Resep Kopi Hitam Sederhana

Siapa di sini yang suka ngopi? Pastinya banyak dong. Apalagi orang Indonesia, hobinya dikit-dikit ngopi. Di mana-mana ada kedai kopi bertebaran bahkan sampai ke pedesaan dan perkampungan. Belum lagi kopi sachet juga banyak banget mereknya di Indonesia.

Wajar saja, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia selain Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Kopi sudah ada sejak zaman dulu dan semakin berkembang kala era kolonial Belanda. Kopi Indonesia pun dikenal enak dan memiliki varian yang sangat beragam di setiap beragam.

Di era ini, budaya ngopi semakin berkembang dan menyebabkan banyak orang Indonesia mulai suka minum kopi. Hal ini juga membuat semakin menjamurnya kedai kopi dan merek kopi terutama dari lokal. Tentu saja ini menjadi pertanda baik bahwa ekonomi berkembang dan makin banyak yang cinta dengan produk kopi lokal.

Di Indonesia sendiri, juga sering ada istilah ngopi-ngopi. Makna dari istilah ini adalah santai-santai karena biasanya ngopi identik dengan santai, nongkrong, dan bergaul. Apalagi ada juga yang bilang bahwa segala sesuatu bisa diselesaikan dengan ngopi.

Namun, tetap ada satu jenis kopi yang menjadi favorit hampir sebagian besar masyarakat Indonesia. Tak lain dan tak bukan adalah Kopi Hitam. Ya, siapa yang tak kenal kopi hitam? Kopi hitam bisa dibilang kopinya kopi. Kopi yang benar-benar kopi memang biasanya berwarna hitam dan pekat.

Kopi hitam juga termasuk salah satu kopi yang praktis untuk dibuat. Apalagi kopi hitam biasanya sudah tersedia dalam kemasan sachet dan diproduksi secara masal. Oleh karena itu kopi hitam ini mudah sekali ditemukan di mana-mana. Ngaku aja deh, Sweet Couple pasti juga ada stok kopi hitam di rumah kan?

Kopi Hitam juga bisa menjadi suguhan untuk tamu yang berkunjung ke rumah kita karena memang kopi hitam ini praktis dibuat dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Tak heran jika popularitas kopi hitam juga bersaing dengan teh manis hangat atau teh celup karena kepraktisannya.

Di musim hujan seperti sekarang ini, pas banget kalau kita bikin resep Kopi Hitam Sederhana. Selain bisa bikin tubuh lebih hangat, minum kopi secara cukup juga bisa bikin tubuh lebih sehat. Tak hanya itu, kopi hitam juga gampang banget untuk dibikin jadi gak perlu effort lebih untuk menikmatinya.

Yang pasti resep kopi hitam sederhana ini beneran sederhana dan siapapun bisa membuat resep kopi hitam sederhana ini. Jadi daripada berlama-lama, yuk langsung saja kita simak resep Kopi Hitam Sederhana selengkapnya di sini!

Bahan Resep Kopi Hitam Sederhana

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Kopi Hitam Sederhana. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Kopi Hitam Sederhana? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Kopi Hitam Sederhana:

  • Kopi hitam bubuk 1 sachet
  • Air panas
  • Gula (jika suka)

Alat Resep Kopi Hitam Sederhana

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Kopi Hitam Sederhana. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Kopi Hitam Sederhana? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Kopi Hitam Sederhana:

  • Sendok
  • Panci
  • Teko

Cara Membuat Resep Kopi Hitam Sederhana

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Kopi Hitam Sederhana, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Kopi Hitam Sederhana. Inilah cara untuk membuat resep Kopi Hitam Sederhana:

  1. Pertama, siapkan gelas/cangkir
  2. Kedua, tuangkan kopi hitam bubuk sachet ke dalam gelas/cangkir
  3. Ketiga, jika suka, maka bisa tambahkan gula ke dalamnya.
  4. Selanjutnya, siapkan panci, isi dengan air, letakkan di atas kompor, nyalakan api, dan panaskan.
  5. Kemudian, jika air sudah panas dan mendidih, maka matikan kompor.
  6. Ketiga, tuangkan air panas tersebut ke dalam cangkir berisi kopi hitam bubuk tadi.
  7. Lalu, aduk semuanya hingga tercampur merata.
  8. Akhirnya selesai sudah membuat resep Kopi Hitam Sederhana. Kopi Hitam Sederhana siap untuk dinikmati.

Memang gampang banget kan untuk membuat resep Kopi Hitam Sederhana ini. Namanya saja resep Kopi Hitam Sederhana, pastinya praktis, mudah, simple, sesuai dengan namanya. Gak heran, siapapun pasti bisa banget membuat resep Kopi Hitam Sederhana ini.

Kalau Sweet Couple gak terlalu suka dengan kopi hitam, maka bisa juga kok membuat varian kopi lain seperti Kopi Joss, Dalgona Coffee, atau Cafe Au Lait. Siapa tahu Sweet Couple bosan dan ingin bereksperimen dengan varian kopi lain yang kekinian.

Kopi Hitam Sederhana memang tidak pernah salah. Ia cocok dinikmati kapanpun dan di manapun, terutama saat musim hujan seperti sekarang ini. Dingin-dingin gini pasti butuh yang hangat dan panas seperti kopi dan teh kan?

Jadi, kapan nih ngopi-ngopi bareng? Yuk kita bikin resep Kopi Hitam Sederhana di rumah masing-masing!