Resep Sambal Balado Super Praktis yang Wow Pedasnya

Sambala-sambala-bala-Sambalado, terasa pedas, terasa panas… Itulah penggalan lirik dari lagu Sambalado yang dinyanyikan oleh penyanyi dangdut terkenal tanah air, Ayu Ting-Ting. Nyatanya Sambalado bukan sekadar nyanyian belaka. Sudah lama kita sendiri mengenal hidangan Sambalado alias Sambal Balado. Hidangan ini sangat akrab dengan nuansa pesta karena sering disajikan saat acara besar atau pesta seperti Lebaran ataupun Kondangan. Kira-kira apa sih Sambal Balado itu? Seperti resep Sambal Balado? Yuk kita simak ulasan resep Sambal Balado berikut ini!

Sambal Balado

Setuju kan jika acara pesta menjadi tidak lengkap tanpa kehadiran Sambal Balado? Sambal Balado sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari acara-acara hari besar di tanah air. Bersama dengan rendang dan opor, Sambal Balado selalu turut serta dalam mewarnai pesta-pesta orang-orang Indonesia.

Sambal Balado rasanya tidak sepedas sambal-sambal pada umumnya, seperti Sambal Roa ataupun Sambal Korek. Hal ini karena mayoritas resep Sambal Balado tidak menggunakan cabai rawit. Namun, kita bisa saja menambahkan cabai rawit agar Sambal Balado terasa lebih nendang pedasnya.

Baca Juga :  Resep Sambal Mangga Unik yang Bikin Makan Lebih Asyik

Sambal Balado biasanya disajikan bersama bahan lain seperti Sambal Balado Telur, Sambal Balado Kentang, atau Sambal Balado Terong. Semuanya bisa Anda sesuaikan dengan selera masing-masing. Pastinya, Sambal Balado tetap lezat disantap apalagi bersama dengan sepiring nasi hangat.

Buat yang ingin menikmati Sambal Balado, Sweet Couple juga bisa membuat resep Sambal Balado di rumah dengan praktis loh. Untuk yang masih belajar memasak, tak ada salahnya mencoba memasak resep Sambal Balado. Ingin tahu seperti apa? Simak resep Sambal Balado berikut ini ya!

Bahan Resep Sambal Balado

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Balado. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Balado? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Sambal Balado:

  • Cabai merah 200 gram
  • Bawang merah 150 gram
  • Bawang putih 6 siung
  • Garam
  • Gula pasir
  • Daun jeruk 12 lembar
  • Batang serai 4 batang
  • Air perasan jeruk nipis
  • Minyak goreng

Alat Resep Sambal Balado

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Sambal Balado. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Balado? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Balado:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Ulekan
  • Wajan
Baca Juga :  Resep Sambal Bajak yang Pedasnya Bikin Keringetan

Cara Membuat Resep Sambal Balado

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Sambal Balado siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Sambal Balado. Inilah langkah-langkah cara membuat resep Sambal Balado:

  1. Pertama, cuci cabai, bawang, batang serai, dan daun jeruk bahan resep Sambal Balado dengan air bersih yang mengalir. Lalu sisihkan.
  2. Kedua, siapkan ulekan lalu letakkan cabai dan bawang di dalam ulekan.
  3. Ketiga, haluskan cabai dan bawang menggunakan ulekan hingga benar-benar tercampur halus merata.
  4. Tambahkan garam dan gula juga ke dalam bahan bumbu halus resep Sambal Balado tersebut dan ulek kembali hingga tercampur merata.
  5. Sekarang siapkan wajan, letakkan di atas kompor, tuangkan minyak goreng ke dalamnya, dan panaskan.
  6. Jika minyak sudah agak panas, maka tuangkan bahan-bahan resep Sambal Balado yang sudah dihaluskan tadi ke dalam wajan. Tumis hingga harum.
  7. Tambahkan pula daun jeruk dan batang serai, lalu tumis lagi hingga harum.
  8. Jika sudah, maka matikan api lalu tambahkan air perasan jeruk nipis dan aduk Sambal Balado hingga tercampur merata.
  9. Sekarang angkat sambal dan pindahkan ke wadah.
  10. Akhirnya selesai sudah membuat resep Sambal Balado dan siap untuk disajikan.
Baca Juga :  Resep Sambal Matah Segar Nan Menggigit Lidah

Gampang banget kan membuat resep Sambal Balado? Bahannya gampang, cara membuatnya pun gampang. Tak perlu waktu lama untuk belajar membuat resep Sambal Balado bagi Sweet Couple yang ingin coba membuatnya.

Sambal Balado ini makin terasa lengkap dan sempurna jika disajikan bersama hidangan lain seperti ikan, telur, terong maupun kentang. Disantap dengan nasi pun juga mantap. Pastinya Sambal Balado ini bakal memuaskan hasrat Anda terhadap Sambal.

Jadi, apakah siap untuk bereksperimen dengan membuat resep Sambal Balado? Jika ya, maka langsung saja persiapkan bahannya dan bergegas untuk membuat resep Sambal Balado di rumah.

Selamat memasak Sweet Couple!

Resep disadur dari endeus.tv