Resep Kue Cucur Gula Merah Empuk dan Bersarang

Sudah pernah membuat sendiri resep kue cucur gula merah? Kue cucur adalah jajanan pasar favorit sepanjang masa. Resep ini adalah resep kue cucur yang empuk banget, ga ribet, dan ga lama membuatnya. Dijamin anti gagal. Kue ini juga memiliki ciri khas bentuknya seperti topi dengan bagian pinggiran yang tipis dan tebal di tengah. Warnanya yang cokelat berasal dari penggunaan gula jawa yang juga memberikan rasa manis yang khas.

Meskipun sering ditemui di pasaran, cucur ternyata tak mudah dibuat. Cucur yang sukses harus berserat, legit dan tidak keras saat dimakan. Karena membuatnya tak mudah, maka banyak orang yang lebih memilih membeli dibandingkan buat sendiri.

Kali ini kami akan membagi resep dan Tips kepada Sweet Couple agar bisa membuatnya sendiri di rumah, Resep kue cucur gula merah ini akan menghasilkan camilan yang sudah pasti enak dan bikin nagih deh!

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Langsung saja yuk kita simak cara membuatnya!

Jenis Hidangan: Camilan / Jajanan Pasar

Waktu Persiapan: 10 menit

Waktu Memasak: 45 menit

Bahan Resep Kue Cucur Gula Merah

Siapkan bahan-bahan berikut ini :

  • 125 gr tepung beras
  • 100 gr terigu protein sedang
  • 130 gr gula merah
  • 50 gr gula pasir
  • 200 ml air
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam
Baca Juga :  Resep Hot Dog Super Praktis

Alat Masak Membuat Resep Kue Cucur Gula Merah

Siapkan alat-alat masak berikut ini:

  • Panci
  • Sendok Sayur
  • Wadah adonan
  • Mixer
  • Whisk
  • Wajan
  • Piring Saji
Resep Kue Cucur Gula Merah Empuk dan Bersarang
cookpad.com/Aditya Damayanti

Cara Membuat Resep Kue Cucur Gula Merah

  1. Rebus gula merah, gula pasir, air, daun pandan dan garam hingga larut lalu saring. Biarkan sampai hangat.
  2. Campurkan tepung beras dan tepung terigu dalam wadah. Masukkan larutan gula yang telah disaring. Aduk hingga rata menggunakan whisk lalu mikser dengan speed rendah selama 5 menit.
  3. Istirahatkan adonan selama 15 menit sudah cukup. Aduk kembali menggunakan whisk. Kalau adonan terlalu kental, bisa ditambah air sedikit demi sedikit agar konsistensi adonan pas (pas dalam artian tidak encer dan tidak kental). Karna kelembaban masing masing tepung tidak sama.
  4. Panaskan secukupnya minyak goreng dalam wajan cekung. Aduk kembali adonan menggunakan whisk sebelum menggoreng.
  5. Tuang satu sendok sayur kedalam minyak yg sudah panas. Siram siram atasnya. Tusuk dengan lidi tengahnya. Apabila sudah tidak ada adonan yang keluar tandanya cucur sudah matang. Angkat dan tiriskan.
  6. Kue cucur siap disajikan.

Tips Membuat Kue Cucur

  1. Jangan memakai minyak terlalu banyak, secukupnya saja. Minyak harus sudah panas tapi memakai api kecil ahar kue cucur bisa berserat bagus dan tipis. Kalau sudah berkurang minyak gorengnya bisa ditambah minyak lagi karna kue cucur menyerap minyak.
  2. Gula merah tidak hanya membuat warna cokelat pada cucur yang khas tetapi juga salah satu alasan untuk kue cucur yang berserat. Selain itu, gunakan bahan-bahan yang fresh untuk membuat kue cucur. Jangan sampai menggunakan tepung beras yang apek karena akan mempengaruhi rasa dan bau cucur.
  3. Air gula merah dimasak sampai gula merahnya cair betul. Dinginkan air gula merah sampai suam-suam kuku baru dicampur ke dalam adonan. Suhu air gula merah harus tepat karena kalau terlalu panas bisa membuat adonan cepat matang dan menggumpal.
  4. Ingat, tepung beras ini memang sering sekali digunakan sebagai bahan dasar kue tradisional. Tapi, kalau digunakan terlalu banyak bisa membuat tekstur kue menjadi keras. Karena itu, penggunaan tepung beras di dalam cucur dicampur dengan tepung protein sedang agar tidak keras dan legit rasanya.
  5. Untuk mendapatkan cucur berserat, perhatikan dari cara menggorengnya juga. Cucur cuma bisa digoreng satu per satu, tidak boleh sekaligus banyak.
  6. Saat adonan cucur sudah dituang, api kita kecilkan agar cucur tidak langsung cokelat sebelum matang sempurna. Selama proses penggorengan, siram-siram dengan minyak supaya meratakan pematangannya.
Baca Juga :  Resep Pempek Kapal Selam Tanpa Ikan
Resep Kue Cucur Gula Merah Empuk dan Bersarang
cookpad.com/ Hasami_Kitchen

Resep beserta tips nya sudah dijelaskan. Kalau Sweet Couple mengikuti resep di atas dengan benar, hasilnya tidak akan gagal kok. Yuk segera dicoba resep kue cucur gula merah ini!. Happy Cooking !

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Sumber : cookpad.com/Aditya Damayanti ; https://endeus.tv/artikel/9-tips-antigagal-membuat-cucur-legit-berserat-dan-tidak-keras