Resep Kolak Ayam Khas Gresik, Gurih Legit dan Berkhasiat

Mungkin memang belum banyak Sweet Couple yang pernah mencoba resep kolak ayam khas Gresik ini. Bahkan malah belum pernah mendengar tentang makanan tradisional ini. Berbeda dengan daerah-daerah lain di Indonesia, Gresik memiliki kolak yang bercita rasa gurih dan legit. Konon, kolak ayam khas Gresik ini sudah menjadi tradisi selama lima abad lamanya.

Jika kolak pada umumnya menggunakan campuran bahan yang bercitarasa manis, kolak ayam khas Gresik ini justru menggunakan bahan utama daging ayam dengan cita rasanya yang gurih. Hal unik yang menjadi bagian dari kuliner ini adalah, para pembuat kolak ayam haruslah dari kalangan pria saja. Kolak ayam khas Gresik biasanya dibuat dalam porsi besar tepat pada bulan Ramadhan di Masjid Jami’ Sunan Dalem Desa Gumeno.

Prosesi masak porsi besar kolak ayam ini kemudian menjadi tradisi bagi warga Desa Gumeno sampai sekarang. Tradisi Kolak Ayam selalu dilaksanakan di Masjid Jami’ Sunan Dalem Desa Gumeno yang dimulai pada pukul 16.00.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Menarik ya Sweet Couple? Kalau Anda penasaran dengan kuliner ini, bisa mencoba membuatnya di rumah kok. Langsung aja yuk simak ulasan resep kolak ayam berikut ini!

Baca Juga :  Resep Sup Pangsit Ayam, Penghangat Badan yang Lezat!

Jenis Hidangan: Menu Pendamping
Waktu Persiapan: 10 menit
Waktu Memasak: 30 menit

Resep Kolak Ayam Khas Gresik, Gurih Legit dan Berkhasiat
Gambar diambil dari cookpad/pawon ibuk

Resep Kolak Ayam Khas Gresik

Sweet Couple tidak perlu khawatir dengan bahan-bahan maupun bumbu-bumbu yang harus disiapkan untuk membuat hidangan tradisional ini. Bahannya mudah dan mudah ditemukan. Cara membuat resep kolak ayam khas Gresik ini pun terbilang mudah dan tidak ribet.

Bahan untuk Membuat Kolak Ayam khas Gresik

  • 500 gr ayam
  • 2 sdt jinten putih/1 sdt jinten bubuk
  • 30 gr gula merah
  • 100 gr bawang daun
  • 800 ml santan encer
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk

Alat Masak untuk Membuat Kolak Ayam khas Gresik

  • Wadah
  • Pisau
  • Talenan
  • Wajan
  • Mangkok saji
Resep Kolak Ayam Khas Gresik, Gurih Legit dan Berkhasiat
Gambar diambil dari cookpad/mimakuki

Cara Membuat Kolak Ayam khas Gresik

  1. Panaskan wajan. Gongseng jinten di dalam wajan yang sudah panas, setelah itu masukkan santan cair. Aduk-aduk jangan sampai santan pecah. Masak hingga santan mendidih.
  2. Setelah santan mendidih masukkan ayam, gula merah, kaldu bubuk. Aduk-aduk.
  3. Bersihkan bawang daun, lalu potong-potong menjadi 3 bagian. Setelah ayam setengah empuk masukkan bawang daun dan garam. Masak hingga ayam empuk. Angkat.
  4. Sajikan kolak ayam selagi hangat.

Bagaimana Sweet Couple? Sangat mudah bukan membuatnya? Sudah terbayang rasanya yang gurih dan khas. Sweet Couple dapat menyajikannya saat Hari Raya maupun momen-momen spesial bersama keluarga dan kerabat. Pasti semua akan menyukainya.

Baca Juga :  Resep Bistik Ayam Saus Inggris

Selamat mencoba resep kolak ayam khas Gresik!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Resep disadur dari diadona.id