Resep Sambal Kecap Sederhana untuk Cemilan di Rumah

Siapa yang suka Sambal? Buat Sweet Couple yang suka hidangan sambal pasti sudah tidak asing lagi dengan hidangan Sambal Kecap. Ya, sambal kecap merupakan salah satu varian sambal yang cukup terkenal di Indonesia. Sambal Kecap banyak ditemui sebagai pendamping hidangan sate, bakar-bakaran, dan gorengan seperti tempe mendoan. Cara membuat Sambal Kecap juga sederhana dan praktis. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkap mengenai Resep Sambal Kecap Sederhana berikut ini!

Sambal Kecap Sederhana

Indonesia memang gak pernah ada habisnya jika kita berbicara tentang Sambal. Banyak banget varian Sambal di Indonesia seperti yang terkenal yakni Sambal Terasi dan Sambal Cabe Ijo. Belum lagi di masing-masing daerah Indonesia juga ada varian sambal lokal sendiri seperti di Bali dan Manado. Tak salah jika ada yang bilang Indonesia merupakan surga sambal.

Kalau ngomongin sambal rasanya gak lengkap kalo gak nyebutin Sambal Kecap. Siapa sih yang ga tau Sambal Kecap? Sambal yang rasanya pedas manis ini juga menjadi favorit orang Indonesia. Selain praktis dan sederhana, Sambal Kecap cocok banget sebagai teman makan camilan seperti gorengan tempe mendoan, tahu, dan cireng. Apalagi orang Indonesia memang suka makan cemilan dan sambal. Pas banget tuh!

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Baca Juga :  Resep Sambal Roa Manado Asli Ekstra Pedas

Nah, Sweet Couple yang suka makan cemilan dan pengen pake Sambal Kecap juga bisa loh membuat resep Sambal Kecap Sederhana di rumah. Bahannya sederhana, cara membuatnya praktis, dan waktu pembuatannya pun singkat. Siapapun bisa membuat resep Sambal Kecap Sederhana di rumah.

Penasaran dan gak sabar buat bikin resep Sambal Kecap Sederhana? Yuk simak resep Sambal Kecap Sederhana berikut ini!

Bahan Resep Sambal Kecap Sederhana

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Kecap. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Kecap? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Sambal Kecap:

  • Kecap manis
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Tomat merah yang dipotong bentuk dadu kecil-kecil 1/2 buah
  • Cabe rawit merah yang diiris tipis-tipis 10 buah
  • Air perasan jeruk limo 1 buah
  • Garam

Alat Resep Sambal Kecap

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Sambal Kecap. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Kecap? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Kecap:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Ulekan

Cara Membuat Resep Sambal Kecap

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Sambal Kecap siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Sambal Kecap. Inilah langkah-langkah cara membuat resep Sambal Kecap:

  1. Pertama, siapkan wadah kecil terlebih dahulu sebagai tempat untuk menampung Sambal Kecap.
  2. Kedua, siapkan talenan dan pisau lalu iris bawang merah dan bawang putih tipis-tipis.
  3. Ketiga, masukkan irisan bawang putih dan bawang merah tadi ke dalam wadah/mangkuk. Lalu, aduk secara merata.
  4. Potong dan iris tomat serta cabai rawit merah, lalu masukkan ke dalam wadah/mangkuk. Lalu aduk semua secara merata.
  5. Selanjutnya, masukkan kecap manis ke dalam wadah secukupnya.
  6. Tambahkan pula garam sedikit saja dan aduk semuanya secara merata.
  7. Peras jeruk limau hingga keluar airnya dan aduk hingga tercampur merata.
  8. Jangan lupa cicipi rasanya terlebih dahulu apakah sudah sesuai selera atau belum.
  9. Jika sudah, maka selesai sudah membuat resep Sambal Kecap Sederhana dan siap untuk disajikan sebagai teman makan camilan.
Baca Juga :  Resep Sate Ayam Pedas untuk Tahun Baru

Gampang banget kan ternyata membuat resep Sambal Kecap Sederhana? Sederhana dan praktis sesuai dengan namanya. Gak pake repot dan gak pake masak-masak segala. Tinggal potong-potong bahan dan campur, lalu selesai deh membuat resep Sambal Kecap. Pantas saja banyak yang suka membuat resep Sambal Kecap karena mudah dan praktis.

Sambal Kecap tentunya paling mantap kalau dinikmati bersama hidangan yang serba bakar-bakaran seperti Ayam Bakar. Buat yang suka makanan berkuah, Sambal Kecap juga cocok dinikmati bersama Soto dan Bakso. Buat yang suka cemilan, Sambal Kecap pas banget disantap bersama gorengan. Sambal Kecap memang teman sempurna di segala suasana ya.

Jadi, masih mau bilang bikin resep Sambal Kecap itu tidak praktis dan ribet? Mendingan kita sekarang langsung aja yuk bikin resep Sambal Kecap Sederhana di rumah!

Resep disadur dari resepkoki.id