Resep Wedang Tahu untuk Musim Hujan

Siapa bilang tahu hanya bisa dijadikan makanan? Di Indonesia, tahu juga bisa dijadikan minuman. Buktinya adalah adanya minuman yang bernama Wedang Tahu atau dikenal juga sebagai minuman Wedang Kembang Tahu.

Tentu saja minuman ini bukan terbuat dari tahu yang biasa kita goreng atau jadikan tumis ya. Minuman wedang tahu ini terbuat dari kembang tahu sehingga sering juga disebut wedang kembang tahu.

Karena wedang tahu berbahan kembang tahu, maka teksturnya pun lembut. Selain itu, wedang tahu ini juga biasanya dicampur dengan jahe sehingga memiliki rasa rempah dan agak pedas. Pastinya wedang tahu ini cocok disajikan dalam keadaan hangat.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Di musim hujan seperti ini tentu saja paling enak mengonsumsi minuman yang hangat-hangat agar kita tidak kedinginan. Salah satunya ya membuat resep Wedang Tahu. Perpaduan lembutnya kembang tahu dengan hangatnya jahe dijamin bikin tenggorokan lebih lega dan badan jadi lebih enak.

Daripada cuma bisa jajan Wedang Tahu di warung atau pedagang keliling, gimana kalau kita coba bikin resep Wedang Tahu di rumah sendiri? Pastinya lebih sehat, murah, dan tentu saja tetap lezat. Caranya pun juga gak susah-susah banget. Bisa kita pelajari bersama.

Baca Juga :  Resep Asinan Buah yang Rasanya Wah

Yuk langsung saja kita simak bareng-bareng resep Wedang Tahu berikut ini!

Bahan Resep Wedang Tahu

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Wedang Tahu untuk Musim Hujan. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Wedang Tahu untuk Musim Hujan? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Wedang Tahu untuk musim hujan:

Bahan Resep Kembang Tahu

  • Susu Kedelai 1,5 liter
  • Agar-agar bubuk 1 1/2 sendok teh
  • Jelly instan bubuk 1 1/2 sendok teh
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Garam 1 sendok teh

Bahan Resep Wedang Jahe

  • jahe yang dibakar dan dimemarkan 250 gram
  • gula merah 200 gram
  • air 600 ml
  • garam 1/2 sendok teh
  • daun pandan yang diikat simpul 1 lembar

Alat Resep Wedang Tahu

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Wedang Tahu untuk musim hujan. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Wedang Tahu untuk Musim Hujan? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Wedang Tahu untuk Musim Hujan:

  • Sendok
  • Pisau
  • Panci
  • Gelas
  • Saringan

Cara Membuat Resep Wedang Tahu

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Wedang Tahu untuk Musim Hujan, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Wedang Tahu untuk Musim Hujan. Inilah cara untuk membuat resep Wedang Tahu untuk Musim Hujan:

  1. Pertama, kita buat resep untuk Kembang Tahu terlebih dahulu. Siapkan panci, isi dengan susu kedelai, letakkan di atas kompor, dan nyalakan api.
  2. Kedua, masukkan bahan-bahan Kembang Tahu yakni agar-agar bubuk, jelly instan bubuk, gula pasir, dan garam. Kemudian rebus hingga mendidih.
  3. Ketiga, jika sudah mendidih, maka matikan api. Lalu, tuangkan adonan kembang tahu ke sebuah wadah dan tunggu hingga dingin. Sisihkan.
  4. Sekarang kita buat resep untuk wedang jahenya. Nyalakan api, bakar jahe hingga mengeluarkan aroma wangi.
  5. Jika sudah, maka matikan kompor. Lalu, memarkan jahe dan iris-iris dengan menggunakan pisau.
  6. Kemudian, ikatlah daun pandan hingga membentuk sebuah simpul.
  7. Sekarang, siapkan panci, isi dengan air, letakkan di atas kompor, nyalakan api, dan panaskan.
  8. Selanjutnya, masukkan jahe dan daun pandan ke dalam panci. Rebus hingga mengeluarkan aroma wangi.
  9. Masukkan gula pasir dan gula merah ke dalam rebusan jahe dan daun pandan tersebut. Biarkan hingga gula larut.
  10. Jika sudah matang, maka matikan api. Sisihkan.
  11. Waktunya penyajian Wedang Tahu. Siapkan mangkuk kecil, kemudian masukkan potongan kembang tahu ke dalam mangkuk.
  12. Setelah itu, tuangkan wedang jahe dan siram perlahan-lahan di atas potongan kembang tahu tersebut.
  13. Selesai sudah membuat resep Wedang Tahu dan siap dinikmati selagi hangat.
Baca Juga :  Resep Smoothies Melon Leci Spesial

Ternyata resep Wedang Tahu yang selama ini sering kita beli di pedagang kaki lima bisa juga kita buat sendiri di rumah ya? Bahannya ternyata mudah didapat. Caranya pun gak pake ribet. Jadi makin pengen bikin resep Wedang Tahu gak sih?

Wedang Tahu ini mirip dengan Wedang Jahe. Bedanya, Wedang Tahu pasti pakai jahe, sedangkan Wedang Jahe tidak pakai kembang tahu. Wedang Tahu ini juga cocok banget dikombinasikan dengan hidangan yang bikin perut hangat seperti Soto dan Sop. Nikmat banget kan?

Pastinya kalau minum Wedang Tahu ini, kita jadi lebih hangat dan gak perlu takut kedinginan lagi saat musim hujan. Yang hangat-hangat gak harus pelukan dan kasih sayang dari si doi tuh.

Berencana untuk bikin resep Wedang Tahu? Yuk buruan kita bikin resep Wedang Tahu ini biar bisa menghangatkan hari-harimu di musim hujan yang dingin ini!

Resep disadur dari Endeus.tv