pokoknya dijamin pas banget buat bikin resep Jamu Temulawak dan minum Jamu Temulawak di tengah pandemi virus Corona seperti sekarang ini. Enaknya dapet, segernya dapet, sehatnya juga dapet.

Tertarik untuk mencoba bikin resep Jamu Temulawak yang satu ini? Kalau tertarik, mending Sweet Couple segera buruan siapin alat dan bahannya lalu bikin deh Resep Jamu Temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh di rumah. Selamat mencoba resep Jamu Temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh di rumah selama pandemi virus Corona ya Sweet Couple!

Resep disadur dari Fimela.com

Leave a Reply