Resep Roti Tawar Super Lezat ala Bakery

Sweet Couple suka roti tawar? Pasti banyak yang suka. Hidangan ini mengandung karbohidrat dan bisa untuk mengganjal perut. Buat yang bosan dengan nasi atau tidak sempat menyiapkan sarapan di pagi hari, maka resep roti tawar bisa menjadi pilihan yang tepat.

Roti tawar ini memiliki citarasa yang tawar, seperti namanya. Wajar saja karena roti ini tidak diberi gula atau isian apapun yang menambah citarasa. Biasanya, orang-orang akan memberinya selai, coklat, keju, margarin, atau daging serta sayur untuk menambah citarasa dan tekstur. Tak heran roti tawar ini bisa dijadikan apapun seperti roti bakar, sandwich, burger, pizza, nugget, bahkan puding. Semua tergantung selera dan kreativitas Anda.

Roti tawar biasanya terbuat dari tepung terigu. Namun, ada juga yang terbuat dari tepung gandum. Biasanya, jenis ini lebih sehat dan kaya akan serat. Cocok banget untuk Sweet Couple yang sedang diet atau menjalani program hidup sehat.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Kebanyakan dari kita seringnya membeli roti tawar yang sudah jadi di toko. Wajar saja, kita ingin yang cepat, mudah, dan praktis. Apalagi roti tawar mudah sekali ditemukan di manapun. Selain itu, roti tawar bisa juga dijadikan camilan yang mengenyangkan dan tetap praktis.

Kali ini, kami ajak Sweet Couple untuk mempelajari resep roti tawar. Ya, Anda bisa loh belajar cara membuat roti tawar sendiri. Resep ini susah-susah gampang, tetapi bukan berarti tidak bisa dicoba. Jika Anda mau agak ribet sedikit, maka Anda bisa loh menghasilkan roti tawar yang lezat dan lembutnya tak kalah dengan bakery.

Baca Juga :  Resep Pie Susu Tanpa Oven

Resep roti tawar ini dibuat sedemikian rupa sehingga para Sweet Couple pemula bisa mengikuti langkah-langkahnya tanpa kesulitan. Roti tawar yang dihasilkan tetap enak dan pastinya lebih higienis karena benar-benar buatan sendiri ala rumahan. Tak perlu lagi jauh-jauh dan mahal-mahal membelinya di toko. Cukup bikin sendiri di rumah.

Seperti apa sih resep roti tawar ini? Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Masakan: Eropa

Jenis Hidangan: Snack/Camilan/Pembuka

Jumlah Sajian: 1 porsi

Waktu Persiapan: 1 jam 30 menit

Waktu Memasak: 45 menit

Total Waktu: 2 jam 15 menit

Bahan Resep Roti Tawar

Siapkan bahan-bahan membuat roti tawar berikut ini:

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 40 gram gula pasir
  • 1 1/2 sendok teh ragi instan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 ml susu cair
  • 1 butir telur
  • 40 gram mentega
  • Margarin secukupnya

Alat Resep Roti Tawar

Siapkan alat-alat membuat roti tawar berikut ini:

Cara Membuat Roti Tawar

  1. Siapkan sebuah wadah besar, masukkan tepung terigu, gula pasir, dan ragi ke dalamnya. Aduk dan campurkan hingga merata seluruhnya.
  2. Masukkan garam, susu cair, dan telur ke dalam adonan tersebut. Aduklah menggunakan spatula/whisk hingga tercampur merata.
  3. Tambahkan margarin ke dalam adonan dan uleni adonan hingga kalis. Pastikan juga adonan tidak lengket/lembek.
  4. Bentuk adonan sampai menjadi bulat. Jika sudah, maka diamkan dengan ditutupi kain selama kurang lebih 45 menit hingga adonan mengembang.
  5. Siapkan cetakan roti tawar dan oleskan permukaannya dengan margarin.
  6. Jika sudah mencapai 45 menit, maka kempiskan adonan roti dan uleni sampai elastis.
  7. Gulung adonan dengan bentuk memanjang, lalu masukkan ke dalam cetakan roti.
  8. Diamkan adonan di cetakan dengan ditutupi kain selama 30 menit supaya lebih mengembang.
  9. Jika sudah mencapai 30 menit, maka siapkan oven. Panaskan pada suhu 180 derajat.
  10. Masukkan adonan roti ke dalam oven dan panggang hingga mengembang dan warna permukaan kuning keemasan. Panggang selama 30 hingga 45 menit.
  11. Jika sudah matang, maka keluarkan loyang dari dalam oven dan diamkan hingga agak mendingin.
  12. Keluarkan roti tawar dari dalam cetakan dan potong sesuai selera.
  13. Roti tawar siap disajikan.
Baca Juga :  Resep Kue Kastengel untuk Persiapan Lebaran

Ternyata seperti itu ya cara membuat roti tawar? Susah-susah gampang sih kelihatannya. Namun, tak ada salahnya untuk mencobanya kan? Siapa tahu Anda berhasil membuatnya dan bisa jadi ide bisnis jualan jajanan mendirikan toko roti sendiri.

Roti sebenarnya sudah ada sejak lama. Keberadaannya bahkan ada dari tahun 30.000 SM. Awalnya roti ditemukan oleh bangsa Mesir dan Mesopotamia. Kemudian, roti semakin mendunia sejak dibawa oleh pedagang India dan Yunani. Sejak saat itulah, roti semakin populer di seluruh dunia.

Namun, tahukah Sweet Couple jika roti tawar sendiri baru ada pada tahun 1920-an? Ya, roti tawar ditemukan pada tahun 1928 oleh Otto Rohwedder yang membuat mesin pemotong roti. Walau awalnya sempat diragukan, tetapi pada akhirnya banyak perusahaan roti yang menyukainya. Tak heran roti tawar pun mulai populer sejak saat itu.

Tidak disangka ya ternyata perjalanan roti dan roti tawar sudah sejauh itu. Oleh karena itu, wajar saja jika banyak yang menyukainya dan mencoba untuk membuatnya.

Tertarik membuat resep roti tawar?

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari resepedia.id dan bobo.grid.id