Resep Sambal Roa Manado Asli Ekstra Pedas

Siapa yang suka masakan Manado? Buat Sweet Couple pecinta masakan Manado pasti sudah gak asing dengan citarasa masakan Manado yang terkenal ekstra pedas. Masakan Manado juga memiliki salah satu jenis sambal yang cukup terkenal yakni Sambal Roa. Citarasanya laut banget dan benar-benar bikin kita teringat dengan indahnya pantai dan laut Manado. Penasaran dengan resep Sambal Roa Manado Asli Ekstra Pedas? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Sambal Roa Manado

Manado memang terkenal akan sambal dan hidangan lautnya. Salah satu hasil perpaduannya yaitu Sambal Roa Manado. Bisa dibilang Sambal Roa Manado ini merupakan sambal asli Manado. Jika Bali memiliki Sambal Matah, Madiun punya Sambal Pecel, maka Manado memiliki Sambal Roa.

Sambal Roa Manado ini bercitarasa “ikan banget”. Bagaimana tidak? Sambal Roa Manado berbahan dasar ikan roa dan cabai rawit. Ikan roa merupakan salah satu jenis ikan di wilayah Sulawesi Utara dan sekitarnya. Sambal Roa Manado ini cocok banget untuk Sweet Couple yang suka dengan ikan dan hidangan laut.

Baca Juga :  Resep Ayam Rica Rica Manado Ekstra Pedas

Buat Sweet Couple yang suka masakan Manado tapi belum sempat pergi-pergi ke Manado, maka kalian bisa mencoba membuat resep Sambal Roa Manado di rumah. Cara membuat resep Sambal Roa Manado ini juga tidak terlalu sulit kok. Pastinya tetap selezat Sambal Roa yang ada di Manado sana.

Daripada berlama-lama, mari simak resep Sambal Roa Manado berikut ini!

Bahan Resep Sambal Roa Manado

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Roa Manado. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Roa Manado? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Sambal Roa Manado:

  • 3 ekor ikan roa asap, ambil dagingnya saja
  • 20 buah cabai rawit
  • 2 buah cabai merah
  • 2 buah tomat merah
  • 10 siung bawang merah
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula

Alat Resep Sambal Roa Manado

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Sambal Roa Manado. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Roa Manado? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Roa Manado:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Ulekan
Baca Juga :  Resep Sambal Balado Super Praktis yang Wow Pedasnya

Cara Membuat Resep Sambal Roa Manado

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Sambal Roa Manado siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Sambal Roa Manado. Inilah langkah-langkah cara membuat resep Sambal Roa Manado:

  1. Pertama, siapkan wajan, letakkan di atas kompor, tuangkan minyak goreng, dan panaskan.
  2. Kedua, masukkan ikan roa dan goreng sebentar hingga matang.
  3. Ketiga, angkat dan tiriskan ikan roa lalu pindahkan di atas ulekan.
  4. Ulek ikan roa dengan cobek hingga halus. Sisihkan.
  5. Sekarang haluskan cabai dengan cara diulek hingga tercampur. Lalu sisihkan.
  6. Lalu potong dan iris tipis-tipis bawang merah serta tomat.
  7. Sekarang kita masukkan bawang merah yang sudah diiris tipis-tipis ke dalam wajan lalu goreng hingga berwarna kecokelatan.
  8. Masukkan pula cabai dan tumis sebentar bersama bawang goreng.
  9. Jika sudah, maka masukkan tomat, garam, dan gula ke dalam wajan. Lalu masak semuanya hingga matang.
  10. Sekarang tambahkan ikan roa goreng tadi dan aduk merata bersama sambal.
  11. Akhirnya selesai sudah membuat resep Sambal Roa Manado.
Baca Juga :  Resep Sambal Andaliman khas Batak yang Pedasnya Unik Menggigit

Tuh kan, membuat resep Sambal Roa Manado ternyata tidak susah. Bahannya juga tidak terlalu sulit ditemukan. Jadi Sweet Couple gak usah jauh-jauh ke Manado untuk sekadar mencicipi hidangan Sambal Roa Manado karena bisa dibikin sendiri resep Sambal Roa Manado di rumah.

Pastinya Sambal Roa Manado ini tergolong pedas karena masakan Manado atau Minahasa memang terkenal pedasnya di atas rata-rata kebanyakan orang Indonesia. Sambal Roa Manado ini cocok banget untuk Sweet Couple pecinta ikan dan pecinta pedas.

Sambal Roa Manado juga pas banget disantap dengan nasi hangat dan hidangan laut seperti ikan, udang, cumi, lobster, ataupun kepiting. Kalau mau yang lebih Manado banget, bisa bikin pisang goreng lalu dicocol pakai Sambal Roa Manado. Enak banget tuh!

Yuk berkreasi dengan resep Sambal Roa Manado di rumah!

Resep disadur dari fimela.com