Resep Soto Ayam Bening yang Segar dan Bikin Hangat

Makan yang hangat-hangat dan segar-segar saat lagi cuaca yang kadang hujan kadang enggak seperti sekarang ini memang nikmat. Beruntunglah Sweet Couple yang tinggal di Indonesia karena ada banyak hidangan yang hangat seperti Wedang Jahe dan Wedang Uwuh. Tapi kalo cuma wedang tentu gak kenyang dong ya? Jadi kami sarankan Sweet Couple untuk coba membuat Resep Soto Ayam Bening yang segar dan bikin hangat, sekaligus bikin kenyang perut. Yuk simak ulasan lebih lanjut mengenai Resep Soto Ayam Bening yang satu ini!

Soto Ayam Bening

Siapa sih orang Indonesia yang tidak tahu Soto? Apalagi Soto Ayam yang bisa mudah dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Soto Ayam Bening merupakan salah satu varian soto ayam yang terkenal di Indonesia karena dianggap menyegarkan sekaligus menghangatkan. Cocok banget disantap saat cuaca sedang hujan atau dingin.

Soto Ayam Bening ini bisa menjadi alternatif untuk kalian yang bosan dengan hidangan ayam yang digoreng atau dibakar. Dari namanya saja, kalian pasti sudah bisa menebak bahwa soto ini memiliki kuah yang bening. Selain itu, rasanya juga tidak medok, cenderung ringan. Jika Sweet Couple menyukai hidangan yang tetap bikin perut kenyang, tetapi tidak terlalu kuat dari segi bumbu, maka Soto Ayam Bening ini merupakan pilihan yang tepat.

Baca Juga :  Resep Ayam Penyet Superpedas nan Nikmat

Bikin resep Soto Ayam Bening ini gak susah loh. Tertarik untuk mencoba membuat resep Soto Ayam Bening ini di rumah? Yuk simak langkah-langkah cara memasak resep Soto Ayam Bening berikut ini!

Bahan Resep Soto Ayam Bening

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Soto Ayam Bening. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Soto Ayam Bening? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Soto Ayam Bening:

Bahan Utama Resep Soto Ayam Bening

  • Dada ayam 1/2 ekor
  • Daun bawang yang sudah diiris 1 batang
  • Daun seledri yang sudah diiris 1 batang
  • Daun salam 2 lembar
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Serai yang sudah dimemarkan 1 batang
  • Lengkuas yang sudah dimemarkan
  • Kunyit yang sudah dimemarkan
  • Garam 2 sendok teh
  • Lada bubuk 1/2 sendok teh
  • Kaldu bubuk 1 sendok teh
  • Air 1 liter
  • Minyak goreng

Bahan Bumbu Halus Resep Soto Ayam Bening

  • Bawang putih 5 siung
  • Bawang merah 10 butir
  • Kemiri 4 butir
  • Jahe 2 cm

Bahan Pelengkap/Tambahan Resep Soto Ayam Bening

  • Nasi putih
  • Soun yang sudah direbus
  • Toge yang sudah direbus
  • Bawang goreng

Alat Resep Soto Ayam Bening

Siapkan juga alat-alat untuk membuat resep Soto Ayam Bening. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Soto Ayam Bening? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Soto Ayam Bening:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Piring
  • Wajan
  • Panci
  • Ulekan/blender
Baca Juga :  Resep Ayam Geprek Sambal Bawang

Cara Membuat Resep Soto Ayam Bening

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Soto Ayam Bening siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Soto Ayam Bening. Inilah langkah-langkah cara membuat resep Soto Ayam Bening:

  1. Pertama, siapkan panci dan isi dengan air. Lalu letakkan di atas kompor dan nyalakan api, lalu panaskan.
  2. Kedua, masukan dada ayam ke dalam panci dan rebus hingga terendam seluruhnya.
  3. Ketiga, jika sudah maka angkat dan tiriskan dada ayam. Buang air rebusan dan bilas ayam dengan air mendidih yang bersih.
  4. Sekarang kita rebus daging ayam yang sudah dibersihkan tadi. Siapkan panci, isi kembali dengan air, kemudian masukkan ayam, dan kaldu bubuk. Lalu kita rebus.
  5. Tunggu hingga kaldu ayamnya keluar, kemudian angkat dan tiriskan ayam.
  6. Kemudian potong dan suwir-suwir daging ayam lalu sisihkan. Jangan dibuang dulu air rebusan ayam dalam panci ya.
  7. Sekarang siapkan bumbu-bumbu untuk resep Soto Ayam Bening. Haluskan bahan bumbu-bumbu halus dengan menggunakan ulekan/blender.
  8. Kemudian, siapkan wajan, letakkan di atas kompor, tuangkan minyak goreng, dan nyalakan api. Lalu masukkan bumbu halus resep Soto Ayam Bening, daun salam, serai, daun jeruk, lengkuas, dan kunyit. Tumis semuanya hingga tercampur dan harum.
  9. Jika sudah, maka matikan api. Tuangkan tumisan bumbu ke dalam panci berisi air rebusan ayam, lalu aduk merata.
  10. Tambahkan garam, gula, lada, daun bawang, dan daun seledri ke dalam panci, kemudian masak hingga mendidih. Jika sudah, maka matikan api.
  11. Sekarang waktunya untuk menyajikan Soto Ayam Bening. Siapkan mangkuk dan isi dengan nasi, soun, dan tauge.
  12. Tambahkan suwiran daging ayam, siramkan dengan kuah kaldu. Lalu taburkan bawang goreng agar menambah tekstur renyah.
  13. Selesai sudah membuat resep Soto Ayam Bening dan siap untuk disantap.
Baca Juga :  Resep Ayam Betutu Bali buat yang Kangen Bali

Wah ternyata gak terlalu rumit ya untuk membuat resep Soto Ayam Bening. Bahan-bahan mudah untuk didapatkan, langkah-langkahnya pun juga mudah untuk dilakukan. Resep Soto Ayam Bening ini cocok untuk Anda yang ingin belajar memasak di rumah.

Bayangkan, di rumah, hujan-hujan, hawa dingin, lalu menyantap hangatnya dan segarnya semangkuk Soto Ayam Bening. Rasanya gak ada yang lebih nikmat daripada ini. Setuju kan Sweet Couple?

Nah daripada cuma bis halu membayangkan, yuk langsung aja kita coba bikin resep Soto Ayam Bening ini di rumah! Happy Cooking everyone!

Resep disadur dari resepkoki.id

Leave a Reply