Resep Teh Tarik Aceh untuk Musim Hujan

Siapa yang suka Teh? Sweet Couple yang suka Teh pasti sudah tidak asing lagi dengan Teh Tarik Aceh. Ya, minuman asal Aceh ini punya banyak penggemar di tanah air karena citarasanya yang lezat dan cara pembuatannya yang unik.

Teh Tarik Aceh dipengaruhi oleh budaya India. Ya, Aceh dulunya merupakan tempat bertemunya berbagai suku bangsa mulai dari India, Persia, Timur Tengah, Melayu, Cina, dan Eropa sehingga wajar saja jika menghasilkan perpaduan budaya salah satunya kuliner.

Teh Tarik Aceh dikenal karena cara pembuatannya yang unik. Teh Tarik Aceh dibuat dari susu dan teh. Kemudian, yang uniknya adalah Teh ini disaring dengan posisi tangan pembuatnya yang cukup tinggi dari saringan/gelas. Teh seolah-olah ditarik oleh sang pembuat. Oleh karena itu, minuman ini dikenal dengan sebutan Teh Tarik.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Citarasa Teh Tarik Aceh ini cenderung manis sehingga cocok untuk kudapan. Selain bisa dibuat versi Es/dingin, Teh Tarik Aceh ini juga bisa disajikan secara hangat. Jadi, Teh Tarik Aceh ini bisa dinikmati saat musim hujan seperti sekarang ini.

Sweet Couple juga bisa loh membuat resep Teh Tarik Aceh ini di rumah masing-masing. Gak usah ribet-ribet pesen via online atau jauh-jauh ke warung makan Aceh demi menikmati Teh Tarik Aceh. Cukup bikin di rumah aja, sudah bisa menikmati Teh Tarik Aceh.

Baca Juga :  Resep Mango Cheese Milk

Penasaran seperti apa resep Teh Tarik Aceh? Yuk langsung saja kita simak resep Teh Tarik Aceh untuk musim hujan berikut ini!

Bahan Resep Teh Tarik Aceh

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Teh Tarik Aceh untuk Musim Hujan. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Teh Tarik Aceh untuk Musim Hujan? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Teh Tarik Aceh untuk musim hujan:

  • Teh celup 3 kantung
  • Susu kental manis 100 ml
  • Air panas 600 ml

Alat Resep Teh Tarik Aceh

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Teh Tarik Aceh untuk musim hujan. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Teh Tarik Aceh untuk Musim Hujan? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Teh Tarik Aceh untuk Musim Hujan:

  • Sendok
  • Panci
  • Gelas
  • Saringan

Cara Membuat Resep Teh Tarik Aceh

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Teh Tarik Aceh untuk Musim Hujan, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Teh Tarik Aceh untuk Musim Hujan. Inilah cara untuk membuat resep Teh Tarik Aceh untuk Musim Hujan:

  1. Pertama, kita siapkan panci, isi dengan air, letakkan di atas kompor, nyalakan api, dan rebus air.
  2. Kedua, jika air sudah matang, maka matikan kompor dan sisihkan sejenak.
  3. Ketiga, siapkan teko/gelas besi bergagang, masukkan kantong teh celup ke dalamnya. Lalu tuangkan air panas dan seduh teh hingga berwarna pekat.
  4. Sekarang kita tuangkan susu kental manis ke dalam teh yang ada dalam teko/gelas besi bergagang
  5. Siapkan gelas, lalu tuangkan teh tarik ke dalam gelas. Aduk teh tarik hingga tercampur merata.
  6. Saatnya untuk tarik menarik teh. Siapkan gelas lainnya, lalu tuangkan teh dari teko/gelas besi bergagang ke gelas-gelas lainnya dengan cara ditarik ke atas/ditinggikan. Lakukan berulang kali hingga teh berbusa.
  7. Selanjutnya, siapkan gelas lalu sajikan teh tarik di dalam gelas tersebut.
  8. Selesai sudah membuat resep Teh Tarik Aceh dan Teh Tarik Aceh siap diminum selagi hangat.
Baca Juga :  Resep Es Pisang Ijo Segar untuk Hari yang Cerah

Ternyata kita juga bisa belajar membuat resep Teh Tarik Aceh sendiri di rumah ya. Ya mungkin bagian yang agak sulit adalah ketika tarik menarik teh hingga menghasilkan busa karena rawan tumpah. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati saat di situ.

Namun, tak ada salahnya juga kalau kita belajar membuat resep Teh Tarik Aceh sendiri di rumah. Siapa tahu jika berhasil, maka kita bisa membuat bisnis Teh Tarik Aceh sendiri? Malah bisa mendatangkan peluang bisnis.

Kehadiran Teh Tarik Aceh ini mengingatkan kita akan keanekaragaman kuliner Nusantara. Mulai dari Jawa Barat dengan Bandreknya, Jogja dengan Kopi Joss, Tegal dengan Teh Pocinya, hingga Aceh dengan Teh Tariknya. Yang pasti semuanya enak dan cocok disantap saat musim hujan tiba.

Jadi, sudah siap untuk bereksperimen dengan membuat resep Teh Tarik Aceh? Kalau sudah siap, yuk langsung saja kita bikin resep Teh Tarik Aceh untuk musim hujan selama di rumah!

Resep disadur dari resepkoki.id