Resep Sambal Bawang yang Pedasnya Bikin Kebayang-bayang

Gak ada habisnya kalau membahas sambal selama kita masih ada di Indonesia. Sebagai “pabrik”-nya sambal dan cabe, kekayaan sambal di Indonesia memang tiada duanya. Selain sambal terasi yang aromanya sangat khas, Indonesia juga punya varian sambal lain yang juga terkenal yakni Sambal Bawang. Nama boleh Sambal Bawang, tetapi bukan berarti tidak pedas ya. Siapa sangka Sambal Bawang ini juga bisa memberi sensasi pedas. Sensasi pedas Sambal Bawang ini bikin kebayang-bayang terus pedasnya. Penasaran seperti apa resep Sambal Bawang? Mari kita simak ulasan resep Sambal Bawang berikut ini!

Sambal Bawang

Mungkin Sweet Couple ga akan selesai kalau disuruh menyebutkan beragam varian sambal karena memang ada banyak varian sambal di Indonesia. Salah satu yang kita bahas saat ini adalah Sambal Bawang. Dari namanya saja, kita sudah tahu bahwa bahan sambal ini didominasi oleh bawang. Walau demikian, bukan berarti tidak pedas ya. Namanya saja sambal, pasti tetap ada pedasnya.

Citarasa sambal bawang ini pedas gurih, tetapi memang tidak semenggigit sambal lainnya seperti Sambal Matah. Sambal Bawang cocok untuk Sweet Couple yang suka sambal dan bawang. Walau rasa pedasnya masih tergolong ringan jika dibandingkan dengan sambal varian lain, tetapi Sambal Bawang ini tetap pedas ya. Bisa dibilang pedasnya Sambal Bawang ini bikin siapapun yang menyantapnya selalu terbayang-bayang.

Baca Juga :  Resep Sambal Andaliman khas Batak yang Pedasnya Unik Menggigit

Pastinya Sambal Bawang ini juga mudah banget untuk dibuat. Sweet Couple bisa membuat resep Sambal Bawang ini di rumah. Bahannya pun juga tidak sulit dicari. Daripada berlama-lama, yuk kita simak langsung resep Sambal Bawang ini!

Bahan Resep Sambal Bawang

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Bawang. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Bawang? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Sambal Bawang:

  • 1 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • 7 buah cabai rawit
  • Minyak goreng panas
  • Garam
  • Kaldu ayam bubuk
  • Gula

Alat Resep Sambal Bawang

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Sambal Bawang. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Bawang? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Bawang:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Ulekan
Baca Juga :  Resep Sambal Dabu-dabu Manado yang Bikin Menggebu-gebu

Cara Membuat Resep Sambal Bawang

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Sambal Bawang siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Sambal Bawang. Inilah langkah-langkah cara membuat resep Sambal Bawang:

  1. Pertama, siapkan bahan-bahan resep Sambal Bawang yang akan diolah.
  2. Kedua, letakkan bawang putih, bawang merah, dan cabai merah di ulekan dan ulek semuanya dengan cobek hingga hancur serta tercampur merata.
  3. Ketiga, tambahkan gula, garam, dan kaldu ayam penyedap rasa ke bahan-bahan resep Sambal Bawang yang diulek tadi. Kemudian, ulek dan campurkan lagi hingga halus merata.
  4. Sekarang siapkan wajan, letakkan di atas kompor, dan tuangkan minyak goreng. Lalu panaskan.
  5. Jika minyak goreng sudah memanas, maka matikan kompor dan ambil sedikit minyak goreng panas tersebut.
  6. Tuangkan sedikit minyak goreng dan siram di atas sambal bawang tersebut.
  7. Aduk sambal bawang yang sudah dituang minyak goreng panas tersebut hingga tercampur merata.
  8. Akhirnya selesai sudah resep Sambal Bawang yang mudah dibuat ini dan siap untuk disantap.
Baca Juga :  Resep Sambal Balado Super Praktis yang Wow Pedasnya

Tuh kan membuat resep Sambal Bawang memang mudah dan tidak lama. Siapapun bisa membuatnya. Jadi kalau Sweet Couple sedang ngidam sambal, tidak usah ribet-ribet pesan ke restoran atau warung karena Sweet Couple bisa membuat Sambal Bawang sendiri dengan praktis.

Sambal Bawang paling mantap kalau disantap bersama nasi hangat dan lauk pauk. Sweet Couple bisa menyantapnya bersama ayam goreng kremes atau ayam geprek atau tempe goreng sederhana. Nikmat mana lagi yang kau dustakan?

Daripada hanya halu, lebih baik kita bikin langsung aja yuk Resep Sambal Bawang ini di rumah kita masing-masing. Tinggal beli bahannya, siapkan alatnya, lalu cus bikin deh Resep Sambal Bawang ini. Semangat memasak Sambal Bawang di rumah ya!

Resep disadur dari fimela.com