Resep Poffertjes untuk Natal

Siapa yang setuju kalau Desember itu identik dengan Natal? Pasti banyak yang setuju dong ya. Kalau Natal begini, artinya waktunya untuk membuat resep kue-kue Natal. Salah satu resep kue yang bisa kita coba yakni Poffertjes.

Sweet Couple tahu apa itu Poffertjes? Poffertjes adalah salah satu varian kue berbentuk bola dengan citarasa dan tekstur yang menyerupai pancake. Poffertjes biasanya sering dijadikan camilan karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan mudah untuk dimakan.

Kalau kita perhatikan, nama Poffertjes ini terlihat kebarat-baratan sekali. Sama seperti dengan Kastengel dan Klapertart, Poffertjes ini merupakan salah satu kue yang berasal dari Belanda. Di Indonesia sendiri, Poffertjes ini dibawa oleh pihak kolonial Belanda sehingga bisa dibilang kehadirannya di Indonesia sudah cukup lama.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Biasanya, Poffertjes ini disajikan begitu saja tanpa hiasan atau tambahan apapun. Namun, tak jarang juga orang-orang menambahkan taburan gula di atasnya atau memberikan guyuran saus karamel agar manis. Ada juga yang memberikan taburan meses cokelat demi menambah varian rasa.

Jelang Natal seperti sekarang ini, tak ada salahnya untuk membuat resep Poffertjes. Selain mudah, citarasanya pun lezat. Cocok banget untuk disantap bersama keluarga di rumah. Pastinya makin terasa deh kebersamaan di momen Natal ini dengan membuat resep Poffertjes.

Baca Juga :  Resep Pie Susu Coklat yang Bikin Nagih

Lalu, kira-kira bagaimana ya cara membuat resep Poffertjes untuk Natal? Daripada penasaran, yuk langsung saja kita simak ulasan lengkap resep Poffertjes untuk Natal berikut ini!

Bahan Resep Poffertjes untuk Natal

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Poffertjes untuk Natal. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Poffertjes untuk Natal? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Poffertjes untuk Natal:

  • Tepung terigu protein sedang 250 gram
  • Ragi instan 1 1/2 sendok teh
  • Gula tepung 60 gram
  • Kuning telur 3 buah
  • Susu cair 375 ml
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Margarin yang dilelehkan 1 sendok makan
  • Margarin untuk olesan adonan kue
  • Gula tepung 75 gram

Alat Resep Poffertjes untuk Natal

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Poffertjes untuk Natal. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat Poffertjes untuk Natal? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Poffertjes untuk Natal:

  • Mangkuk/Piring
  • Sendok
  • Pisau
  • Cetakan Poffertjes
  • Saringan

Cara Membuat Resep Poffertjes untuk Natal

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Poffertjes untuk Natal, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Poffertjes untuk Natal. Inilah cara untuk membuat resep Poffertjes untuk Natal:

  1. Pertama, siapkan wadah untuk membuat adonan resep Poffertjes.
  2. Kedua, tuangkan tepung terigu ke dalam wadah sambil diayak menggunakan saringan.
  3. Ketiga, tambahkan ragi instan dan gula tepung ke dalam wadah berisi tepung terigu tersebut. Lalu, sisihkan.
  4. Siapkan wadah lain. Tuangkan kuning telur dan susu cair ke dalam wadah tersebut.
  5. Setelah itu, tuangkan kuning telur dan susu cair tersebut ke wadah berisi campuran tepung terigu tadi. Aduk semuanya hingga tercampur secara merata. Lalu, diamkan dulu selama kurang lebih 30 menit.
  6. Jika sudah selesai didiamkan, maka sekarang tambahkan garam, baking powder, dan margarin ke dalam adonan Poffertjes. Lalu, aduk semuanya hingga tercampur dengan merata.
  7. Waktunya untuk memasak Poffertjes. Siapkan cetakan Poffertjes, letakkan di atas kompor, nyalakan api, lalu panaskan.
  8. Sembari dipanaskan, oleskan cetakan Poffertjes dengan margarin.
  9. Jika cetakan Poffertjes sudah panas, maka tuangkan adonan Poffertjes secara perlahan ke dalam cetakan. Kemudian, diamkan sejenak hingga adonan menjadi setengah matang.
  10. Jika ada adonan Poffertjes yang sudah matang, maka angkat dan tangkupkan ke adonan yang masih setengah matang. Lalu, tunggu hingga matang.
  11. Jika sudah matang, maka angkat Poffertjes dan oleskan dengan margarin di permukaannya.
  12. Sekarang waktunya penyajian Poffertjes. Siapkan piring saji. Lalu letakkan Poffertjes di atas piring saji.
  13. Kemudian, taburkan gula tepung dengan cara diayak menggunakan saringan di atas Poffertjes.
  14. Selesai sudah membuat resep Poffertjes dan Poffertjes siap untuk dihidangkan.
Baca Juga :  Resep Brownies Kukus Pandan Paling Enak

Wah, ternyata membuat resep Poffertjes itu tidak terlalu sulit ya? Yang sulit dari Poffertjes rupanya hanya namanya saja dan cara penyebutannya. Jadi gak ada alasan untuk tidak mencoba membuat resep Poffertjes untuk Natal kali ini ya Sweet Couple.

Mengingat Poffertjes ini lebih cocok digolongkan sebagai camilan, maka akan lebih lengkap jika menyajikan Poffertjes ini bersama hidangan pendamping. Sweet Couple bisa loh menyantap Poffertjes ini sambil minum teh, kopi, atau secangkir cokelat hangat. Bayangkan, sore-sore sambil makan Poffertjes bersama keluarga. Sempurna kan?

Dengan taburan gula di atas Poffertjes, rasanya seperti melihat bola-bola salju yang begitu menggiurkan. Tak salah memang jika resep Poffertjes ini cocok banget disajikan di momen Natal seperti sekarang ini. Berasa lagi Natal di Eropa ya Sweet Couple!

Bagaimana? Ingin membuat resep Poffertjes untuk Natal di rumah bersama keluarga? Yuk langsung saja kita buat resep Poffertjes untuk Natal yang lebih indah dan semarak bersama orang-orang tersayang di rumah!

Resep disadur dari kompas.com