Resep Sambal Rica-rica Khas Manado Super Favorit

Bukan Manado kalau ga ada sambal dan yang pedas-pedas. Setelah Sambal Roa, salah satu sambal khas Manado lainnya yang juga terkenal adalah Sambal Rica-rica. Semua pasti tahu dong Sambal Rica-rica? Ya, Sambal Rica-rica ini terkenal sebagai salah satu Sambal khas Manado dengan citarasa sangat pedas. Walau begitu, banyak yang gemar dengan Sambal Rica-rica bahkan membuat Resep Sambal Rica-rica. Kenapa ya? Daripada bingung dan penasaran, mari kita sama-sama simak ulasan Sambal Rica-rica yang satu ini yuk!

Sambal Rica-rica

Semua pasti setuju salah satu sambal yang identik dengan Manado adalah Sambal Rica-rica. Sambal Rica-rica berbeda ya dengan ayam Rica-rica, walau bahannya agak mirip. Jika ayam Rica-rica adalah ayam yang diolah dengan sambal rica-rica, maka Sambal Rica-rica adalah sambal yang digunakannya.

Sambal Rica-rica berbeda dengan Sambal Roa. Sambal roa dibuat dari ikan roa dan beraroma laut banget. Sambal rica-rica menggunakan bumbu dan rempah-rempah dapur khas Minahasa seperti daun jeruk, air jeruk nipis, daun serai, tomat, jahe, dan bawang. Citarasanya sangat pedas dan penyebutan pedas di wilayah Minahasa adalah rica sehingga sambal ini disebut juga sebagai Sambal Rica-rica.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Sambal Rica-rica ini sangat terkenal dan cocok untuk disantap di berbagai hidangan. Buat Sweet Couple yang rindu Sambal Rica-rica khas Manado, bisa banget loh membuat resep Sambal Rica-rica khas Manado ini di rumah tanpa harus jauh-jauh ke Manado. Lebih mudah, murah, dan juga tetap lezat.

Baca Juga :  Resep Sambal Goreng Kentang khas Pesta-pesta Indonesia

Yuk simak resep Sambal Rica-rica khas Manado yang bisa dibuat di rumah!

Bahan Resep Sambal Rica-rica

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Rica-rica. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Rica-rica? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Sambal Rica-rica:

  • 5 butir bawang merah
  • 10 buah cabai merah
  • 7 buah cabai rawit
  • 1 cm jahe
  • 2 batang serai muda yang diiris halus
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 butir jeruk nipis dan ambil airnya

Alat Resep Sambal Rica-rica

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Sambal Rica-rica. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Rica-rica? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Rica-rica:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Ulekan

Cara Membuat Resep Sambal Rica-rica

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Sambal Rica-rica siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Sambal Rica-rica. Inilah langkah-langkah cara membuat resep Sambal Rica-rica:

  1. Pertama, siapkan ulekan dan masukkan bawang merah, cabai merah, cabai rawit, jahe, dan serai.
  2. Kedua, ulek semua bahan Sambal Rica-rica tersebut dengan cobek hingga halus.
  3. Jika Sweet Couple merasa kurang yakin dengan ulekan, maka masukkan bahan-bahan bawang merah, cabai merah, cabai rawit, jahe, dan serai ke dalam blender.
  4. Lalu, giling dan haluskan bahan tersebut menggunakan blender hingga halus dan tercampur merata.
  5. Jika sudah, maka siapkan wajan, letakkan di atas kompor, tuangkan minyak, dan panaskan.
  6. Jika sudah agak panas, maka masukkan gilingan Sambal Rica-rica tersebut ke dalam wajan dan tumis hingga harum.
  7. Tambahkan pula gula dan garam ke dalam wajan dan campurkan semuanya.
  8. Jangan lupa untuk memberikan air jeruk nipis ke dalam sambal dan tumis hingga Sambal matang.
  9. Jika sudah matang, maka matikan kompor dan angkat Sambal Rica-rica.
  10. Resep Sambal Rica-rica sudah selesai dibuat dan siap untuk disajikan.
Baca Juga :  Resep Sambal Mentah Super Praktis Cuma 3 Langkah

Mudah banget kan langkah-langkah membuat Resep Sambal Rica-rica? Sudah bahannya mudah didapatkan, lebih murah, dan rasa juga dijamin tetap selezat Sambal Rica-rica yang dibeli di rumah makan atau yang ada di Manado sana. Gak butuh tenaga ekstra untuk membuat Resep Sambal Rica-rica.

Buat Sweet Couple pecinta masakan Manado dan sambal yang pedas-pedas, Sambal Rica-rica ini pas banget! Pas buat dicocol ke gorengan ataupun untuk dijadikan teman santap bersama lauk pauk seperti ayam dan ikan. Dijamin nagih banget!

Jadi tertarik untuk membuat resep Sambal Rica-rica? Yuk kita bikin resep Sambal Rica-rica ini di rumah masing-masing untuk orang-orang yang kita sayangi! Selamat memasak Sweet Couple!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Resep disadur dari merahputih.com