Resep Sambal Dabu-dabu Manado yang Bikin Menggebu-gebu

Ngidam Sambal khas Manado tapi belum bisa ke Manado? Gak usah pusing! Sweet Couple bisa coba membuat Resep Sambal Dabu-dabu Manado di rumah sendiri loh! Sambal Dabu-dabu merupakan salah satu varian sambal terkenal asal Manado, Sulawesi Utara. Ketenarannya sudah dikenal hingga penjuru nusantara. Kelezatannya juga tak perlu diragukan lagi. Rasanya tak ada yang mampu menolak kelezatan dari Sambal Dabu-dabu Manado yang bikin kita semakin menggebu-gebu. Yuk langsung simak ulasan Resep Sambal Dabu-dabu Manado ini!

Sambal Dabu-dabu Manado

Pedasnya Sambal khas Manado memang gak perlu diragukan lagi ya. Rasanya sambal apapun di Manado walaupun tergolong pedasnya di atas rata-rata standar Indonesia, tetapi mampu memberikan sensasi kenikmatan sendiri. Sebut saja Sambal Rica-rica Manado yang sangat pedas dan menjadi favorit orang-orang.

Selain rica-rica, sambal lain yang juga sangat terkenal di Manado adalah Sambal Dabu-dabu Manado. Sambal Dabu-dabu ini terkenal pedas sekaligus segar. Mengapa demikian? Karena Sambal Dabu-dabu ini berbahan tomat merah, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, ditambah dengan air jeruk nipis. Mungkin agak sedikit mirip Sambal Matah, tetapi Sambal Dabu-dabu ini lebih segar karena biasanya mengandung lebih banyak air.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Walau terlihat cantik, tetapi Sambal Dabu-dabu ini memiliki tingkat kepedasan yang cukup tinggi. Pedasnya menggebu-gebu banget, tetapi memberikan efek segar saat disantap. Jika Sambal Roa memiliki aroma yang ikan banget, maka Sambal Dabu-dabu ini memiliki aroma segar. Sambal Dabu-dabu ini cocok banget untuk disantap bersama hidangan seafood. Makin segar rasanya!

Baca Juga :  Resep Sambal Ayam Penyet

Gak usah jauh-jauh ke Manado kalau Sweet Couple ingin membuat resep Sambal Dabu-dabu. Cukup baca artikel ini dan Sweet Couple sudah bisa membuat resep Sambal Dabu-dabu di rumah sendiri. Yuk simak resep Sambal Dabu-dabu Manado ini!

Bahan Resep Sambal Dabu-dabu

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Dabu-dabu. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Dabu-dabu? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Sambal Dabu-dabu:

  • 1 buah cabai merah, buang bijinya dan cincang kecil-kecil
  • 7 buah cabai rawit, iris-iris dengan ukuran kecil
  • 5 siung bawang merah dan dicincang
  • 1 buah tomat merah, buang air dan bijinya, potong-potong menjadi dadu kecil
  • 1 buah jeruk nipis
  • 7 lembar daun kemangi lalu potong-potong
  • garam dan gula
  • minyak goreng
  • air

Alat Resep Sambal Dabu-dabu

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Sambal Dabu-dabu. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Dabu-dabu? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Dabu-dabu:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Ulekan

Cara Membuat Resep Sambal Dabu-dabu

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Sambal Dabu-dabu siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Sambal Dabu-dabu. Inilah langkah-langkah cara membuat resep Sambal Dabu-dabu:

  1. Pertama, cuci bersih terlebih dahulu bahan-bahan Resep Sambal Dabu-dabu dengan air bersih yang mengalir.
  2. Kedua, cincang-cincang/iris-iris/potong-potong beberapa bahan Resep Sambal Dabu-dabu yaitu cabai merah, cabai rawit, bawang merah, tomat merah, dan daun kemangi lalu sisihkan.
  3. Ketiga, siapkan wadah dan masukkan seluruh bahan Resep Sambal Dabu-dabu yang sudah dipotong-potong tadi.
  4. Sekarang campurkan seluruh bahan Resep Sambal Dabu-dabu dan aduk semuanya secara merata.
  5. Tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam bahan yang diaduk di wadah.
  6. Jangan lupa tambahkan garam dan gula lalu aduk semuanya secara merata hingga agak layu.
  7. Tambahkan sedikit air saja ke dalam wadah lalu campurkan lagi dan diamkan.
  8. Sekarang siapkan wajan, letakkan di atas kompor, tuangkan minyak, nyalakan api, dan panaskan sejenak.
  9. Jika sudah agak panas, maka matikan kompor dan tuangkan minyak ke dalam wadah berisi Sambal Dabu-dabu. Aduk hingga tercampur merata.
  10. Akhirnya resep Sambal Dabu-dabu sudah selesai dibuat dan siap untuk dihidangkan.
Baca Juga :  Resep Sambal Embe Bali Super Sedap

Gampang banget kan langkah-langkah membuat resep Sambal Dabu-dabu? Sweet Couple gak usah jauh-jauh dan mahal-mahal ke Manado untuk sekadar menikmati hidangan Sambal Dabu-dabu. Cukup di rumah saja, lalu mempersiapkan bahan dan tinggal bikin deh resep Sambal Dabu-dabu Manado ini. Praktis bukan?

Biar makin lengkap, hidangkan Sambal Dabu-dabu ini bersama hidangan seafood. Seafood jenis apapun kalau ditambah Sambal Dabu-dabu pasti dijamin enak! Apalagi sambil minum Air Kelapa Muda, hmmmm…. bener-bener Manado banget ya rasanya.

Seperti penggalan lirik lagu “Kota Manado”, Sambal Dabu-dabu ini begitu nikmat dan dicintai walau bercitarasa pedas. Inilah penggalan liriknya

Makang batata rubus

Colo deng dabu-dabu

Adodo pe pidis skali…

Cari aer nyanda dapa

Minum aer kelapa muda

Adodo pe sadap skali….

Ya, Sambal Dabu-dabu memang sesedap itu. Jadi, mau coba bikin resep Sambal Dabu-dabu di rumah? Kalau tertarik, yuk langsung kita buat resep Sambal Dabu-dabu Manado ini untuk kita santap di rumah!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Resep disadur dari fimela.com