Resep Teh Poci Nasgitel untuk Musim Hujan

Semua pasti setuju kalau musim hujan itu paling enak ngeteh alias bikin dan minum teh. Ya, minuman yang satu ini sudah menjadi semacam minuman wajib punya di rumah selain kopi. Ke manapun dan di manapun, selalu ada teh yang menemani.

Salah satu varian teh terkenal di Indonesia adalah Teh Poci Nasgitel. Ya, teh yang berasal dari kawasan Slawi Tegal Jawa Tengah ini sudah lama menjadi merek teh lokal terkenal di Indonesia. Jika Surabaya ada Sinom dan Bandung punya Bandrek, maka Tegal punya Teh Poci. Bisa dibilang, teh poci nasgitel ini merupakan salah satu varian teh yang legendaris di Indonesia.

Apa sih Teh Poci Nasgitel itu? Teh Poci adalah teh yang diseduh dalam wadah dari tanah liat yang dinamakan poci. Lalu Nasgitel sendiri itu apa? Nasgitel sebetulnya merupakan singkatan dari paNAS, leGI, kenTEL yang artinya panas, manis, kental. Itulah ciri khas dari Teh Poci Nasgitel yang terkenal itu.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Sesuai namanya, Teh Poci Nasgitel ini disajikan dengan menggunakan teh beraroma melati dan gula di dalamnya. Aromanya wangi dan sangat khas karena berpadu dengan aroma tanah liat poci itu sendiri. Nikmat banget disantap bersama orang-orang terdekat. Rasanya bikin rileks!

Baca Juga :  Resep Pancake Pisang Keju Super Praktis

Buat Sweet Couple yang ingin menikmati Teh Poci Nasgitel, gak usah jauh-jauh ke Tegal. Sweet Couple juga bisa kok membuat resep Teh Poci Nasgitel sendiri di rumah. Yang terpenting, Sweet Couple harus punya 1 set poci berisi cangkir, teko, dan tatakannya. Ga afdol rasanya membuat resep Teh Poci Nasgitel tanpa kehadiran 1 set poci itu sendiri.

Resep Teh Poci Nasgitel ini juga sangat direkomendasikan untuk Sweet Couple pecinta teh dan minuman hangat. Dijamin pas banget membuat resep Teh Poci Nasgitel di saat musim hujan seperti sekarang ini. Bikin anget dan enak.

Yuk langsung saja kita simak ulasan lengkap mengenai Resep Teh Poci Nasgitel untuk musim hujan berikut ini!

Bahan Resep Teh Poci Nasgitel

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Teh Poci Nasgitel untuk Musim Hujan. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Teh Poci Nasgitel untuk Musim Hujan? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Teh Poci Nasgitel untuk musim hujan:

  • Teh Tubruk atau Teh Aroma Melati
  • Air panas matang secukupnya
  • Gula batu

Alat Resep Teh Poci Nasgitel

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Teh Poci Nasgitel untuk musim hujan. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Teh Poci Nasgitel untuk Musim Hujan? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Teh Poci Nasgitel untuk Musim Hujan:

  • 1 set poci (cangkir, teko, dan tatakan)
  • cangkir keramik jika tidak ada cangkir poci
  • saringan
  • sendok teh
Baca Juga :  Resep Puding Jagung Lapis Coklat Manis

Cara Membuat Resep Teh Poci Nasgitel

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Teh Poci Nasgitel untuk Musim Hujan, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Teh Poci Nasgitel untuk Musim Hujan. Inilah cara untuk membuat resep Teh Poci Nasgitel untuk Musim Hujan:

  1. Pertama-tama, cuci poci terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih dan air hangat. Ingat, jangan cuci menggunakan sabun karena bisa membuat poci berbau sabun.
  2. Kedua, tuangkan bahan teh tubruk/teh aroma melati ke dalam poci.
  3. Ketiga, seduh teh dengan menuangkan air panas ke dalam poci lalu aduk-aduk hingga merata.
  4. Sekarang waktunya menyajikan Teh Poci Nasgitel. Siapkan cangkir, ambil gula batu, dan letakkan di cangkir. Ambil gula sesuai selera.
  5. Setelah itu, tuangkah air teh dari dalam teko ke dalam cangkir perlahan-lahan.
  6. Akhirnya selesai sudah membuat resep Teh Poci Nasgitel. Teh Poci Nasgitel siap untuk dinikmati.

Wah segampang ini ya untuk membuat resep Teh Poci Nasgitel. Kalau kayak gini mah setiap hari bikin resep Teh Poci Nasgitel juga gak masalah. Yang terpenting kita punya poci dan punya bahan-bahannya saja, udah langsung bisa deh membuat resep Teh Poci Nasgitel.

Baca Juga :  Resep Es Cincau Segar untuk Buka Puasa

Oh ya, Teh Poci Nasgitel ini juga ada filosofinya tersendiri loh. Resep Teh Poci Nasgitel ini menggunakan gula batu. Saat awal mencicipi mungkin terasa panas dan agak sepet, tetapi setelah beberapa lama citarasa Teh Poci Nasgitel ini menjadi manis dan enak dinikmati. Filosofinya yakni seperti kehidupan, kadang kita akan sulit berjuang di awal, tetapi dengan usaha dan doa niscaya lama-lama kita akan menikmati hasilnya yang manis. Keren banget ya!

Gimana? Tertarik kan untuk membuat resep Teh Poci Nasgitel untuk musim hujan ini? Kapan lagi bisa mencicipi salah satu resep teh paling penuh filosofis yang pernah ada di Indonesia? Mumpung gampang dan pas banget di musim hujan ini. Yuk langsung aja bikin resep Teh Poci Nasgitel untuk musim hujan!

Selamat ngeteh Sweet Couple!

Resep disadur dari http://dayyamesin.com/