Resep Tape Uli, Jajanan Tradisional yang Masih jadi Favorit

Sweet Couple, kali ini kami rekomendasikan resep tape uli, makanan tradisional Betawi yang sampai sekarang masih banyak dicari lho. Tape uli terdiri dari tape beras ketan hitam yang legit dan uli yang terbuat dari campuran beras ketan putih dan kelapa. Perpaduan tape yang legit dan uli yang gurih benar-benar bikin nagih!

Konon, tape uli memiliki makna kebersamaan dan kekeluargaan pada proses pembuatannya. Kaum wanita bertugas memasak dan mengolah ketan, sedangkan kaum pria akan menumbuk ketan uli yang telah dimasak. Ini menjadi simbol kolaborasi dan kebersamaan di antara anggota keluarga.

Tekstur ketan uli yang lengket juga menjadi simbol eratnya rasa persaudaraan dan kekeluargaan dalam masyarakat Betawi. Hidangan ini menciptakan sensasi rasa manis dan asam yang sempurna ketika dinikmati.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Meskipun tape uli mungkin sudah tidak seumum dulu, namun masih ada orang yang menjaga kelestariannya. Ini merupakan wujud apresiasi terhadap warisan budaya dan nilai-nilai kebersamaan yang terkandung di dalamnya. Jadi, jika Sweet Couple penasaran untuk membuat resep tape uli, yuk langsung saja ikuti ulasannya berikut ini!

Resep Tape Uli, Jajanan Tradisional yang Masih jadi Favorit
Gambar diambil dari medcom.id

Resep Tape Uli

Proses pembuatan jajanan ini memang terbilang cukup lama, dan membutuhkan kesabaran. Sebenarnya prosesnya tidak sulit, hanya saja cukup memakan waktu. Tapi Sweet Couple tidak perlu khawatir, karena hasilnya pasti sepadan kok dengan pembuatannya. Bahan-bahannya juga sederhana saja.

Baca Juga :  Resep Es Semangka India Super Gede ala Tiktok

Bahan untuk Membuat Tape Uli

Bahan Tape

  • 500 gr beras ketan hitam, rendam selama 2 jam
  • 7 gr ragi tape
  • Daun pisang

Bahan Uli

  • 400 gr beras ketan putih, rendam selama 2 jam
  • 200 gr kelapa parut setengah tua
  • 1 sdt garam

Alat Masak untuk Membuat Tape Uli

  • Wadah
  • Kain bersih
  • Dandang
  • Cobek
  • Loyang
  • Plastik
  • Piring saji
Resep Tape Uli, Jajanan Tradisional yang Masih jadi Favorit
Gambar diambil dari grid.id

Cara Membuat Tape Uli

  1. Tape: Tiriskan beras ketan hitam dari air rendamannya. Masukkan beras ketan hitam ke dalam dandang panas, kukus selama 30 menit hingga ketan matang. Angkat, biarkan hingga ketan dingin.
  2. Aduk rata ketan hitam dingin dengan ragi tape. Siapkan 1 buah wadah bertutup volume 2 L, alasi dengan daun pisang. Letakkan campuran ketan dalam wadah, tutup bagian permukaan atas ketan dengan daun pisang.
  3. Tutup wadah dan bungkus wadah dengan kain bersih. Simpan dalam suhu ruang selama 3-4 hari hingga ketan menjadi tape bercita rasa manis dan mengeluarkan kandungan air. Sisihkan.
  4. Uli: Kukus beras ketan putih dalam dandang panas hingga setengah matang (15 menit). Tambahkan kelapa parut dan garam, aduk hingga rata. Kukus kembali hingga ketan matang sempurna (15 menit). Angkat.
  5. Tumbuk ketan putih selagi panas dengan cobek hingga halus. Cetak dalam loyang ukuran 20x20x4 cm yang telah dialasi plastik dan diolesi sedikit minyak goreng. Ratakan dan diamkan hingga tidak panas. Keluarkan Uli dari loyang, potong-potong sesuai selera. Sajikan segera bersama tape ketan.
Baca Juga :  Resep Pisang Goreng Air Fryer, Tetap Enak dan Renyah

Bagaimana Sweet Couple? Tidak sulit kan? Walaupun prosesnya dan langkah-langkahnya cukup banyak dan terlihat sulit, namun sebenarnya tidak serumit itu kok. Kalau diikuti pelan-pelan, pasti Sweet Couple akan berhasil membuatnya.

Jadi, jangan ragu mencoba resep tape uli ya!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Resep disadur dari endeus.tv