Resep Sambal Matah Segar Nan Menggigit Lidah

Gak afdol rasanya kalau orang Indonesia ga suka makanan pedas ataupun sambal. Bagaimana tidak? Indonesia surganya sambal dan makanan pedas. Sebut saja Ayam Geprek dan Seblak yang menjadi favorit banyak orang. Nah, kalau kemarin-kemarin kita membahas makanan utamanya, gimana kalau sekarang kita bahas tentang Sambal? Gak lengkap kalo ngomongin pedas tapi ga ngomongin Sambal. Kali ini kita bahas tentang Sambal Matah Segar dulu yuk! Simak ulasan Sambal Matah Segar berikut ini.

Sambal Matah Segar

Indonesia memang gudangnya sambal. Ada begitu banyak varian sambal di Indonesia. Salah satu varian sambal yang terkenal di Indonesia adalah sambal matah. Apa sih Sambal Matah itu? Mengapa varian sambal matah terkenal dan banyak disukai?

Sambal Matah adalah salah satu jenis varian sambal asli Indonesia yang berasal dari pulau Dewata Bali. Sambal Matah terdiri dari irisan bawang merah, cabe rawit merah, cabe rawit hijau, ditambah dengan perasan jeruk nipis. Rasanya tentu saja pedas menggigit tetapi segar sehingga cocok disantap dengan nasi hangat dan lauk.

Buat Sweet Couple yang doyan pedas, doyan sambal, dan suka yang segar-segar, maka Sambal Matah Segar ini cocok banget untuk dicoba. Dijamin bikin nagih dan pengen nambah lagi, lagi, dan lagi. Apalagi cara membuat Sambal Matah Segar ini juga gampang banget!

Baca Juga :  Resep Sambal Cabe Ijo ala Padang yang Bikin Nendang

Daripada jauh-jauh pergi ke Bali cuma untuk makan Sambal Matah Segar, mendingan kita langsung aja coba bikin resep Sambal Matah Segar. Selain lebih mudah, murah, praktis, dan pastinya tetap selezat Sambal Matah Segar yang ada di Bali sana. Penasaran? Simak resep Sambal Matah Segar nan Menggigit Lidah berikut ini!

Bahan Resep Sambal Matah Segar

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Matah Segar. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Matah Segar? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Sambal Matah Segar:

  • 7 buah cabai rawit merah, iris halus
  • 5 buah cabai rawit hijau, iris halus
  • 9 butir bawang merah, iris halus
  • 3 siung bawang putih, iris halus
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, iris halus
  • 3 lembar daun jeruk, iris halus
  • 4 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt terasi bakar/ sangrai, haluskan
  • 4 sdm minyak sayur (bisa diganti dengan minyak zaitun)
  • 1 sdt garam halus
Baca Juga :  Resep Sambal Andaliman khas Batak yang Pedasnya Unik Menggigit

Alat Resep Sambal Matah Segar

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Sambal Matah Segar. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Matah Segar? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Matah Segar:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Ulekan

Cara Membuat Resep Sambal Matah Segar

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Sambal Matah Segar siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Sambal Matah Segar. Inilah langkah-langkah cara membuat resep Sambal Matah Segar:

  1. Pertama, siapkan bahan-bahan resep Sambal Matah Segar terlebih dahulu. Jangan lupa dicuci ya untuk beberapa bahannya agar bersih.
  2. Kedua, potong-potong dan iris-iris bahan-bahan resep Sambal Matah Segar yakni cabai rawit merah, cabai rawit hijau, bawang merah, dan bawang putih secara tipis-tipis dan halus.
  3. Ketiga, potong dan iris-iris batang serai dan daun jeruk secara tipis-tipis halus.
  4. Kemudian, haluskan pula terasi sangrai dengan ulekan sampai benar-benar halus.
  5. Tambahkan perasan air jeruk nipis, gula pasir, dan garam ke bahan-bahan tadi.
  6. Campurkan semuanya dan haluskan semua bahan resep Sambal Matah Segar tadi sampai tercampur merata.
  7. Panaskan minyak sejenak lalu tuangkan ke dalam Sambal Matah Segar, lalu aduk lagi semuanya hingga tercampur merata.
  8. Akhirnya selesai sudah membuat resep Sambal Matah Segar. Mudah bukan?
Baca Juga :  Resep Sambal Kecap Sederhana untuk Cemilan di Rumah

Mudah banget kan membuat resep Sambal Matah Segar? Mungkin terlihat agak panjang, tetapi saat dipraktikan wah rasanya sih gampang banget. Tidak butuh waktu lama, tidak perlu membuang-buang energi, lebih hemat, dan pastinya Sambal Matah Segar buatan sendiri tetap lezat kok.

Tentunya Sambal Matah ini gak afdol kalau hanya dinikmati sendirian atau hanya bersama nasi hangat. Biar semakin lengkap, Sweet Couple juga bisa menambahkan lauk seperti ayam atau ikan. Jika bingung, bisa juga Sweet Couple mencoba membuat resep Ayam Geprek Sambal Matah buat di rumah.

Jadi, bagaimana? Tertarik untuk membuat resep Sambal Matah Segar nan Menggigit Lidah ini? Yuk kita sama-sama coba bikin resep Sambal Matah Segar di rumah!

Resep disadur dari hellosehat.com