Resep Kuah Mie Ayam, Gurih Sedap Cukup 3 Langkah

Sweet Couple pecinta mie ayam? Jajanan satu ini memang tiada duanya. Nikmat untuk disantap saat siang ataupun sore hari. Tapi apakah Sweet Couple pernah mencoba membuat sendiri resep kuah mie ayam di rumah?

Jika ingin menikmati mie ayam, tentu beberapa orang ingin menikmati kuahnya juga. Seringkali yang menjadi bagian yang penting dalam sajian mie ayam justru kuahnya yang gurih.

Masakan mie ayam sederhana menjadi hidangan pilihan yang banyak digemari oleh para penikmat kuliner dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Meski biasanya jajanan mie ayam dapat kita peroleh dengan mudah di berbagai penjual kaki lima, tak ada salahnya jika Sweet Couple membuatnya sendiri di rumah lho. Sebelum kita membuat mie ayam komplit, alangkah baiknya kita membuat terlebih dahulu kuah mie ayam.

Bahan-bahannya murah meriah dan mudah dicari kok. Cara membuatnya sangat praktis. Tertarik kan untuk membuatnya? Yuk, langsung saja ikuti resep kuah mie ayam berikut ini!


Jenis Hidangan: Hidangan Utama
Jumlah Sajian: 5 porsi
Waktu Persiapan: 5 menit
Waktu Memasak: 20 menit

Resep Kuah Mie Ayam, Gurih Sedap Cukup 3 Langkah
Gambar diambil dari intipseleb.com

Bahan Resep Kuah Mie Ayam

Siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • Tulang ayam
  • Garam secukupnya
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1/4 sdt merica
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 batang daun bawang, rajang
  • Bakso secukupnya
  • 1,5 liter air
Baca Juga :  Resep Mie Ayam Kecap ala Rumahan

Alat Masak Membuat Kuah Mie Ayam

Siapkan alat-alat masak berikut ini:

  • Wadah
  • Pisau
  • Talenan
  • Panci
  • Mangkok saji

Cara Membuat Resep Kuah Mie Ayam

Resep Kuah Mie Ayam, Gurih Sedap Cukup 3 Langkah
Gambar diambil dari dapur ngebut
  1. Cincang dan tumis bawang putih.
  2. Masak air hingga mendidih, masukkan tulang, bawang putih yang sudah ditumis dan jahe. Rebus sampai wangi.
  3. Masukkan bakso, bubuhi garam, merica, kaldu bubuk, lalu koreksi rasa. Jika rasa sudah pas sesuai selera, angkat. Buang tulang ayam.
  4. Kuah siap disajikan hangat untuk semangkok mie ayam yang lezat.

Tips Membuat Kaldu Ayam yang Bening dan Tidak Amis

Kuah kaldu ayam yang gurih memang nikmat disantap. Kaldu ayam yang enak ternyata tidak terlalu sulit dibuat. Bagaimana caranya agar kita bisa membuat kaldu ayam yang gurih, bening dan tidak amis? Berikut ini Tips yang dapat Sweet Couple coba dalam membuat resep kuah mie ayam.

  1. Gunakan ayam kampung. Daging ayam kampung terkenal gurih dan tidak amis. Sangat cocok untuk membuat kaldu yang tidak berlemak dan tidak amis.
  2. Buang air rebusan pertama. Jika tidak ada daging ayam kampung, anda tetap bisa menggunakan ayam potong biasa. Agar kaldu tidak amis, buang air rebusan pertama yang berlemak.
  3. Tambahkan rempah-rempah. Penambahan rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, daun bawang, jahe dan daun jeruk dapat membantu menghilangkan amis pada kaldu ayam yang Anda buat.
  4. Gunakan api kecil. Perebusan kaldu dengan api besar akan membuat kaldu mengeluarkan busa berwarna keruh di permukaannya. Gunakan api kecil untuk merebus ayam.
  5. Masukkan putih telur utuh. Masukkan putih telur utuh ke dalam rebusan. Jangan diaduk sama sekali. Putih telur akan mengangkat partikel-partikel di dalam kaldu dan menjadikan kuah jernih.
  6. Saring kaldu. Jika proses perebusan sudah selesai, jangan lupa untuk menyaring kaldu dengan saringan yang rapat atau kain bersih. 
Baca Juga :  Resep Mie Yamin Udang, Sajian Super Praktis dan Enak

Demikian cara membuat resep kuah mie ayam yang bening, gurih dan tidak amis. Happy Cooking Sweet Couple!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Sumber: Instagram @tsaniwismono