Resep Nasi Goreng Mawut Magelangan

Buat Sweet Couple pecinta nasi goreng di tanah air pasti udah gak asing lagi dengan yang Namanya Nasi Goreng Mawut. Nasi Goreng Mawut merupakan salah satu varian nasi goreng yang terkenal di Indonesia. Kita mudah menemuinya di jajanan kaki lima. Nasi Goreng Mawut ini terkenal di kawasan Jawa Tengah terutama Magelang sehingga sering disebut juga Nasi Goreng Mawut atau Nasi Goreng Magelangan. Mau tahu lebih lanjut tentang resep Nasi Goreng Mawut? Kalau mau, yuk simak artikel berikut ini!

Nasi Goreng Mawut Magelangan

Selain Bakso, semua pasti setuju kalau Nasi Goreng adalah hidangan nasional Indonesia? Di setiap sudut wilayah Indonesia, kita bisa dengan mudah menemukan penjual nasi goreng dengan beragam variannya masing-masing. Salah satu varian Nasi Goreng yang terkenal adalah Nasi Goreng Mawut Magelangan. Nasi Goreng Mawut Magelangan merupakan nasi goreng yang penyajiannya dicampur dengan mie goreng. Variasi nasi goreng ini terkenal di kawasan Magelang dan sekitarnya sehingga disebut juga sebagai Nasi Goreng Mawut Magelangan atau Nasi Goreng Magelangan.

Kenapa sih Namanya Nasi Goreng Mawut? Hal ini karena penampilan dan penyajian Nasi Goreng yang acak-acakan bercampur dengan mie goreng sehingga membuatnya terlihat berantakan, dalam bahasa Jawa disebut mawut sehingga orang-orang menyebutnya Nasi Goreng Mawut. Mirip dengan Nasi Goreng Gila, tetapi lebih manis.

Baca Juga :  Resep Nasi Goreng Sederhana buat Bekal ke Kantor

Pastinya Nasi Goreng Mawut yang tampilannya acak-acakan ini tetap lezat dan membuat banyak orang semakin berselera karenanya. Sweet Couple juga bisa loh bikin Nasi Goreng Mawut Magelangan ini di rumah. Penasaran gimana cara bikin Nasi Goreng Mawut Magelangan? Yuk simak resep Nasi Goreng Mawut Magelangan yang satu ini!

Bahan-Bahan Resep Nasi Goreng Mawut Magelangan

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Nasi Goreng Mawut Magelangan. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Nasi Goreng Mawut Magelangan? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Nasi Goreng Mawut Magelangan:

Bahan Nasi Goreng Mawut Magelangan

  • 1 1/2 centong penuh nasi dingin
  • 1 genggam mie telor, rebus hingga setengah empuk
  • secukupnya kol dan pokchoy/sawi, iris
  • 1 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 1/2 sdt kecap ikan
  • sesuai selera Kecap manis
  • secukupnya Garam dan penyedap
  • 1 butir telur

Bumbu Halus Nasi Goreng Mawut Magelangan

  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 bh kemiri
  • 2 bh cabe rawit / sesuai selera

Alat Resep Nasi Goreng Mawut Magelangan

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Nasi Goreng Mawut Magelangan. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Nasi Goreng Mawut Magelangan? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Nasi Goreng Mawut Magelangan di rumah:

  • Sendok
  • Pisau
  • Wajan
  • Wadah
  • Piring
  • Ulekan
Baca Juga :  Resep Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih untuk Idul Adha

Cara Membuat Resep Nasi Goreng Mawut Magelangan

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Nasi Goreng Mawut Magelangan siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Nasi Goreng Mawut Magelangan. Inilah cara untuk membuat resep Nasi Goreng Mawut Magelangan di rumah:

  1. Pertama-tama, haluskan bumbu untuk Nasi Goreng Mawut Magelangan yakni bawang merah, bawang putih, kemiri, dan cabai rawit dengan ulekan atau blender hingga benar-benar halus. Lalu, sisihkan.
  2. Kedua, letakkan wajan di atas kompor dan masukkan minyak goreng ke dalamnya. Lalu, nyalakan kompor dengan api yang sedang saja.
  3. Ketiga, setelah agak panas, masukkan bumbu halus tadi ke dalam wajan dan tumis hingga harum.
  4. Kemudian, pecahkan dan masukkan telur lalu goreng telur secara orak-arik. Aduk dan campur hingga merata.
  5. Selanjutnya, masukkan nasi ke dalam wajan dan aduk bersama bumbu
  6. Setelah itu, masukkan juga mie ke dalam wajan dan campur dengan nasi hingga merata. Tambahkan kecap manis juga agar warna nasi dan mie berubah.
  7. Kemudian, tuangkan garam, bumbu penyedap, dan kecap ikan lalu campur dengan nasi goreng mawut hingga merata.
  8. Biar makin menjadi Nasi Goreng Mawut Magelangan, kita masukkan juga sayur-mayur yang sudah disiapkan seperti potongan caisim, daun bawang, dan kol ke dalam wajan. Lalu aduk dan campur hingga layu.
  9. Jika sudah wangi dan dirasa cukup, maka matikan kompor dan angkat wajan. Tuangkan nasi goreng ke dalam piring/wadah.
  10. Yeay! Nasi Goreng Mawut Magelangan siap untuk disantap.
Baca Juga :  Resep Nasi Goreng Spesial untuk Yang Spesial

Wah ternyata resep Nasi Goreng Mawut Magelangan juga bisa kita bikin di rumah ya! Bahan-bahan resep Nasi Goreng Mawut Magelangan ini juga mudah didapat. Pastinya gak usah jauh-jauh ke Magelang untuk mencicipi Nasi Goreng Mawut Magelangan.

Tertarik untuk mencoba bikin resep Nasi Goreng Mawut Magelangan yang satu ini? Kalau tertarik, mending Sweet Couple segera buruan siapin alat dan bahannya lalu bikin deh Resep Nasi Goreng Mawut Magelangan. Selamat mencoba resep Nasi Goreng Mawut Magelangan di rumah masing-masing ya Sweet Couple!

Resep disadur dari cookpad.com

Leave a Reply