Resep Sambal Tomat yang Bikin Makin Nafsu Makan

Siapa di sini yang kalau setiap makan nasi dan lauk harus pakai sambal? Wah sepertinya banyak dari kita yang seperti itu ya. Wajar saja karena di Indonesia itu belum lengkap jika makan nasi dan lauk tanpa ditemani sambal. Salah satu varian sambal yang cukup digemari oleh orang Indonesia adalah Sambal Tomat. Rasanya pedas, asam, sekaligus segar. Bikin kita jadi makin nafsu makan. Penasaran tentang Sambal Tomat lebih lengkap? Yuk simak ulasan Resep Sambal Tomat berikut ini!

Sambal Tomat

Kalau disuruh menyebutkan varian Sambal di Indonesia kayaknya sehari gak akan cukup deh karena banyak banget! Mulai dari Sambal Terasi yang terkenal karena aromanya hingga sambal Dabu-Dabu yang terkenal karena kesegarannya. Nah, ada lagi varian Sambal yang patut Sweet Couple coba yakni Sambal Tomat.

Sambal Tomat yang ini tentu saja berbeda dengan saus tomat. Sambal tomat di sini artinya sambal yang menggunakan tomat sebagai bahan utamanya. Namanya boleh Sambal Tomat, tetapi namanya saja sambal jadi tetap menggunakan cabai ya sehingga rasa dari Sambal Tomat ini tetap pedas.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Sweet Couple bisa juga loh membuat resep Sambal Tomat ini di rumah. Bahannya mudah didapat, murah, dan caranya juga gampang untuk dilakukan. Lumayan banget untuk mengisi waktu sekaligus menambah skill dengan membuat resep Sambal Tomat.

Baca Juga :  Resep Sambal Seruit Khas Lampung

Daripada berlama-lama, mending kita langsung pelajari resep Sambal Tomat yang bisa dicoba sendiri di rumah ini yuk!

Bahan Resep Sambal Tomat

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Tomat. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Tomat? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Sambal Tomat:

  • 1 buah tomat tomat merah
  • 10 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai keriting merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • garam
  • gula
  • kaldu ayam bubuk
  • minyak goreng

Alat Resep Sambal Tomat

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Sambal Tomat. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Tomat? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sambal Tomat:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Ulekan

Cara Membuat Resep Sambal Tomat

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Sambal Tomat siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Sambal Tomat. Inilah langkah-langkah cara membuat resep Sambal Tomat:

  1. Pertama, potong-potong dan iris-iris bahan resep Sambal Tomat yakni bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai keriting, dan tomat.
  2. Kedua, siapkan wajan, letakkan di atas kompor, tambahkan sedikit minyak, dan panaskan.
  3. Ketiga, tumis bahan-bahan Resep Sambal Tomat yang sudah diiris tersebut hingga matang.
  4. Siapkan ulekan dan cobek, lalu masukkan bahan-bahan Resep Sambal Tomat yang sudah ditumis tadi ke dalam ulekan.
  5. Haluskan bahan-bahan resep Sambal Tomat dengan menggunakan cobek dan diulek hingga semuanya tercampur merata.
  6. Jangan lupa tambahkan garam, kaldu ayam bubuk, dan gula ke sambal tomat tersebut. Cicipi pula rasanya apakah sudah sesuai selera atau belum.
  7. Tambahkan sedikit perasan air jeruk untuk menambah citarasa segar pada Sambal Tomat.
  8. Siapkan wajan, letakkan di atas kompor, dan tuangkan minyak, lalu panaskan.
  9. Masukkan sambal tomat ke dalam wajan dan tumis sejenak hingga wangi.
  10. Jika sudah selesai, maka matikan api dan hidangkan sambal tomat di sebuah wadah.
  11. Akhirnya selesai sudah membuat resep Sambal Tomat yang mudah ini.
Baca Juga :  Resep Sambal Pecel Lele Kaki Lima

Gampang banget kan langkah-langkah membuat resep Sambal Tomat ini? Siapapun pasti bisa membuatnya. Apalagi bahan-bahan resep Sambal Tomat ini mudah didapat dan harganya juga murah-murah. Pastinya jadi makin semangat untuk belajar membuat resep Sambal Tomat.

Resep Sambal Tomat ini cocok untuk kalian yang baru mulai belajar memasak. Langkah-langkahnya mudah dan bahannya tidak ribet. Selain itu, dari segi rasa juga enak. Apalagi jika Sambal Tomat ini disantap bersama ikan lele dan nasi hangat serta lalapan. Duh bikin makin nafsu makan kalau ada Sambal Tomat.

Tertarik untuk menyantap Sambal Tomat di rumah bersama orang-orang tersayang? Yuk langsung saja cus siapkan bahannya dan kita bikin eksperimen resep Sambal Tomat untuk disantap bersama keluarga di rumah!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Resep disadur dari fimela.com