Resep Kue Kastengel untuk Natal

Ga terasa sudah masuk bulan Desember artinya waktunya untuk Natal dan Libur Akhir Tahun. Kalau Natal begini, pastinya juga kita selalu teringat dengan Kue kering seperti Kue-Kue kering. Selain Kue Jahe dan Putri Salju, kue kering yang tak boleh dilupakan adalah Kue Kastengel.

Loh? Bukannya Kue Kastengel itu identik dengan Lebaran? Memang benar, tetapi nyatanya Kue Kastengel juga banyak dibuat dan ditemukan pada saat momen Natal ini. Pasti kita akan mudah menemukan toko kue yang menjual Kue Kastengel saat Natal seperti ini.

Resep Kue Kastengel ini berasal dari Belanda dan masuk ke Indonesia karena pengaruh penjajahan kolonial Belanda di masa lampau. Wah berarti keberadaan Kastengel di Indonesia sudah ada sejak lama ya.

Di Belanda sendiri, nama Kue Kastengel disebut atau ditulis “Kaasstengels”. Dalam Bahasa Belanda, kaas artinya keju dan Stengel artinya batang. Secara bentuk, Kue Kastengel ini bentuknya seperti batangan keju yang kecil dan Panjang.

Lalu, kenapa bisa disebut Kastengel? Hal ini tak lepas karena lidah orang Indonesia sulit untuk melafalkan Kaasstengels, maka kue ini disebut atau ditulis dengan Kastengel. Sekarang sudah paham kan tentang sejarah Kue Kastengel?

Kalau sudah membahas sejarahnya, maka sekarang waktunya untuk membuat resep Kue Kastengel. Di sini, kami akan ajak Sweet Couple untuk mencoba membuat resep Kue Kastengel. Mungkin akan sedikit ribet, tetapi gak ada salahnya kan?

Daripada Sweet Couple beli mahal-mahal di toko, mengapa tidak coba untuk membuat resep Kue Kastengel ini sendiri? Siapa tahu berhasil dan bisa menjadi peluang bisnis jelang momen Natal ini.

Penasaran seperti apa resep Kue Kastengel untuk Natal ini? Yuk langsung saja kita simak resep Kue Kastengel untuk Natal berikut ini!

Bahan Resep Kue Kastengel untuk Natal

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Kue Kastengel untuk Natal. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Kue Kastengel untuk Natal? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Kue Kastengel untuk Natal:

  • 125 gram mentega
  • 2 butir kuning telur
  • 150 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung maizena
  • 100 gram keju edam diparut panjang
  • 100 gram keju gouda diparut panjang
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur
  • 1 sendok makan susu UHT
  • Gula tabur atau gula halus

Alat Resep Kue Kastengel untuk Natal

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Kue Kastengel untuk Natal. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Kue Kastengel? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Kue Kastengel untuk Natal:

  • Mangkuk/Piring
  • Sendok
  • Pisau
  • Oven
  • Mixer
  • Loyang

Cara Membuat Resep Kue Kastengel untuk Natal

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Kue Kastengel untuk Natal, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Kastengel untuk Natal. Inilah cara untuk membuat resep Kue Kastengel untuk Natal:

  1. Pertama, masukan bahan-bahan untuk membuat resep Kue Kastengel seperti mentega dan kuning telur ke dalam wadah/mangkuk
  2. Kedua, campurkan mentega dan kuning telur, lalu ocok menggunakan mixer  hingga warna bahan-bahan untuk membuat resep Kue Kastengel tersebut berubah menjadi putih dan terlihat mengembang.
  3. Ketiga, masukan tepung terigu dan tepung maizena ke dalam adonan Kue Kastengel
  4. Setelah itu, Sweet Couple tambahkan keju ke dalam adonan Kue Kastengel dan aduk dengan sendok kue hingga adonan Kue Kastengel merata.
  5. Lalu, tuangkan baking powder dan aduk-aduk selama kurang lebih 1 menit.
  6. Kemudian, dinginkan adonan Kue Kastengel dengan memasukkannya ke dalam kulkas. Tunggu selama kurang lebih 1 jam.
  7. Selanjutnya, sembari menunggu adonan Kue Kastengel mendingin, buat olesan pada Loyang. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan telur dan susu UHT dalam satu wadah, lalu kocok hingga berbusa.
  8. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan cetakan untuk Kue Kastengel. Ratakan adonan Kue Kastengel hingga ketebalan kurang lebih 5 – 7 milimeter (mm). Lalu, cetak adonan dan letakan adonan Kue Kastengel pada loyang.
  9. Berikutnya, panaskan oven hingga suhu 150º Celsius (C) selama 15 menit. Setelah selesai dipanaskan, masukan adonan Kue Kastengel ke dalam oven. Panggang adonan resep Kue Kastangel yang sudah ada di dalam loyang dengan temperatur 180º C selama kurang lebih 30 menit.
  10. Jika sudah matang dan selesai dipanggang, maka buka oven dan angkat loyang berisi adonan kue kastengel yang sudah berwarna kecokelatan.
  11. Olesi Kue Kastengel dengan mentega dan taburkan keju parut di atas Kue Kastengel. Tunggu hingga Kue Kastengel mendingin.
  12. Jika Kue Kastengel dirasa sudah dingin, maka masukkan Kue Kastengel ke dalam wadah penyimpanan/toples.
  13. Pastikan wadah penyimpanan/toplesnya tertutup dengan rapat dan kedap udara agar Kue Kastengel tidak mudah alot.
  14. Selesai sudah deh membuat Kue Kastengel untuk Natal. Kue Kastengel ini siap untuk dihidangkan di hari Natal nanti.

Wah ternyata seperti itu ya rupanya cara membuat resep Kue Kastengel untuk Natal. Langkah-langkahnya memang agak rumit, tetapi bukan berarti tidak bisa untuk diikuti ya. Yang penting niat, usaha, dan doa, maka kita niscaya bisa membuat resep Kue Kastengel.

Biar makin lengkap, Sweet Couple juga bisa loh membuat resep minuman hangat seperti Hot Chocolate atau Teh Manis. Kalau mau disajikan dengan Kopi Susu Hangat juga bisa kok. Mau dicelupin juga bisa biar tekstur Kue Kastengel ini jadi lebih lembut.

Jadi, siapa bilang Kastengel cuma cocok saat Lebaran? Saat Natal, cocok juga kok untuk membuat resep Kue Kastengel. Sweet Couple tertarik untuk mencoba bikin resep Kue Kastengel untuk Natal nanti? Kalau tertarik, mending langsung saja siapkan alat dan bahannya lalu cus buat Kue Kastengel di rumah deh.

Siap untuk bereksperimen dengan Kue Kastengel?