Resep Sambal Andaliman khas Batak yang Pedasnya Unik Menggigit

Sambal memang menjadi salah satu hidangan andalan yang ada di Indonesia. Tak heran jika setiap daerah memiliki hidangan sambal masing-masing. Salah satu yang mungkin dikenal oleh sejumlah orang adalah Sambal Andaliman. Sambal yang berasal dari tanah Batak Sumatera Utara ini dikenal lezat dan bercitarasa unik. Sebagai sambal, ia juga dikenal pedas. Penasaran dengan citarasa dan seperti apa Sambal Andaliman itu? Mari simak ulasan lengkap mengenai resep Sambal Andaliman berikut ini!

Sambal Andaliman

Seperti yang sudah sering disebutkan, Indonesia merupakan surganya sambal. Ungkapan tersebut memang benar adanya. Hampir setiap wilayah memiliki sambal khasnya masing-masing. Sebut saja Bali dengan Sambal Matah dan Manado dengan Sambal Dabu-dabunya.

Tidak ketinggalan wilayah tanah Batak, Sumatera Utara. Wilayah ini juga memiliki hidangan sambal yang menjadi bintang utamanya yakni Sambal Andaliman. Mungkin beberapa dari kita akan sedikit bingung karena tidak terlalu sering mendengar nama tersebut. Wajar saja, Sambal Andaliman kebanyakan berada di rumah makan Batak dan digunakan untuk resep masakan khas Batak Sumatera Utara.

Lalu, apa itu andaliman? Andaliman merupakan sejenis bumbu masak yang terbuat dari bagian luar kulit tanaman jenis jeruk dan hanya digunakan untuk masakan Batak. Orang-orang kebanyakan menyebutnya Merica Batak. Aromanya lembut dan wangi, tetapi cukup menggigit lidah. Unik sekali dan pastinya tetap pedas.

Baca Juga :  Resep Sambal Matah Segar Nan Menggigit Lidah

Biasanya, andaliman ini dijadikan sebagai bahan sambal untuk hidangan khas Batak seperti Ikan Mas Arsik dan Saksang. Jika dilihat dari luar, sekilas seperti Sambal Cabe Ijo karena warnanya didominasi warna hijau. Hal itu karena ada perpaduan warna hijau dari cabe rawit ijo dan andaliman itu sendiri.

Sweet Couple penasaran untuk mencoba membuat resep Sambal Andaliman? Kalau penasaran, maka alangkah baiknya untuk membaca artikel ini hingga selesai karena kita akan memberikan informasi tentang resep Sambal Andaliman yang bisa dibuat di rumah. Yuk kita simak bersama!

Bahan Resep Sambal Andaliman

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Andaliman. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Andaliman? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Sambal Andaliman:

  • 15 buah cabai rawit hijau
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri yang telah disangrai
  • 2 batang serai, ambil batang putihnya dan iris halus
  • Air jeruk nipis, secukupnya
  • 1/2 sdt andaliman
  • Garam, secukupnya
Baca Juga :  Resep Sambal Pecel Madiun yang Enaknya sampai Ubun-Ubun

Alat Resep Sambal Andaliman

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Sambal Andaliman. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Andaliman? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Andaliman:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Ulekan
  • Wajan

Cara Membuat Resep Sambal Andaliman

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Sambal Andaliman siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Sambal Andaliman Inilah langkah-langkah cara membuat resep Sambal Andaliman:

  1. Pertama, siapkan ulekan dan cobek
  2. Kedua, letakkan cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, dan kemiri di dalam ulekan.
  3. Ketiga, haluskan dan ulek bahan-bahan resep Sambal Andaliman tersebut dengan menggunakan cobek hingga tercampur halus merata.
  4. Sekarang masukkan batang serai, andaliman, garam, dan perasan air jeruk nipis ke dalam ulekan serta bahan yang sudah dihaluskan tadi. Lalu haluskan dan ulek kembali hingga halus dan tercampur merata.
  5. Aduk semuanya hingga tercampur merata sempurna.
  6. Sekarang kita siapkan wajan, letakkan di atas kompor, tuangkan minyak, dan panaskan.
  7. Jika minyak sudah panas, maka matikan kompor dan tuangkan minyak ke sambal Andaliman yang ada di ulekan.
  8. Akhirnya selesai sudah langkah-langkah membuat resep Sambal Andaliman. Mudah kan?
Baca Juga :  Resep Sambal Rica-rica Khas Manado Super Favorit

Wah wah wah… ternyata membuat resep Sambal Andaliman semudah itu ya? Praktis dan tidak butuh waktu yang lama. Bahan-bahan pun juga bisa dicari di pasar tradisional. Tak perlu jadi chef hebat untuk membuat resep Sambal Andaliman karena siapapun bisa membuat resep Sambal Andaliman.

Sambal Andaliman itu paling cocok disantap dengan nasi hangat sambil menyantap sejumlah hidangan khas seperti ikan mas dan ayam. Jika Sweet Couple bisa menyantap hidangan nonhalal seperti saksang atau babi panggang karo, maka Sambal Andaliman ini adalah pilihan yang sempurna. Rasanya unik, menggigit, eksotis, dan bikin nagih!

Jadi, siap untuk membuat resep Sambal Andaliman khas Batak ini? Yuk langsung saja cus bikin resep Sambal Andaliman khas Batak!

Resep disadur dari fimela.com