Resep Sinom Surabaya untuk Musim Hujan

Kangen Surabaya tapi belum bisa jalan-jalan ke Surabaya? Gimana kalau mengobati rasa rindu terhadap Surabaya dengan membuat resep Sinom Surabaya?

Buat Sweet Couple yang orang Surabaya atau sering ke Surabaya pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman Sinom. Ya, bisa dibilang Sinom ini adalah salah satu minuman tradisional yang identik dengan kota Surabaya. Rasanya kurang afdol kalau ke Surabaya tanpa mencoba atau membeli Sinom.

Kalau Jogja punya wedang uwuh, kalau Bandung ada Bandrek dan Bajigur, maka kalau Surabaya punya Sinom. Lengkap kan koleksi minuman hangat dan sehat khas Nusantara ini?

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Apa sih Sinom itu? Sinom merupakan salah satu bagian dari tanaman Asam yang berupa daun dan terletak di ujung tangkainya. Citarasa daunnya asam alami dan menjadi bahan utama dalam minuman Sinom. Di dalam minuman Sinom, juga terdapat rempah-rempah lainnya seperti kunyit, temulawak, kayu manis, gula merah, dan lain sebagainya.

Jika sudah diolah, biasanya Sinom memiliki citarasa yang cenderung manis. Selain itu, teksturnya juga lebih encer. Tak heran jika Sinom banyak disuguhkan sebagai minuman penyegar atau disajikan dalam keadaan dingin. Cocok untuk menyegarkan diri di tengah panasnya kota Surabaya.

Baca Juga :  Resep Es Cincau Segar untuk Buka Puasa

Walau demikian, kita juga bisa menyuguhkan Sinom dalam keadaan hangat. Mengingat bahannya yang terdiri dari rempah-rempah, maka Sinom juga cocok disajikan secara hangat terutama untuk menghangatkan diri di tengah musim hujan seperti sekarang ini.

Penasaran seperti apa sih cara membuat resep Sinom Surabaya untuk musim hujan? Langsung saja kita simak ulasan lengkap resep Sinom Surabaya berikut ini!

Bahan Resep Sinom Surabaya

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sinom Surabaya untuk Musim Hujan. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Sinom Surabaya untuk Musim Hujan? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Sinom Surabaya untuk musim hujan:

  • air 2 liter
  • sinom beserta tangkainya 75 gram
  • asam Jawa 75 gram
  • kunyit yang sudah dikupas dan dimemarkan 50 gram
  • gula merah 100 gram
  • gula pasir 100 gram

Alat Resep Sinom Surabaya

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Sinom Surabaya untuk musim hujan. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sinom Surabaya untuk Musim Hujan? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Sinom Surabaya untuk Musim Hujan:

  • Sendok
  • Pisau
  • Panci
  • Gelas
  • Saringan
Baca Juga :  Resep Es Kelapa Muda Jeruk untuk Hari Musim Panas Santai ala di Pantai

Cara Membuat Resep Sinom Surabaya

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Sinom Surabaya untuk Musim Hujan, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Sinom Surabaya untuk Musim Hujan. Inilah cara untuk membuat resep Sinom Surabaya untuk Musim Hujan:

  1. Pertama, petiki daun sinom dari tangkainya satu per satu.
  2. Kedua, kupas kulit kunyit dan memarkan dengan menggunakan pisau.
  3. Sekarang waktunya untuk merebus bahan-bahan Sinom. Siapkan panci, tuangkan air, masukkan seluruh bahan resep Sinom kecuali gula. Lalu nyalakan api dan rebus bahan-bahan resep Sinom dengan api yang kecil.
  4. Jika sudah mendidih, maka masukkan gula merah dan gula pasir lalu aduk hingga larut tercampur merata. Selanjutnya, matikan api.
  5. Diamkan Sinom hingga agak dingin, kemudian saring.
  6. Setelah itu, kita panaskan kembali jamu sinom hingga mendidih.
  7. Jika sudah, maka matikan api.
  8. Selanjutnya, sajikan Sinom di dalam gelas atau cangkir.
  9. Sekarang resep Sinom Surabaya telah selesai dibuat dan siap disantap selagi hangat. Jika ingin versi dingin, juga bisa kok.

Tuh kan ternyata membuat resep Sinom Surabaya untuk musim hujan yang dingin ini? Bahan-bahan resep Sinom Surabaya ini juga mudah kok. Alat-alat yang digunakan pun tergolong simple. Jadi, sayang banget rasanya kalau Sweet Couple tidak membuat resep Sinom Surabaya di musim hujan ini.

Baca Juga :  Resep Hot Chocolate untuk Musim Hujan

Sebenarnya, Sinom juga cocok banget disantap saat hari sedang cerah. Segarnya Sinom dengan citarasanya yang manis bikin kita jadi ga kepanasan. Walau begitu, gak ada salahnya juga kok bikin resep Sinom saat hari sedang hujan. Pastinya bikin Sinom yang versi hangat ya biar makin mantul.

Buat Sweet Couple yang kangen Surabaya dan pengen menikmati Sinom, gak usah ribet-ribet ke Surabaya karena sekarang kalian bisa bikin resep Sinom Surabaya di rumah masing-masing. Praktis, hemat, dan sehat bukan?

Pengen mencoba? Yuk segera siapin alat dan bahannya lalu bikin deh Resep Sinom Surabaya untuk musim hujan di rumah. Selamat membuat resep Sinom Surabaya di rumah ya!

Resep disadur dari parenting.orami.co.id