Resep Sambal Cabe Ijo ala Padang yang Bikin Nendang

Apa sih yang bikin Sweet Couple ingat dengan masakan Padang? Apakah ayam pop yang hits itu? Atau rendang padang yang superlezat itu? Tapi ada satu yang tak boleh dilewatkan yakni Sambal Cabe Ijo. Rasanya gak afdol jika menyantap masakan Padang tanpa ditemani Sambal Cabe Ijo. Sambal Cabe Ijo bagaikan primadona dalam masakan Padang. Daripada cuma bisa lapar memikirkan Sambal Cabe Ijo, mendingan kita simak resep Sambal Cabe Ijo berikut ini ya!

Sambal Cabe Ijo

Kalau di Manado gak lengkap makan ikan bakar tanpa Sambal Roa, maka makan masakan Padang gak lengkap tanpa Sambal Cabe Ijo. Setuju banget kan? Kalau kita ke rumah makan Padang atau makan nasi padang, pasti akan mendapat jatah Sambal Cabe Ijo. Rasanya gak kalah sama yang cabe merah. Tetap enak dan pedasnya nendang banget!

Sambal Cabe Ijo tak hanya ditemukan di masakan Padang karena ada juga makanan lain yang menggunakan Sambal Cabe Ijo sebagai pendampingnya. Sebut saja Ayam Geprek dan Bebek Goreng. Rasanya kita sudah tidak asing lagi mendengar hidangan tersebut disajikan bersama dengan Sambal Cabe Ijo.

Baca Juga :  Resep Sambal Andaliman khas Batak yang Pedasnya Unik Menggigit

Gimana kalau kita tiba-tiba ingin menikmati Sambal Cabe Ijo? Tentu saja tinggal membuat resep Sambal Cabe Ijo pastinya. Resep Sambal Cabe Ijo ini mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu lama. Bahan Resep Sambal Cabe Ijo ini juga gampang banget dicari. Jadi tunggu apa lagi? Simak informasi tentang resep Sambal Cabe Ijo berikut ini ya!

Bahan Resep Sambal Cabe Ijo

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Cabe Ijo. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Cabe Ijo? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Sambal Cabe Ijo:

  • Cabe ijo besar 20 gram
  • Cabe ijo keriting 30 gram
  • Cabe rawit ijo 50 gram
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Tomat ijo ukuran sedang sebanyak 1 buah
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Gula 1/2 sdt
  • Jeruk nipis 1/2 buah
  • Penyedap 1/2 sdt
  • Minyak goreng

Alat Resep Sambal Cabe Ijo

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Sambal Cabe Ijo. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Cabe Ijo? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Cabe Ijo:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Ulekan
Baca Juga :  Resep Sambal Roa Manado Asli Ekstra Pedas

Cara Membuat Resep Sambal Cabe Ijo

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Sambal Cabe Ijo siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Sambal Cabe Ijo. Inilah langkah-langkah cara membuat resep Sambal Cabe Ijo:

  1. Pertama, siapkan wajan, letakkan di atas kompor, tuangkan air, dan nyalakan kompor lalu panaskan.
  2. Kedua, masukkan cabe dan tomat ke dalam wajan lalu masak tapi jangan sampai layu. Jika sudah, maka angkat dan sisihkan lalu matikan kompor.
  3. Kita siapkan talenan dan pisau, lalu potong-potong tomat dan iris-iris bawang merah.
  4. Sekarang siapkan ulekan dan cobek, lalu ulek cabe ijo, bawang putih, tomat, dan irisan bawang merah dengan kasar hingga tercampur.
  5. Waktunya menumis sambal cabe ijo. Kita siapkan lagi wajan, letakkan di atas kompor, tuangkan minyak goreng, nyalakan kompor, dan panaskan minyak.
  6. Masukkan sambal cabe ijo yang sudah dihaluskan tadi ke dalam wajan.
  7. Tambahkan daun jeruk, garam, gula, dan penyedap rasa. Jangan lupa sambil cicipi agar kita bisa mengoreksi citarasa Sambal cabe ijo.
  8. Aduk terus hingga wangi dan tercampur merata.
  9. Tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam sambal agar semakin menambah citarasa Sambal Cabe Ijo. Lalu aduk merata.
  10. Jika sudah, maka matikan kompor dan angkat lalu sajikan Sambal Cabe Ijo di wadah.
  11. Selesai sudah membuat resep Sambal Cabe Ijo yang simple ini.
Baca Juga :  Resep Sambal Goreng Kentang khas Pesta-pesta Indonesia

Wah ternyata resep Sambal Cabe Ijo itu super simple dan bisa banget dicoba untuk Sweet Couple yang pemula dalam memasak. Bisa dicoba resep Sambal Cabe Ijo ini untuk yang ingin belajar memasak awal-awal. Bahan mudah, cara praktis. Kurang apa lagi coba?

Sekarang kalau mau menikmati Sambal cabe ijo, gak usah ribet-ribet ke warung makan Padang. Tinggal beli bahannya, lalu masak resep Sambal Cabe Ijo di rumah aja deh. Praktis banget kan?

Pastinya Sambal Cabe Ijo cocok dijadikan teman bersantap saat makan siang ataupun makan malam dengan lauk apapun. Jadi gak usah bingung lagi mau makan apa. Dengan Sambal Cabe Ijo, apapun cocok untuk disantap.

Jadi, kapan nih mulai membuat resep Sambal Cabe Ijo untuk orang tersayang di rumah? Yuk bikin resep Sambal Cabe Ijo sekarang juga!

Resep disadur dari resepkoki.id