Resep Pempek Cumi, Kenyal dan Gurih untuk Camilan Sore

Cumi-cumi merupakan salah satu seafood yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Cumi-cumi memiliki rasa yang gurih dan kaya akan protein. Namun, Sweet Couple sudah tahu kalo cumi-cumi juga bisa diolah menjadi pempek? Resep pempek cumi adalah salah satu variasi dari pempek Palembang yang menggunakan daging cumi-cumi sebagai pengganti ikan.

Hidangan ini terbuat dari daging cumi-cumi yang dicampur dengan tepung sagu dan telur. Pempek cumi kemudian digoreng hingga matang dan disantap dengan kuah cuko atau saus sesuai selera.

Kira-kira seperti apa sih? Sweet Couple ingin mencoba resep pempek cumi yang enak dan unik ini? Yuk, langsung saja ikuti resepnya berikut ini ya!

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Jenis Hidangan: Camilan
Waktu Persiapan: 10 menit
Waktu Memasak: 60 menit

Resep Pempek Cumi, Kenyal dan Gurih untuk Camilan Sore
Gambar diambil dari ytimg.com

Resep Pempek Cumi

Apa saja sih bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya? Ternyata sangat sederhana dan tidak sulit dicari kok Sweet Couple. Dan walaupun langkah pembuatan resep pempek cumi ini cukup banyak, namun hasilnya pasti tidak akan mengecewakan kok.

Bahan untuk Membuat Pempek Cumi

  • 500 gram cumi segar
  • 500 gram tepung sagu/tapioka
  • 1 sdm garam halus
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 1 butir telur ayam
  • Air secukupnya

Alat Masak untuk Membuat Pempek Cumi

  • Wadah
  • Wajan
  • Blender
  • Kukusan
  • Piring saji
Baca Juga :  Resep Pempek Keriting Gurih dan Renyah
Resep Pempek Cumi, Kenyal dan Gurih untuk Camilan Sore
Gambar diambil dari palembang.tribunnews.com

Cara Membuat Pempek Cumi

  1. Siapkan terlebih dahulu cumi-cuminya. Pisahkan antara bagian kepala dan badan cumi lantas buang tulang plastik serta tinta hitam yang ada di bagian badan cumi. Cuci bersih hingga daging cumi benar-benar bersih dan bebas dari kotoran serta tinta, kemudian tiriskan.
  2. Haluskan cumi menggunakan blender atau chooper sampai daging cumi halus dan lembut. Anda tidak perlu menambahkan air karena nantinya cumi akan mengeluarkan air. 
  3. Jika sudah halus dan lembut, letakan daging cumi tersebut ke dalam wadah bersih. Tuangkan tepung sagu ke dalam wadah cumi giling sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk. Tuangkan air sedikit sambil terus mengulemi adonan. Aduk semua bahan tersebut sampai tercipta adonan yang kalis atau tidak lengket di tangan. 
  4. Pastikan juga agar adonan pempek tidak terlalu keras karena nantinya tekstur pempek tidak akan empuk. Jangan lupa untuk memanaskan dandang atau kukusan dengan menggunakan api sedang sampai air yang ada di dalamnya mendidih.
  5. Bagi adonan pempek cumi dalam beberapa bagian kemudian bentuk bulat memanjang. Lakukan sampai semua adonan habis, kemudian kukus hingga adonan matang dan mengeras, matikan api lalu diinginkan. 
  6. Potong-potong pempek cumi, lalu goreng di atas minyak panas hingga kering kemudian angkat.
  7. Siap disajikan bersama cuko atau saus sambal.
Baca Juga :  Resep Pempek Adaan

Tips menyimpan pempek cumi agar tetap awet adalah dengan membungkusnya rapat dalam plastik atau wadah kedap udara lalu memasukkannya ke dalam freezer. Jika ingin mengonsumsinya lagi, cukup keluarkan dari freezer lalu kukus atau goreng sampai panas. Selamat mencoba resep pempek cumi ya!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Resep disadur dari resepnasional.com