Resep Sambal Bajak yang Pedasnya Bikin Keringetan

Kita memang gak akan pernah kehabisan sambal selama masih berada di Indonesia. Setuju banget kan dengan pernyataan tersebut? Hal ini dipertegas dengan banyaknya varian sambal yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Sambal Bajak. Penampilannya mirip dengan Sambal Terasi, tetapi rasanya lebih segar. Biasanya Sambal Bajak ini banyak ditemui di rumah makan waralaba yang menjual sambal dan cocok disajikan bersama ayam goreng kampung. Kita juga bisa membuat Resep Sambal Bajak sendiri loh. Penasaran? Yuk simak ulasan resep Sambal Bajak berikut ini!

Sambal Bajak

Kenal dengan Sambal Bajak? Buat yang pecinta pedas dan sambal pasti sudah tidak asing lagi dengan Sambal Bajak. Apalagi buat Sweet Couple yang sering makan di salah satu gerai rumah makan waralaba yang menjual sambal. Menu sambal Bajak sudah menjadi salah satu menu andalan yang ada di sana.

Jika kita lihat Sambal Bajak sekilas, maka kita akan langsung mengiranya sebagai Sambal Terasi. Tidak salah memang karena dalam membuat resep Sambal Bajak kita akan menggunakan terasi sebagai salah satu bahannya. Namun kala mencicipinya, kita akan merasa ada sedikit perbedaannya. Sambal Bajak terasa agak lebih segar daripada Sambal Terasi. Hal ini karena Sambal Bajak menggunakan daun salam sehingga memberi kesan segar.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh
Baca Juga :  Resep Sambal Bawang yang Pedasnya Bikin Kebayang-bayang

Pastinya Sambal Bajak ini juga pedas dan bakal bikin siapapun yang menyantapnya megap-megap berkeringat. Seolah-olah seperti habis membajak sawah. Oleh karena itulah Sambal ini dinamakan Sambal Bajak.

Sweet Couple juga bisa loh membuat resep Sambal Bajak ini di rumah sendiri. Bahannya gampang dicari dan caranya praktis. Penasaran? Simak ulasan resep Sambal Bajak ini!

Bahan Resep Sambal Bajak

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Bajak. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Bajak? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Sambal Bajak:

  • Cabai rawit 10 buah
  • Cabai merah 5 buah
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 5 siung
  • Terasi bakar 1/2 sendok teh
  • Lengkuas 2 cm
  • Daun salam 2 lembar
  • Tomat ukuran kecil yang sudah diiris 1 buah
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula pasir 2 sendok teh
  • Minyak goreng

Alat Resep Sambal Bajak

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Sambal Bajak. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Bajak? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Bajak:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Ulekan
  • Wajan

Cara Membuat Resep Sambal Bajak

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Sambal Bajak siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Sambal Korek. Inilah langkah-langkah cara membuat resep Sambal Bajak:

  1. Pertama, siapkan wajan, letakkan di atas kompor, tuangkan minyak goreng, dan nyalakan api.
  2. Kedua, panaskan minyak hingga terlihat panas.
  3. Ketiga, masukkan cabe merah, cabe rawit, bawang merah, dan tomat lalu goreng/tumis hingga semuanya menjadi layu. Jika sudah, maka angkat dan tiriskan. Sisa minyak jangan dibuang ya.
  4. Sekarang waktunya mengulek. Siapkan ulekan, lalu letakkan bahan-bahan yang sudah digoreng tadi di dalam ulekan.
  5. Ulek semua bahan yang sudah digoreng tadi hingga tercampur halus.
  6. Tambahkan lengkuas dan terasi bakar di atas bahan yang diulek tadi lalu ulek lagi sampai semuanya tercampur.
  7. Sekarang kita panaskan lagi minyak bekas menggoreng tadi.
  8. Lalu, masukkan cabai yang sudah diulek tadi ke dalam wajan.
  9. Tambahkan garam, gula pasir, dan daun salam lalu aduk dan campurkan.
  10. Kita masak cabai hingga matang. Jangan lupa cicipi rasanya apakah sudah sesuai dengan selera Sweet Couple atau belum.
  11. Jika sudah dan sesuai, maka matikan kompor dan pindahkan Sambal ke sebuah wadah.
  12. Akhirnya selesai sudah membuat resep Sambal Bajak dan siap untuk disajikan.
Baca Juga :  Resep Sambal Terasi yang Digemari Banyak Orang

Ternyata praktis kan membuat resep Sambal Bajak? Tidak perlu bahan-bahan yang ribet, cara membuatnya pun simple, dan waktu pembuatannya pun singkat. Kita semua bisa membuat resep Sambal Bajak di rumah secara otodidak.

Makin mantap lagi kalau bikin resep Sambal Bajak sambil menyantap ayam goreng atau ayam bakar ditambah dengan nasi hangat dan lalapan. Wah ngebayanginnya aja udah enak banget apalagi kalau makan Sambal Bajak ya.

Gimana? Yakin nih ga mau coba membuat resep Sambal Bajak di rumah? Buat pecinta pedas, rasanya wajib banget deh untuk membuat resep Sambal Bajak ini di rumah. Pedesnya berasa habis bajak sawah. Bikin keringetan gak habis-habis!

Yuk kita coba bikin resep Sambal Bajak di rumah!

Resep disadur dari resepkoki.id