Resep Mie Udon Kuah Kari Super Lezat, Citarasa Otentik Jepang

Resep mie udon kuah kari ini menarik lho untuk Sweet Couple coba di rumah. Semenjak kuliner Jepang banyak diperkenalkan di Indonesia, kita jadi semakin mengenal aneka rasa dan tekstur mie. Sebenarnya apa sih perbedaan Mi dengan Udon?

Secara tekstur, mie yang biasa kita kenal dan konsumsi di Indonesia berbeda dengan Udon. Udon merupakan mie khas Jepang dengan diameter paling tebal, sekitar 4-6 milimeter. Udon umumnya berwarna putih dan terbuat dari gandum. Mie ini disajikan dalam keadaan dingin di musim panas atau dihidangkan bersama sup saat cuaca dingin.

Barangkali Sweet Couple ada yang penyuka udon. Jika dipadu padankan dengan kuah kari, terlebih lagi citarasa bumbu kari menggunakan bumbu penyedap Jepang yang otentik, semakin menambah kelezatan masakan khas jepang ini. Kali ini kami akan mengajak Sweet Couple membuat resep mie Udon Kuah Kari, dimana kuahnya menggunakan bumbu penyedap kaldu khas Jepang, yang disebut dengan Dashi.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Dashi merupakan kaldu dasar untuk semua makanan khas Jepang. Kaldu ini terbuat dari bahan dasar kombu (rumput laut) kering serta katsuobuoshi (ikan cakalang yang diawetkan). Katsuobuoshi sangat keras seperti akan pohon lalu diserut terlebih dahulu sebelum dimasukkan sebagai campuran dashi.

Resep Mie Udon Kuah Kari Super Lezat, Citarasa Otentik Jepang
https://www.japancentre.com/en/page/39-dashi-and-bonito-stock

Di beberapa marketplace, Sweet Couple bisa membelinya dalam bentuk bubuk instan. Sehingga kaldu Dashi mudah untuk dibuat. Selain kaldu dashi, bahan- bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat Mie Udon Kuah Kari sangatlah simpel. Tidak dibutuhkan rempah-rempah komplit layaknya masakan tradisional Indonesia.

Baca Juga :  Resep Udon Kuah Kental Praktis ala Rumahan

Cara Pembuatannya pun tidaklah rumit. Penasaran ingin mencoba Resep Mie Udon Kuah Kari? Mari kita simak cara pembuatannya.

Jenis Hidangan : Hidangan Utama

Jumlah Porsi : 1 porsi

Waktu Persiapan : 15 menit

Waktu Memasak : 30 menit

{toc]

Bahan Resep Mie Udon Kuah Kari

Siapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan Utama

  • 1 bungkus mie udon beku
  • 50 gr irisan daging sapi atau daging ayam
  • 50 gr bawang bombay
  • 50 gr jamur shimeji pengganti jamur shiitake
  • 10 gr wortel
  • 1/2 sdm minyak sayur
  • 1 sdm bubuk kari

Bahan Kuah Udon

  • 250 ml kaldu Dashi cair, gunakan dashi yang gurih dan kuat rasanya
  • 1 sdt gula
  • 1/3 sdm kecap asin Usukuchi / Japan Light Soy. Saus pengganti: kecap asin Jepang / kecap shoyu biasa

Larutan Pati / Pengental

  • 1/2 sdm tepung pati kentang
  • 1 sdm air

Bahan Lainnya

  • 12 cm daun bawang panjang (bagian putih daun bawang)
  • 1 batang daun bawang biasa, cincang halus
  • Minyak sayur

Alat Masak Membuat Mie Udon Kuah Kari

  • Wadah
  • Talenan
  • Pisau
  • Panci
  • Sendok Sayur
  • Saringan mie
  • Mangkuk saji

Cara Membuat Mie Udon Kuah Kari

  1. Mari siapkan bahan-bahan yang akan digunakan. Potong memanjang bawang bombay menjadi dua bagian, lalu potong lagi dengan ukuran 1 cm secara melintang (horizontal). Potong wortel dengan ukuran 4 cm lalu rajang hingga membentuk potongan halus seukuran 2 mm. Pisah-pisahkan jamur shimeji. Potong daun bawang dengan ukuran 2 cm.
  2. Mari membuat kuah kari untuk udon. Masukkan sedikit minyak sayur ke dalam panci, lalu hidupkan api. Tambahkan bagian putih dari daun bawang yang sudah dipotong serong. Tumis daun bawang agar teksturnya lembut dan rasanya menjadi manis. Saat daun bawang berwarna kecoklatan, angkat dan letakkan di atas piring.
  3. Tambahkan lagi minyak sayur dan panaskan kembali pancinya. Tambahkan bawang bombay, wortel dan jamur shimeji. Masak seluruh bahan sekali lewat. Saat minyak sudah tercampur sempurna, tambahkan potongan daging. Tumis kembali.
  4. Saat daging sudah mulai matang, kecilkan api lalu tambahkan bubuk kari. Tumis sambil diaduk rata agar wangi karinya keluar. Bubuk kari mudah gosong, jadi api kecil sebaiknya digunakan saat menumis bubuk kari ini.
  5. Sekarang, tuangkan kaldu dashi ke dalam panci. Bumbu kari rasanya tajam, jadi kaldu dashi yang digunakan sebaiknya punya rasa yang gurih dan kuat pula agar rasanya enak. Tambahkan gula dan kecap usukuchi. Aduk rata. Kecap usukuchi tidak merubah warna kuah kari, sehingga penampilannya lebih menarik, tapi kamu juga bisa menggunakan kecap asin Jepang / kecap shoyu biasa.
  6. Didihkan dengan api sedang lalu buang buih yang muncul. Saat sayur mulai matang, kecilkan api. Masukkan larutan tepung pati kentang sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Jangan gunakan api besar agar pati kentang tidak langsung mengental.
  7. Sekarang, kuah kari sudah mengental. Didihkan kembali dengan api sedang lalu tambahkan daun bawang. Kuah kari siap digunakan.
  8. Mari kita membuat kari udon. Masukkan mie udon beku ke dalam air mendidih. Aduk agar mie terpisah. Lalu, rebus mie selama 30 detik.
  9. Angkat panci lalu saring mie udon. Keringkan mie, lalu letakkan di dalam mangkuk.
  10. Tuang kuah kari yang masih panas ke dalam mangkuk. Terakhir, letakkan daun bawang cincang sebagai topping.
  11. Siap dihidangkan.
Baca Juga :  Resep Udon Kuah Miso yang Super Gurih Menyegarkan

Tips Membuat Mie Udon Kuah Kari

Kecap usukuchi lebih asin dari kecap shoyu biasa dan warnanya juga lebih cerah. Kecap ini biasanya digunakan agar warna hidangan tidak berubah dan tetap cantik walaupun resepnya memakai kecap.
Sebagian orang mungkin kesusahan mencari mirin, jadi kami memilih membuat resep ini tanpa menggunakan mirin.

Semoga Sweet Couple bersemangat membuatnya di rumah dan menikmati resep udon yang lezat ini! Happy Cooking !

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Sumber : https://cookingwithdog.com/id/recipe/curry-udon-lezat/