Resep Seblak Bandung Sederhana Super Gampang

Siapa sih yang ga tau Seblak? Sekarang, Seblak ini sudah menjadi makanan hits kekinian yang digemari oleh banyak orang selain Bakso Aci dan Ayam Geprek Mozarella. Anak muda khususnya generasi milenials pasti tahu dong Seblak itu apa? Seblak adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Barat dengan komposisi utama kerupuk basah dan tambahan bahan lainnya. Tak heran jika banyak yang mengenalnya sebagai Seblak Bandung. Penasaran dengan seblak Bandung seperti apa dan juga resep seblak Bandung? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Seblak Bandung

Yuk kita kenalan dulu dengan Seblak! Seblak merupakan makanan khas dari Jawa Barat yang berbahan dasar kerupuk basah. Biasanya, di dalamnya juga ditambahkan bahan lain seperti ceker, daun bawang, sayuran, ayam, dan lainnya sesuai selera. Citarasa dari seblak sendiri didominasi rasa pedas, terutama dari bumbu dan kuahnya. Tak heran jika Seblak menjadi hidangan favorit bagi mereka yang pecinta makanan pedas.

Kenapa sih dinamakan Seblak? Ternyata nama Seblak berasal dari nama bumbu yang digunakan yakni Seblak. Seblak merupakan bumbu yang terbuat dari bahan dasar kencur atau biasa disebut cikur dalam bahasa Sunda. Jadi, Seblak lebih merujuk ke bumbunya ya Sweet Couple, bukan kerupuknya.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Baca Juga :  Resep Sushi Roll Sosis ala Rumahan

Karena asalnya dari Jawa Barat, maka banyak yang menyebutnya Seblak Bandung. Di Jawa Barat, Seblak memang mudah ditemukan dan berhasil merambah hingga ke Jakarta dan sekitarnya. Seblak Bandung pun menjadi salah satu hidangan kekinian yang banyak diburu oleh masyarakat. Setelah mengetahui asal-usul seblak Bandung, gimana kalau kita ikutan bikin Seblak Bandung? Gak susah kok! Karena resep ini sederhana. Yuk simak resep Seblak Bandung berikut ini!

Bahan Resep Seblak Bandung

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Seblak Bandung. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Seblak Bandung? Berikut ini adalah bahan dan bumbu seblak Bandung yang harus disiapkan:

  • Segenggam kerupuk mentah
  • 3 buah tahu kering
  • Segenggam siomay kering ukuran kecil
  • 1 sdt saus tomat
  • 2 sdm saus cabai
  • Secukupnya air
  • 3 sdm minyak goreng
  • Secukupnya garam, kaldu bubuk, gula pasir
  • 1 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 buah cabai merah
  • 2 buah cabai keriting merah
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 1 siung kencur

Alat Resep Seblak Bandung

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Seblak Bandung. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Seblak Bandung? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat seblak khas Bandung di rumah:

  • Sendok
  • Pisau
  • Wajan
  • Wadah
  • Mangkuk
  • Ulekan
Baca Juga :  Resep Watermelon Bingsoo Super Praktis 4 Bahan 3 Langkah

Cara Membuat Resep Seblak Bandung

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Seblak Bandung Sederhana siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Seblak Bandung Sederhana. Inilah cara untuk membuat resep Seblak Bandung Sederhana di rumah:

  1. Pertama-tama, mari kita masukkan bahan-bahan bumbu halus resep Seblak Bandung yakni bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai keriting merah, cabai rawit merah, dan kencur ke dalam ulekan lalu haluskan semuanya dengan cara diulek hingga benar-benar halus.
  2. Kedua, tuangkan minyak ke dalam wajan besar dan panaskan minyak
  3. Ketiga, masukkan bumbu halus ke dalam wajan tersebut dan tumis bumbu halus hingga mengeluarkan aroma harum
  4. Setelah itu, tambahkan air ke dalam wajan dan bumbu tersebut lalu aduk merata
  5. Kemudian, masukkan kerupuk ke dalam wajan. Lalu, masak hingga air terlihat mendidih dan tekstur kerupuk menjadi setengah lembek. Ingat, setengah lembek ya Sweet Couple! Bukan hancur.
  6. Selanjutnya, masukkan tahu kering dan siomay ke dalam wajan.
  7. Jangan lupa juga untuk memberi saus sambal, garam, kaldu bubuk, dan gula pasir untuk menambah citarasa Seblak
  8. Sambil memasak, koreksi rasa dari Seblak apakah sudah sesuai selera atau belum
  9. Setelah semua bahan terasa empuk dan matang, maka matikan kompor. Lalu, angkat seblak dan sajikan dalam mangkuk.
  10. Akhirnya resep Seblak Bandung Sederhana sudah selesai dan Seblak Bandung Sederhana siap untuk disantap!
Baca Juga :  Resep Martabak Mie Kulit Lumpia

Wah ternyata resep Seblak Bandung Sederhana juga bisa kita bikin di rumah ya! Bahan-bahan resep Seblak Bandung Sederhana ini juga mudah didapat. Pastinya ga ribet, simple, seperti Namanya, Seblak Bandung Sederhana.

Gak usah jauh-jauh sampai ke Bandung buat bisa menikmati lezatnya resep Seblak Bandung Sederhana. Namun, kalau benar-benar penasaran sama seblak asli Bandung, Anda bisa mencoba rekomendasi tempat makan seblak Bandung, seperti Seblak Oces, Seblak Jebres, dan lain sebagainya.

Tertarik untuk mencoba bikin resep Seblak Bandung Sederhana yang satu ini? Kalau tertarik, mending Sweet Couple segera buruan siapin alat dan bahannya lalu bikin deh Resep Seblak Bandung Sederhana. Selamat mencoba resep Seblak Bandung Sederhana di rumah masing-masing ya Sweet Couple!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Resep disadur dari brillicious.brillio.net