Resep Kue Sagon, Kue Kering Lebaran Jadul yang Legendaris

Resep kue sagon yang legendaris ini sangat menarik untuk Sweet Couple coba coba di rumah. Menjelang Lebaran rasanya semakin rindu dengan suasana di kampung halaman ya Sweet Couple? Selain suasananya, tentu saja kue-kue dan sajian khas kampung yang jarang ditemukan di kota. Bahkan belakangan sudah mulai menghilang ditelan zaman. Pergeseran budaya, akulturasi juga merambah hingga ke dunia kuliner.

Jika diingat-ingat kembali, kue apa sih yang menjadi favorit Sweet Couple dimasa kecil? Adakah diantaranya yang menjadikan kue sagon sebagai kue favorit? Kue sagon memang seakan membawa penikmatnya bernostalgia ke kampung halaman. Kue kering klasik ini sering hadir saat hari raya di Indonesia.

Kue Sagon ada yang berbahan dasar tepung sagu, ada pula yang berbahan dasar tepung ketan putih. Penasaran gak sih dengan resep kue sagon ini? Langsung saja yuk kita simak langkah-langkah pembuatannya berikut ini!

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Jenis Hidangan: Camilan / Kue Kering
Waktu Persiapan: 10 menit
Waktu Memasak: 90 menit

Resep Kue Sagon, Kue Kering Lebaran Jadul yang Legendaris
Gambar diambil dari kisarasa.biz.id

Resep Kue Sagon

Dengan bahan-bahan yang mudah dicari dan cara pembuatan yang tidak terlalu rumit, dijamin Sweet Couple akan mampu membuat kue sagon sendiri di rumah, agar bisa mengatasi rasa rindu kampung halaman.

Baca Juga :  Resep Kacang Bawang Oven, Tetap Renyah Tanpa Minyak

Bahan Untuk Membuat Kue Sagon 

  • 250 gram tepung ketan putih
  • 200 gram kelapa parut
  • 125 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 80-100 ml air
  • 1 lembar daun pandan

Alat Untuk Mmebuat Kue Sagon

  • Wajan
  • Sutil
  • Wadah
  • Cetakan/Ring Cutter
  • Oven
  • Loyang
  • Toples

Cara Membuat Kue Sagon

  1. Sangrai tepung ketan dan daun pandan dengan api kecil sekitar 10-15 menit hingga daun pandan kering. Angkat dan dinginkan.
  2. Sangrai kelapa parut sekitar 15-20 menit dengan api kecil hingga kering, tidak harus sampai berubah coklat. Angkat, hilangkan uap panasnya.
  3. Masukan dalam wadah kelapa sangrai, gula pasir dan garam, aduk hingga tercampur rata. Kemudian masukan tepung ketan, aduk dengan tangan hingga semua bahan tercampur merata.
  4. Beri air sedikit demi sedikit dan aduk merata, penggunaan air bukan untuk membuat bahan menjadi seperti adonan tetapi hanya untuk melembabkan adonan. Jika ada yg menggumpal terkena air, sisir hingga menjadi buliran halus kembali.
  5. Masukan kedalam cetakan yang Sweet Couple punya, bisa juga menggunakan ring cutter. Kemudian tekan-tekan hingga padat kurang lebih 1/2 cm.
  6. Masukan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Panggang dengan suhu 150°c dengan api atas bawah selama 30-35 menit sesuai dengan ketebalan sagon.
  7. Kalau sudah kering dan mengeras angkat dinginkan. Masukkan ke dalam toples, dan sagon siap dinikmati.
Baca Juga :  Resep Cornflakes Coklat, Kue Manis Untuk Lebaran
Resep Kue Sagon, Kue Kering Lebaran Jadul yang Legendaris
IG @Ulis_Kitchen

Kue ini akan lebih nikmat disantap dengan teh kental atau kopi pahit. Resep kue sagon ini dijamin rasanya gurih dan teksturnya renyah. Rindu kampung halaman menjadi terobati deh. Semangat yuk membuatnya. Happy Cooking Sweet Couple!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Sumber : cookpad.com/Ulis Kitchen