Resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia

Siapa yang ga tau Klepon? Sweet Couple yang memang asli orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan Klepon. Klepon merupakan salah satu kue jajanan tradisional Indonesia yang digemari banyak orang. Rasanya yang manis membuat siapapun terbuai oleh kelezatan Klepon. Akhir-akhir ini, Klepon sempat viral karena ulah postingan pihak tertentu di media sosial yang menganggap Klepon tidak Islami dan ternyata hoax. Nah daripada makan hoax, mendingan kita makan Klepon. Yuk simak ulasan lengkap tentang resep Klepon berikut ini!

Klepon

Orang Indonesia pasti tahu apa itu Klepon. Kalau Rendang dan Nasi Goreng menjadi hidangan utama kebanggaan Indonesia, maka Klepon merupakan hidangan kue jajanan tradisional alias cemilan kebanggaan Indonesia. Klepon terbuat dari tepung beras ketan dengan warna hijau dan putih, berisi gula aren/merah cair, dan diberi taburan parutan kelapa. Mirip bola salju gitu deh. Rasanya manis dan meledak di dalam mulut saat kita menyantap Klepon.

Kemarin-kemarin, Klepon sempat viral dan naik daun di Indonesia karena ada postingan di media sosial yang mengatakan jika Klepon bukan makanan yang Islami. Setelah diselidiki, ternyata hoax. Sungguh disayangkan ya ada yang membuat postingan seperti itu. Pastinya jangan sampai kita terpengaruh apalagi sampai berpikir bahwa Klepon makanan yang tidak lezat karena hal itu.

Baca Juga :  Resep Pisang Molen untuk Buka Puasa

Nah, daripada Sweet Couple cuma melahap hoax, gimana kalau kita melahap Klepon? Tentunya dengan cara membuat Resep Klepon terlebih dahulu. Klepon ini bisa dibikin sendiri di rumah loh dan tidak sulit. Penasaran? Yuk simak resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia!

Bahan Resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia:

  • 250 gram tepung ketan
  • 200 ml air
  • 150 gram gula merah
  • 100 gram kelapa tua, parut singgat
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan pasta pandan/1 gelas sari pandan asli

Alat Resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia:

  • Sendok
  • Pisau
  • Panci
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
Baca Juga :  Resep Odading Mang Oleh Viral Tanpa Antri

Cara Membuat Resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia. Inilah cara untuk membuat resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia:

  1. Pertama, siapkah wadah untuk membuat Resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia
  2. Kedua, isi wadah dengan pasta pandan dan campur dengan sedikit air hangat. Aduk dan campur hingga keduanya merata.
  3. Ketiga, masukkan tepung ketan ke dalam wadah berisi air hangat dan campuran pasta pandan tersebut. Lalu aduk dan uleni semuanya secara merata.
  4. Selanjutnya, ambil sejumput adonan dan bentuk adonan menjadi bola-bola kecil.
  5. Kemudian, pipihkan dan lubangi sedikit lalu isi dengan gula merah. Lalu, bulatkan lagi adonan tersebut.
  6. Setelah itu, siapkan panci dan isi dengan air. Lalu letakkan panci di atas kompor dan nyalakan api untuk merebus air hingga agak mendidih.
  7. Berikutnya, masukkan bola-bola adonan klepon ke dalam panci.
  8. Rebus klepon dalam air mendidih hingga mengapung selama 3 menit.
  9. Jika sudah matang, maka segera angkat klepon dan letakkan di atas kelapa parut agar kelapa parut cepat menempel di bagian luar klepon.
  10. Yeay! Selesai sudah membuat Resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia. Klepon siap disajikan dan dinikmati bersama orang-orang tersayang!
Baca Juga :  8 Rekomendasi Resep Kue Kering yang Bisa Dicoba di Rumah

Wah ternyata resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia ini mudah ya! Cocok banget buat Sweet Couple yang doyan makanan jajanan tradisional. Gak ada salahnya kan kalau kita membuat resep klepon demi melestarikan kuliner tradisional warisan tanah air? Apalagi klepon memang sudah terbukti lezat. Hmmm… nikmatnya makan Klepon bikinan resep sendiri.

Tertarik untuk mencoba bikin resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia yang satu ini? Kalau tertarik, mending Sweet Couple segera buruan siapin alat dan bahannya lalu bikin deh Resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia. Selamat mencoba resep Klepon Kue Jajanan Tradisional Indonesia bersama keluarga tersayang di rumah masing-masing ya Sweet Couple!

Resep disadur dari Merdeka.com

Leave a Reply