Resep Keripik Pelepah Pisang

Indonesia memang juara soal keripik buah. Salah satu yang terkenal adalah keripik pisang. Keripik yang satu ini tentu saja berbahan dasar buah pisang. Tapi tahukah Sweet Couple kalau batang / pelepah pisang pun bisa dibuat keripik?

Resep keripik pelepah pisang ini bisa Anda coba buat di rumah. Memang membutuhkan banyak waktu, namun rasanya dijamin enak! Cocok sebagai camilan, bahkan untuk bisnis jualan jajanan lho.

Tertarik untuk mencoba? Yuk, langsung simak resep keripik pelepah pisang ini!

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Jenis Hidangan: Camilan

Jumlah Sajian: 800 gr (10 porsi)

Waktu Persiapan: 15 menit

Waktu Memasak: 120 menit

Bahan Resep Keripik Pelepah Pisang

Siapkan bahan-bahan resep keripik pelepah pisang berikut ini:

Bahan Utama

  • 10 s/d 12 lembar pelepah batang pisang, alias gedebog pisang

Bahan Perendam

  • 6 liter air
  • 3 sdt kapur sirih
  • 3 sdm garam kasar atau halus, sesuai selera

Bahan Marinasi

  • 1 sdt kaldu ayam
  • 1/2 sdt garam
  • 400 ml air
  • 1 sdt lada
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1 sdt bumbu bubuk ngo hiang, opsional

Bahan Tepung Pelapis

  • 150 gr tepung terigu
  • 100 gr tepung tapioka
  • 100 gr tepung bumbu ayam krispi instan
  • 100 gr tepung beras
  • 1 sdt bubuk kaldu
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt bubuk bumbu kari, opsional

Topping Bumbu Tabur [Opsional]

  • Aneka bumbu bubuk dengan rasa sesuai selera, misalnya rasa Balado, rasa Jagung Bakar, Rasa Keju, Sapi Panggang dll

Alat Masak Resep Keripik Pelepah Pisang

Siapkan alat-alat masak resep keripik pelepah pisang berikut ini:

