Resep Sambal Terasi yang Digemari Banyak Orang

Indonesia memang surganya sambal. Tak heran jika banyak orang Indonesia yang suka makan pedas dan makan sambal. Salah satu varian sambal paling terkenal di Indonesia adalah Sambal Terasi. Siapa sih yang ga kenal dengan Sambal Terasi? Rasanya hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah akrab dengan kehadiran Sambal Terasi yang ada dalam setiap hidangan. Nah, kali ini kita mau membahas tentang Resep Sambal Terasi lebih lanjut. Yuk simak ulasan lengkap resep Sambal Terasi berikut ini!

Sambal Terasi

Sweet Couple tahu dong sama Sambal Terasi? Sambal Terasi merupakan salah satu varian sambal khas Indonesia dan juga cukup banyak dikenal di wilayah Asia Tenggara. Sambal Terasi terbuat dari terasi dan terasi berasal dari udang-udang berukuran kecil yang sudah difermentasi. Sambal Terasi populer di Indonesia karena Indonesia kaya dengan hasil laut seperti udang.

Apa sih keistimewaan dari Sambal Terasi? Jika sambal matah dikenal karena rasanya yang menyegarkan sekaligus mengigit, maka Sambal Terasi dikenal karena aromanya yang cukup menyengat dengan rasa yang pedas. Beberapa orang mungkin tidak suka mencium aroma terasi, tetapi saat melahap Sambal Terasi malah banyak yang suka. Itulah keistimewaan Sambal Terasi yang bisa membius para penikmatnya.

Baca Juga :  Resep Sambal Bajak yang Pedasnya Bikin Keringetan

Sambal Terasi ini cocok banget disantap dengan nasi hangat dan lauk pauk sederhana seperti ayam goreng, ayam bakar, lele, bakso goreng, tahu, dan tempe. Rasanya sudah seperti di surga kalau makan lauk pauk tersebut dengan sambal terasi. Benar-benar mantap!

Sambal Terasi ini juga gampang banget dibuat. Kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahannya mudah didapatkan dan pastinya murah serta tetap lezat. Penasaran? Yuk simak resep Sambal Terasi berikut ini!

Bahan Resep Sambal Terasi

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Terasi. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Terasi? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Sambal Terasi:

  • Cabai merah keriting 150 gram
  • Cabai rawit merah 75 gram
  • Cabai merah besar 3 buah
  • Gula merah
  • Terasi bakar
  • Tomat merah 1 buah
  • Bawang merah 10 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Garam
  • Minyak goreng
Baca Juga :  Resep Sambal Dabu-dabu Manado yang Bikin Menggebu-gebu

Alat Resep Sambal Terasi

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Sambal Terasi. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Terasi? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Terasi:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Ulekan

Cara Membuat Resep Sambal Terasi

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Sambal Terasi siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Sambal Terasi. Inilah langkah-langkah cara membuat resep Sambal Terasi:

  1. Pertama, potong dan iris-iris dulu cabai merah keriting, cabai rawit merah, cabai merah besar, tomat, bawang merah, dan bawang putih.
  2. Kedua, siapkan wajan, letakkan di atas kompor, tuangkan sedikit minyak, dan panaskan.
  3. Ketiga, masukkan irisan cabai merah keriting, cabai rawit merah, cabai merah besar, tomat, bawang merah, dan bawang putih ke dalam wajan. Lalu tumis dan goreng hingga layu. Jika sudah, maka angkat dan tiriskan.
  4. Sekarang, kita bakar dulu terasinya hingga wangi di atas api kompor.
  5. Lalu haluskan bahan-bahan resep Sambal Terasi, tambahkan garam, gula merah, dan jangan lupakan terasi yang sudah dibakar tadi. Haluskan sampai tercampur merata ya.
  6. Jika sudah, maka siapkan wajan lagi, letakkan di atas kompor, tuangkan minyak, dan panaskan.
  7. Tumis sambal terasi yang sudah dihaluskan tadi sampai warna berubah menjadi lebih pekat.
  8. Jika sudah selesai, maka angkat dan sajikan di wadah.
  9. Akhirnya selesai sudah membuat resep Sambal Terasi. Gampang banget ya!
Baca Juga :  Resep Sambal Kecombrang yang Bikin Lidah Bergoyang

Segampang itu ya ternyata membuat resep Sambal Terasi? Kalau membuat Sambal Terasi ternyata semudah itu, maka siapapun pasti bisa membuatnya termasuk Sweet Couple yang ada di rumah. Lumayan kan bisa mengasah kemampuan memasak Sambal Terasi selama di rumah?

Sambal Terasi ini akan semakin lengkap jika disajikan bersama nasi hangat, lauk pauk, dan juga lalapan mentimun. Bayangkan menyantap nasi hangat sambil mencocol potongan daging ayam goreng atau ayam bakar ke sambal terasi ditemani segarnya lalapan. Hmmmm… jadi kepengen ya Sweet Couple!

Daripada menunggu lama, lebih baik siapkan bahan dan kita segera praktikan membuat resep Sambal Terasi yuk! Selamat berkreasi membuat resep Sambal Terasi!

Resep disadur dari resepkoki.id