Resep Kue Balok Green Tea, Lembut dan Lumer Banget di Mulut

Siapa yang tak mengenal kue balok? Kue berbentuk persegi panjang dengan cita rasa manis dan legit ini, merupakan salah satu jajanan favorit. Salah satu variannya yang populer dan bisa Sweet Couple coba buat adalah resep kue balok green tea.

Nah, usul punya usul, ada perjalanan panjang di balik lahirnya Kue Balok. Menurut sejarahnya, kue balok sudah populer sejak tahun 1950-an. Mulanya, kue ini merupakan kudapan kegemaran para bangsawan Belanda.

Hanya saja masyarakat pribumi telah menjajakan kue tersebut secara dadakan dengan pemanggang berbentuk loyang persegi panjang seperti balok. Dalam prosesnya, pembuatan kue ini menggunakan arang di atas anglo. Agar kue bisa matang hingga berwarna kecoklatan, anglo harus dikipasi terus menerus. Kue yang sudah matang akan berbentuk balok yang bagian atasnya melengkung atau menggelembung.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Hingga saat ini, cara tradisional tersebut masih digunakan oleh pedagang kue balok. Namun berbeda dengan zaman dahulu, kini kue balok dibuat dengan berbagai varian rasa.

Penasaran untuk membuat resep kue balok green tea ini? Kira-kira seperti apa sih? Simak ya ulasan lengkapnya berikut ini.

Jenis Hidangan: Camilan /Jajanan
Waktu Persiapan: 10 menit
Waktu Memasak: 30 menit

Baca Juga :  Resep Es Susu Bunga Telang
Resep Kue Balok Green Tea, Lembut dan Lumer Banget di Mulut
Gambar diambil dari https://www.merdeka.com/

Resep Kue Balok Green Tea

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep kue balok gfreen tea ini ternyata sangat sederhana kok. Proses pembuatannya juga tidak rumit. Semua pasti bisa dilakukan dengan mudahnya oleh Sweet Couple.

Bahan untuk Membuat Kue Balok Green Tea

  • 5 butir telur
  • 110 gram gula pasir
  • 125 gram margarin/butter
  • 375 gram tepung terigu
  • 1 sachet vanila bubuk
  • 4 sdm bubuk emulsifier
  • Susu kental manis secukupnya
  • 3 sdt bubuk green tea

Alat Masak untuk Membuat Kue Balok Green Tea

  • Wadah
  • Mixer
  • Cetakan kue balok
  • Piring saji
Resep Kue Balok Green Tea, Lembut dan Lumer Banget di Mulut
Gambar diambil dari travelingyuk.com

Cara Membuat Kue Balok Green Tea

  1. Siapkan wadah, lalu masukkan telur dan gula pasir, kocok hingga larut. Masukkan margarin/butter, kocok kembali. Masukkan tepung terigu, kocok hingga mengental. Kemudian masukkan vanila bubuk dan bubuk emulsifier, kocok terus hingga larut. Masukkan susu kental manis lalu kocok. Terakhir masukkan bubuk green tea, kocok lagi hingga larut dan mengental.
  2. Panaskan cetakan kue balok, lalu oles margarin, Masukkan adonan di setiap cetakan kemudian tutup. Panggang hingga kue balok matang dan berwarna kecoklatan. Angkat.
  3. Sajikan selagi hangat.

Ditemani secangkir kopi atau teh, membuat camilan ini terasa sungguh nikmat. Bersantap bersama keluarga atau teman-teman tercinta di momen santai, menjadi suasana lumer, selumer kue balok green tea. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya ya Sweet Couple.

Baca Juga :  Resep Kue Lumpur Anti Gagal Wajib Coba

Selamat berkreasi dengan resep kue balok green tea!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Sumber: Youtube @kue balok lestari