Resep Sambal Kecombrang yang Bikin Lidah Bergoyang

Setuju banget kan kalau banyak yang bilang bahwa Sambal di Indonesia itu tiada duanya? Tentu saja banyak yang setuju karena memang Indonesia itu surganya sambal dan citarasa sambal di Indonesia lezat serta digemari banyak orang. Tak hanya itu, tiap daerah memiliki sambal sendiri dengan keunikannya masing-masing, seperti Sambal Kecombrang. Sambal Kecombrang ini dikenal lezat dan wangi karena terbuat dari bunga kecombrang. Wah bunga saja bisa dijadikan sambal ya di Indonesia. Penasaran seperti apa? Langsung saja kita simak ulasan mengenai resep Sambal Kecombrang berikut ini!

Sambal Kecombrang

Siapa yang sudah tahu dengan Sambal Kecombrang? Sambal Kecombrang ini termasuk salah satu jenis sambal di Indonesia yang menggunakan bunga sebagai bahan dasarnya. Ya, Sambal Kecombrang menggunakan bunga kecombrang. Biasanya, bunga Kecombrang ini digunakan untuk pecel dan populer di wilayah Cilacap Jawa Tengah.

Lalu bagaimana dengan citarasa Sambal Kecombrang? Tentu saja sebagai sambal rasanya pasti pedas, tetapi selain itu Sambal Kecombrang ini juga segar dan ada sedikit rasa asam. mirip Sambal Matah. Apalagi banyak yang percaya kehadiran kecombrang di dalamnya mampu meningkatkan nafsu makan.

Baca Juga :  Resep Sambal Teri Medan yang Enaknya Bikin Edan

Jika Sweet Couple penasaran dengan rasa Sambal Kecombrang, maka tak usah jauh-jauh pergi ke Jawa Tengah untuk merasakannya. Sweet Couple bisa juga kok membuat resep Sambal Kecombrang sendiri di rumah. Bahannya mudah didapat dan cara membuatnya pun praktis.

Jadi, apakah siap untuk mencoba membuat resep Sambal Kecombrang sendiri di rumah? Jika ya, maka langsung saja simak resep Sambal Kecombrang berikut ini!

Bahan Resep Sambal Kecombrang

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Kecombrang. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Kecombrang? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Sambal Kecombrang:

  • Bawang putih 5 siung
  • Bawang merah 10 buah
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Bunga kecombrang 4 buah
  • Air jeruk limau 1 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Gula 1/2 sendok teh
  • Terasi matang 1 sendok teh
  • Minyak sayur

Alat Resep Sambal Kecombrang

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Sambal Kecombrang. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Kecombrang? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Kecombrang:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Ulekan
  • Wajan
Baca Juga :  Resep Sambal Tomat yang Bikin Makin Nafsu Makan

Cara Membuat Resep Sambal Kecombrang

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Sambal Kecombrang siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Sambal Kecombrang. Inilah langkah-langkah cara membuat resep Sambal Kecombrang:

  1. Pertama, siapkah talenan dan pisau untuk memotong-motong bahan resep Sambal Kecombrang.
  2. Kedua, iris-iris dan potong bawang putih, bawang merah, cabai rawit, daun jeruk, dan bunga kecombrang.
  3. Ketiga, pindahkan bahan-bahan tadi ke sebuah wadah.
  4. Lalu, masukkan juga garam, gula, dan terasi matang ke dalam wadah tersebut.
  5. Tambahkan perasan air jeruk limau ke dalam bahan-bahan resep Sambal Kecombrang tadi.
  6. Aduk dan campur semuanya secara merata.
  7. Siapkan wajan, letakkan di atas kompor, tuangkan minyak sayur, nyalakan kompor, dan panaskan.
  8. Jika minyak sudah panas, maka matikan kompor.
  9. Tuangkan minyak panas ke wadah bahan-bahan resep Sambal Kecombrang yang sudah dicampur tadi.
  10. Aduk semuanya secara merata hingga tercampur.
  11. Akhirnya selesai sudah membuat resep Sambal Kecombrang dan siap untuk disajikan.
Baca Juga :  Resep Sambal Matah Segar Nan Menggigit Lidah

Wah ternyata gampang banget ya untuk membuat resep Sambal Kecombrang. Bahan-bahannya sederhana dan langkah-langkahnya pun tidak rumit. Kalau seperti ini sih siapapun bisa membuat resep Sambal kecombrang dengan mudah tanpa harus menjadi seorang chef terkenal.

Sambal Kecombrang ini nikmat banget kalau disantap bersama nasi hangat, ayam goreng atau makanan apapun yang serba goreng. Dijamin bikin menambah nafsu makan dan bikin pengen lagi, lagi, dan lagi. Memang senikmat itu citarasa dari Sambal Kecombrang.

Masih ragu untuk membuat resep Sambal Kecombrang sendiri di rumah? Jangan ragu lagi ya Sweet Couple karena resep Sambal Kecombrang ini dijamin lezat dan bikin kalian jatuh hati. Kapan lagi bisa menyantap sambal unik bikinan sendiri di rumah?

Jadi, kapan nih mulai membuat resep Sambal Kecombrang? Daripada nanti-nanti, mendingan langsung saja siapkan bahannya dan kita cus membuat resep Sambal Kecombrang sendiri!

Resep disadur dari resepkoki.id