Resep Pisang Rai: Olahan Pisang Khas Bali

Aneka olahan pisang memang tak ada habisnya. Ada begitu banyak varian makanan yang bisa dibuat dari pisang. Salah satunya yakni resep pisang rai khas Bali ini. Pasti banyak yang belum tahu apa itu pisang rai kan? Yuk simak penjelasannya!

Pisang rai merupakan salah satu olahan pisang yang berasal dari pulau Dewata. Dari penampilannya, mirip sekali dengan es pisang ijo. Perbedaannya adalah permukaannya diberi taburan kelapa parut. Bagian luarnya dilapisi tepung dan direbus. Teksturnya lembut sekali saat disantap.

Biasanya, camilan ini disajikan dalam keadaan hangat atau panas. Wajar saja, olahan pisang ini dimasak dengan cara direbus dalam air mendidih. Cocok banget menikmati hidangan ini saat hari sedang dingin seperti saat hujan atau malam hari. Dijamin badan dan lidah jadi makin hangat.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Untuk menikmati jajanan ini, Anda tak usah jauh-jauh ke Bali. Sweet Couple bisa membuat resep pisang rai di rumah sendiri dengan mudah. Cukup siapkan bahan dan alat untuk membuatnya, lalu ikuti langkah-langkah cara membuatnya. Tidak sulit kok, bahkan untuk yang masih pemula.

Tertarik mencoba olahan pisang ini? Langsung saja simak ulasan lengkap resepnya berikut ini!

Baca Juga :  Resep Bitterballen Macaroni, Camilan Seru Sore Hari

Masakan: Indonesia

Jenis Hidangan: Makanan Penutup

Jumlah Sajian: 2-3 porsi

Waktu Persiapan: 25 menit

Waktu Memasak: 20 menit

Total Waktu: 45 menit

Bahan Resep Pisang Rai

Siapkan bahan-bahan membuat pisang rai berikut ini:

  • 2 bungkus Tepung Pisang Goreng Crispy Instan
  • 580 ml air
  • 1 lembar daun pandan
  • 5 buah pisang kepok kuning yang dipotong-potong
  • ½ butir kelapa parut ½ tua yang dikukus dengan sedikit garam

Alat Resep Pisang Rai

Siapkan alat-alat membuat pisang rai berikut ini:

  • Wadah
  • Panci
  • Kompor
  • Sendok
  • Spatula
  • Pisau
  • Talenan
  • Piring

Cara Membuat Resep Pisang Rai

  1. Siapkan wadah, masukkan 1 bungkus tepung pisang goreng crispy instan. Lalu, tuangkan air ke dalamnya dan aduk hingga tercampur merata menjadi adonan.
  2. Siapkan wadah lain, masukkan 1 bungkus tepung pisang goreng crispy instan lainnya dan biarkan dalam keadaan kering.
  3. Siapkan panci, tuangkan air sebanyak 500 ml. Nyalakan api dan panaskan.
  4. Masukkan daun pandan ke dalam air yang direbus tadi, lalu rebus hingga mendidih.
  5. Ambil 1 buah pisang, lalu masukkan ke dalam adonan tepung basah tadi hingga seluruh bagian tertutup adonan secara merata.
  6. Gulingkan pisang yang sudah diberi tepung basah tadi ke adonan tepung kering. Pastikan seluruh bagiannya tertutup tepung. Ulangi proses ini dan proses sebelumnya hingga adonan habis.
  7. Masukkan pisang yang sudah ditepungi tadi ke dalam panci berisi air mendidih, lalu masak hingga matang.
  8. Jika sudah matang, maka angkat dan sisihkan. Tunggu sejenak hingga agak dingin.
  9. Gulingkan pisang ke kelapa parut yang sudah dikukus.
  10. Pisang Rai siap disantap.
Baca Juga :  Resep Chocolate Cake Super Nyoklat

Wah betapa mudahnya membuat hidangan ini ya. Kalau seperti ini sih gak usah jauh-jauh ke Bali untuk makan pisang rai. Tinggal bikin aja di rumah sendiri. Orang-orang rumah dijamin suka dengan jajanan tradisional ini.

Pisang rai ini juga bisa jadi ide bisnis jualan jajanan pasar loh. Siapa sih yang gak suka jajanan pasar? Pasti banyak banget yang suka. Apalagi yang homemade, murah meriah, dan enak. Pasti bisa laku keras nih.

Jadi, kapan mau membuat olahan pisang ini? Yuk segera coba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Resep disadur dari dapurkobe.co.id