Resep Usus Crispy, Garing Renyah dan Gurih

Sweet Couple suka makan usus? Salah satu olahan usus selain dibuat sate adalah resep usus crispy. Teksturnya yang renyah dan rasanya gurih, memang bikin nagih!

Camilan ini sering tersedia saat acara-acara keluarga seperti Hari Raya, membuat siapapun yang menyantapnya rasanya tidak ingin berhenti ya. Dan sekarang, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Jadi kapanpun ingin menyantapnya, tinggal buat deh.

Yuk, langsung saja disimak resep usus crispy berikut ini!

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Jenis Hidangan: Camilan
Waktu Persiapan: 10 menit
Waktu Memasak: 20 menit

Resep Usus Crispy

Bahan untuk membuat camilan ini ternyata sangat sederhana kok Sweet Couple. Dan cara membuatnya juga anti ribet. Tapi dapat menghasilkan sajian yang enak dan menggoda selera.

Bahan untuk Membuat Usus Crispy

  • 500 gram usus ayam
  • 1 jeruk nipis
  • 1 sdt baking powder
  • 1 bungkus tepung bumbu serbaguna (sekitar 240 gram)
  • 150-200 ml air es 
  • Minyak untuk menggoreng

Alat Masak untuk Membuat Usus Crispy

  • Wadah
  • Wajan
  • Toples

Cara Membuat Usus Crispy

  1. Pertama-tama cuci usus sampai bersih. Kemudian lumuri dengan air perasan jeruk nipis, diamkan sebentar. Setelah itu bilas sampai bersih. Tiriskan. Cara lain bisa dengan merebus usus dengan rempah aromatik seperti serai, daun salam, dan daun jeruk.
  2. Ambil 1/4 bagian tepung bumbu serbaguna, lalu beri air secukupnya. Adonan jangan terlalu kental maupun encer. Sisihkan. Campur sisa tepung bumbu serbaguna dengan baking powder.
  3. Panaskan minyak goreng. Lumuri usus ke dalam tepung kering, lalu celupkan ke dalam tepung basah, lumuri lagi dengan tepung kering. Kibaskan usus agar tepung yang tidak menempel terlepas.
  4. Goreng usus dalam minyak panas sampai kekuningan. Angkat. Goreng lagi usus dengan api kecil sampai renyah. Teknik ini bernama double fry yang membuat camilan menjadi renyah. Angkat dan tiriskan. Biarkan usus sampai dingin.
  5. Kemudian masukkan ke dalam toples atau langsung sajikan bersama saus cocolan sesuai selera.
Baca Juga :  Resep Dessert Box Super Viral

Mudah bukan? Bahannya sederhana, membuatnya tidak sulit, rasanya pun bikin nagih. Siapa yang tahan dengan godaannya? Yuk langsung di eksekusi resepnya! Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Resep disadur dari Kompas.com