  • Baskom
  • Pisau
  • Mangkok
  • Wajan
  • Plastik/toples

Cara Membuat Resep Keripik Pelepah Pisang

  1. Dalam baskom besar siapkan sekitar 6 liter air, atau sekiranya semua potongan pelepah Batang pisangnya itu nantinya bisa terendam sempurna. Tambahkan garam dan air larutan kapur sirih. Aduk rata, sisihkan.
  2. Ambil batang pisang, yang terbaik itu dari jenis pisang kepok yang sudah berbuah. Jika menggunakan Pisang Kluthuk, Pisang Raja juga boleh. Sebaiknya hindari penggunaan batang pisang Ambon, karena hasilnya jadi rawan pahit. Ambil batang pisang sekitar ½ pohon ke bawah. Yaitu dari pangkal pisang ke atas cukup sampai ½ batang dari tinggi pohon pisang, dengan panjang batang sekitar 100 s/d 150 cm, potong jadi 2 agar tidak terlalu panjang. Jadi 1 pohon pisang bisa dibuat jadi 2 kali resep ini.
  3. Ambil pelepah batang di lapisan ke 6 atau 7 dari luar, jadi hindari penggunaan bagian luar pelapah batang Pisang yang sudah tua, karena hasilnya kurang bagus untuk dibuat Keripik. So, sebaiknya gunakan bagian batang pelepah Pisang yang masih Muda dan tebal di lapisan ke 6 dst.
  4. Ambil selembar pelepah Batang pisang, buang ke dua sisinya. Jadi cukup diambil bagian tengahnya saja. Lalu potong memanjang menjadi 2 atau 3 bagian, dengan lebar sekitar 3 s/d 4 cm. Kupas sisi kulit luar batang Pisang dengan cara di seset menggunakan Pisau Tajam hingga terlihat lembaran inti pisang [Bagian yang berbetuk menyerupai fiber kotak-kotak seperti tekstur Taro Net].
  5. Jika bagian inti terlalu tebal, kita bisa membelahnya lagi menjadi 2 atau 3 bagian, hingga menjadi lembaran inti Pisang yang tipis. Lalu potong-potong dengan panjang sesuai selera. Kira-kira 3 x 5 cm, sesuai selera. Begitu dipotong, sebaiknya langsung dimasukan ke dalam air perendam yang sudah kita buat tadi agar tidak rawan menghitam. Seset sisanya hingga habis. Selanjutnya rendam minimal 24 jam. Dan maksimal itu 48 jam.
  6. Setelah direndam, cuci bersih dengan air mengalir. Bilas hingga 3 s/d 4 kali. Cuci pelan-pelan jangan sampai teksturnya remuk. Cuci sampai airnya itu menjadi bening dan bebas dari kapur Sirih. Lalu peras dan buang airnya, sisihkan.
  7. Setelah dicuci. Siapkan marinasi dengan cara mencampurkan semua bahan marinasi, lalu aduk rata. Masukan Potongan batang pisang ke dalam larutan marinasi yang sudah kita buat. Aduk rata pelan-pelan. Diamkan sekitar 30 menit agar bumbu meresap. Sambil menunggu, selanjutnya siapkan bahan pelapis Keripiknya ya. Campur semua bahan pelapis. Aduk rata. Sisihkan.
  8. Setelah 30 menit di marinasi, sekarang pisahkan potongan batang pisang dari air marinasi, dengan cara ditiriskan, dan diperas searah, agar tidak hancur. Peras sampai kesat agar tidak rawan menggumpal saat proses penepungan. Setelah kesat, tiriskan.
  9. Panaskan minyak goreng. Gulingkan potongan batang pisang ke atas tepung pelapis satu persatu agar tidak rawan lengket. Aduk-aduk hingga semua potongan batang pisang berlumur tepung. Lalu, goreng di minyak panas dengan api sedang agak besar di awal. Lakukan sisanya hingga kapasitas wajan penuh. Setelah kaku, pindah ke api sedang agak kecil hingga minyak agak tenang. Begitu keripik nyaris matang, besarkan lagi apinya. Goreng dengan api besar di menit terakhir selama 1 s/d 2 menit. Angkat, tiriskan.
  10. Dengan teknik setting api yang tepat maka hasil keripik Debog tidak rawan berminyak. Goreng sisanya hingga habis. Setelah digoreng, jika sudah agak dingin bisa dimasukkan ke dalam mesin spinner agar minyak turun dan hilang. Cara lain bisa dimasukan ke dalam mesin digital air fryer dengan cara disusun berdiri. Masukan ke mesin air Fryer dengan suhu 180 dercel, nyalakan selama sekitar 5 s/d 7 menit. Dengan begitu, hasil keripik bisa benar-benar kering dan bebas minyak.
  11. Cara lain bisa menggunakan oven, oven dengan suhu rendah, yaitu di suhu 130 dercel. Oven selama sekitar 20 menit. Cara lain lagi, untuk cara ekonomis ya, bisa ditiriskan dengan cara dibungkus plastik kresek besar yang dilapis tissue atau kertas HVS berlapis-lapis, lalu diikat rapat dan disimpan selama minimal 24 jam. Dengan begitu biasanya minyaknya akan terserap di kertas, sehingga hasil keripik bisa lebih kesat dan tidak rawan tengik.
  12. 1 Resep dengan bahan mentah 800 gr, jadinya juga sekitar 800 gr. Kemas di plastik dengan berat 80 gr atau 100 gr, sesuai selera. 
  13. Jika suka kita juga bisa menambahkan bumbu tabur dengan rasa sesuai selera. Bisa Sapi panggang, barbeque, balado dll. 
Baca Juga :  Resep Pie Susu Tanpa Oven

Bagaimana Sweet Couple, tertarik untuk membuat resep keripik pelepah pisang? Waktu yang dibutuhkan untuk membuat resep keripik pelepah pisang ini memang lama, dan prosesnya juga tidak mudah. Namun dijamin, rasanya sangat enak. Dan pasti laris manis!

Jadi, jangan ragu ya mencoba resep keripik pelepah pisang ini! Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Resep disadur dari cookpad/Wardat El Ouyun