Resep Keripik Pare Anti Pahit Bikin Nagih

Suka keripik? Yuk coba bikin resep keripik pare? Pasti Sweet Couple terkejut dan bertanya-tanya. Kok bisa sih ada keripik jenis ini? Apa gak pahit tuh rasanya?

Tenang saja! Keripik pare ini tidak sembarang keripik. Pastinya citarasanya bakal berbeda dengan sayur pare yang biasa dikonsumsi. Tak akan sepahit sayuran aslinya. Kok bisa sih?

Hal ini karena parenya dicuci bersih dengan air dan diperas hingga benar-benar tiris. Hal ini membuat sari-sari rasa pahit yang ada di dalamnya ikut keluar. Apalagi parenya ditepungi dan diberi bumbu yang dominan sehingga menutup rasa pahitnya.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Keripik pare ini cocok banget dijadikan camilan sembari berkumpul bersama keluarga dan handai taulan tercinta. Pastinya jadi makin asyik dan seru kala menjalani momen tersebut.

Untuk membuat resep keripik pare ini mudah kok. Bahan- bahannya juga murah meriah dan mudah dicari. Tak ada alasan untuk tidak mencobanya.

Seperti apa sih? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap resepnya berikut ini!

Masakan: Indonesia

Jenis Hidangan: Hidangan Pembuka/Camilan

Jumlah Sajian: 2 porsi

Waktu Persiapan: 30 menit

Baca Juga :  Resep Es Cendol Nutrijell ala Mama Ina

Waktu Memasak: 10 menit

Total Waktu: 40 menit

Bahan Resep Keripik Pare

Siapkan bahan-bahan membuat keripik pare berikut ini:

Bahan Utama

  • 1 kg pare mentah
  • 1 butir telur ayam
  • 2 sendok makan garam
  • 300 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu

  • 1 sendok teh bubuk bawang putih
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air mendidih secukupnya
  • Air es secukupnya

Alat Resep Keripik Pare

Siapkan alat-alat membuat keripik pare berikut ini:

  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Saringan
  • Sendok
  • Panci
  • Wajan
  • baskom
  • Kompor

Cara Membuat Keripik Pare

  1. Siapkan pare, potong bagian ujungnya, lalu potong jadi dua dan keluarkan isinya. Iris pare tipis-tipis sampai ketebalannya sama.
  2. Siapkan wadah, masukkan pare dan campurkan dengan 2 sendok makan garam. Diamkan begitu saja tanpa diremas selama kurang lebih 20 menit.
  3. Cuci pare dengan air bersih mengalir hingga benar-benar bersih, lalu peras. Ulangi proses ini sampai beberapa kali untuk mengurangi rasa pahit. Peras hingga air benar-benar tiris.
  4. Siapkan panci, tuangkan air, nyalakan api, dan rebus.
  5. Masukkan pare tadi ke dalam panci hingga terendam seluruhnya selama kurang lebih 3 menit, lalu angkat dan tiriskan.
  6. Pindahkan pare ke dalam baskom berisi air es. Jika sudah tidak panas, maka peras lagi hingga benar-benar kering.
  7. Siapkan wadah, masukkan tepung beras, tapioka, kaldu bubuk, bawang putih bubuk, dan garam ke dalammya. Aduk semuanya hingga tercampur merata.
  8. Kocok telur lepas, masukkan garam, kocok kembali. Kemudian tuangkan ke dalam pare tadi. Aduk hingga tercampur merata.
  9. Masukkan pare ke dalam tepung, lalu aduk dan ratakan serta pisahkan secara satu per satu.
  10. Siapkan wajan, tuangkan minyak, nyalakan api, dan panaskan.
  11. Masukkan adonan pare ke dalam minyak dan goreng hingga warna kecoklatan. Pastikan teksutrnya garing dan renyah.
  12. Jika sudah matang, maka angkat dan tiriskan. Tunggu hingga agak mendingin.
  13. Simpan dalam toples tertutup.
  14. Keripik Pare siap disantap.
Baca Juga :  Resep Sop Sayur Tahu Bakso Hangat untuk Hari yang Sendu

Wah mudah kan membuat resep Keripik Pare ini? Jadi gak usah mahal-mahal membelinya lagi deh kalau lagi pengen. Tinggal buat sendiri. Lebih hemat, sehat, dan tetap lezat pastinya.

Sweet Couple juga bisa menjadikan resep ini sebagai ide bisnis jualan jajanan loh. Pasti bakal laku banget dan banyak yang suka. Yuk dicoba!

Artikel disadur dari fimela.com