Resep Kopi Joss Angkringan untuk Musim Hujan

Sweet Couple pernah ke Jogja? Pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman Kopi Joss Angkringan. Ya, minuman yang satu ini merupakan salah satu varian kopi yang paling terkenal di Indonesia. Popularitas kopi joss angkringan bahkan terdengar hingga mancanegara.

Bis dibilang Kopi Joss menjadi salah satu icon Jogja. Jika Tegal ada Teh Poci, Surabaya ada Sinom, maka Jogja terkenal dengan hidangan Kopi Joss Angkringan yang begitu mendunia.

Apa sih Kopi Joss itu? Kopi Joss merupakan salah satu varian kopi yang biasa dijual di angkringan, warung, dan lesehan di kawasan Jogja. Sudah kebayang dong suasana dan harga minuman di angkringan seperti apa? Pastinya murah, mantap, dan merakyat.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Sebenarnya kopi joss angkringan itu sama saja dengan kopi hitam lainnya. Namun, apa yang membuat Kopi Joss ini unik? Tentu saja karena adanya arang yang ditambah dan dicelupkan ke dalam kopi sehingga menimbulkan suara “Josss…” Oleh karena itu, dari situlah istilah Kopi Joss ini bermula.

Waduh, kalau begitu panas banget dong? Apa ga bahaya tuh? Tentu saja memang panas, namanya juga kopi joss. Namun, arang yang digunakan untuk kopi Joss angkringan ini aman kok karena menggunakan arang dari kayu jati/asam dan dibakar hingga suhu 250 derajat celcius. Nah, arang di suhu itu sudah menjadi karbon dan bisa menyerap racun. Jadi lebih aman deh.

Baca Juga :  Resep Teh Manis Hangat Sederhana

Di musim hujan seperti sekarang ini, cocok banget jika kita membuat resep Kopi Joss Angkringan di rumah sendiri. Selain praktis, juga bisa bikin badan tetap hangat bahkan panas karena sensasi dari arang yang joss itu.

Penasaran dengan resep Kopi Joss Angkringan untuk musim hujan? Langsung saja kita simak yuk ulasan resep Kopi Joss Angkringan untuk musim hujan berikut ini!

Bahan Resep Kopi Joss Angkringan untuk Musim Hujan

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Kopi Joss Angkringan untuk Musim Hujan. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Kopi Joss Angkringan untuk Musim Hujan? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Kopi Joss Angkringan untuk musim hujan:

  • Kopi hitam bubuk
  • Air panas
  • Gula pasir
  • Arang bersih yang dibakar hingga merah

Alat Resep Kopi Joss Angkringan untuk Musim Hujan

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Kopi Joss Angkringan untuk musim hujan. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Kopi Joss Angkringan untuk Musim Hujan? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Kopi Joss Angkringan untuk Musim Hujan:

  • Sendok
  • Pisau
  • Panci
  • Gelas
  • Saringan
Baca Juga :  Resep Wedang Uwuh untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara Membuat Resep Kopi Joss Angkringan untuk Musim Hujan

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Kopi Joss Angkringan untuk Musim Hujan, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Kopi Joss Angkringan untuk Musim Hujan. Inilah cara untuk membuat resep Kopi Joss Angkringan untuk Musim Hujan:

  1. Pertama, siapkan panci dan isi dengan air. Lalu letakkan di atas kompor dan rebus air hingga mendidih.
  2. Kedua, jika sudah mendidih maka matikan kompor.
  3. Ketiga, tuangkan kopi dan gula ke dalam gelas/cangkir lalu tuangkan juga air panas ke dalamnya. Aduk hingga tercampur merata.
  4. Selanjutnya, kita bakar juga arang dengan api kompor atau pemanggang hingga kemerahan.
  5. Lalu, kita masukkan arang ke dalam kopi panas. Lalu aduk.
  6. Akhirnya selesai sudah membuat resep Kopi Joss Angkringaan untuk musim hujan.

Wah…gampang banget nih cara untuk membuat resep Kopi Joss Angkringan. Kalau kayak gini sih, rasanya gak usah ke angkringan lagi untuk sekadar menikmati Kopi Joss. Kita bisa membuat resep Kopi Joss Angkringan sendiri di rumah masing-masing. Lebih hemat, sehat, dan praktis.

Resep Kopi Joss Angkringan ini memang sempurna banget untuk menemani Sweet Couple selama musim hujan. Rasanya hangat dan bisa bikin kita tetap semangat selama musim hujan. Bagaikan bara arang yang menyala-nyala dalam Kopi Joss. Filosofis banget kan?

Baca Juga :  Resep Wedang Jahe untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kalau Sweet Couple punya jiwa bisnis, bisa juga loh membuka usaha angkringan dengan menu utama resep Kopi Joss Angkringan ini. Tentunya bisa ditambah menu lain seperti Wedang Jahe ataupun Wedang Uwuh. Biar makin lengkap pastinya.

Jadi, kapan nih mau coba bikin resep Kopi Joss Angkringan ini? Daripada berlama-lama, mendingan langsung siapkan alat dan bahannya lalu kita bikin resep Kopi Joss Angkringan di rumah kita masing-masing yuk!

Selamat ngopi Sweet Couple!

Resep disadur dari mesinkopi.me