Sejarah Capcay Bakso Sampai Populer

Capcay bakso merupakan makanan khas Tiongkok yang cukup terkenal di Indonesia. Jika menelusuri awal kemunculan makanan ini, maka kita akan mengetahui sejarah capcay bakso yang cukup panjang dari masa ke masa hingga populer seperti saat ini.

Capcay (pinyin: zasui) merupakan dialek Hokkian yang secara harfiah berarti aneka ragam sayur. Capcay adalah nama hidangan khas Tionghoa yang populer dan identik sebagai masakan dengan berbagai macam sayuran.

Beberapa sumber menjelaskan bahwa capcay harus terdiri dari 10 macam sayuran karena kata cap dalam bahasa Hokkian berarti sepuluh dan cay berarti sayuran. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena sampai saat ini jenis sayuran dalam satu sajian capcay tidak menentu dan tergantung orang yang memasaknya.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Capcay tidak hanya menggunakan sayur-sayuran, tetapi mencampurkan beberapa bahan protein di dalamnya. Pada awalnya, capcay berupa sajian aneka sayur bersama bakso atau daging ayam. Tidak heran kalau sering muncul sebutan capcay bakso karena bakso digunakan sebagai bahan protein yang lebih praktis daripada daging.

Sejarah Capcay Bakso

Penasaran dengan sejarah capcay bakso? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

1. Capcay di Masa Dinasti Qing

Meskipun tidak ada catatan pasti mengenai tahun awal munculnya capcay, tetapi sayuran ini dipercaya sudah ada dalam kurun waktu yang sangat panjang. Sayur capcay diduga sudah ada sejak zaman Dinasti Qing di Cina.

Baca Juga :  Kumpulan Resep Capcay Super Mudah dan Praktis

Pada waktu itu aneka sayuran dimasak bersama jerohan sebagai makanan yang sehat bagi masyarakat setempat. Sudah jelas bahwa capcay pada zaman dinasti Cina belum menggunakan protein dari bakso.

2. Capcay Diperkenalkan oleh Imigran Cina

Ada juga versi lain yang menjelaskan bahwa capcay merupakan sayuran yang diciptakan oleh warga imigran Cina yang berkelana di berbagai daerah, termasuk saat ke Amerika.

Capcay di Amerika lebih dikenal dengan sebutan chop-suey. Konon makanan ini lahir dari budaya kuliner Tiongkok yang dibawa oleh imigran asal Cina di Amerika.

Pada tanggal 29 Agustus 1896, capcay juga sempat ramai menjadi perbincangan warga Amerika, tepatnya saat Duta Besar Cina yang bernama Li Hung berkunjung ke New York. Pada saat itu, sang koki berusaha menghidangkan masakan yang sesuai dengan selera diplomat Cina dan Amerika. Oleh karena itu, lahirlah resep capcay goreng.

3. Munculnya Capcay Bakso yang Sangat Praktis

Seiring dengan perkembangan waktu, olahan capcay semakin beragam. Salah satu varian yang paling terkenal adalah resep capcay bakso. Sejarah capcay bakso berawal dari tujuan untuk membuat capcay dengan bahan protein yang lebih praktis. Oleh karena itu, orang-orang memilih bakso sebagai bahan protein yang praktis sebagai pengganti daging.

Baca Juga :  Resep Perkedel Tahu Sederhana

Resep capcay bakso ternyata disukai oleh banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia. Bahkan, varian capcay ini termasuk sayuran Chinese food yang paling populer. Hal ini terbukti dari berbagai restoran Tiongkok di Indonesia yang selalu menyajikan capcay bakso sebagai menu andalan mereka.

Itulah sejarah capcay bakso. Ternyata asal-usul capcay bakso cukup menarik untuk ditelsuri karena melibatkan budaya masyarakat. Sweet Couple tertarik untuk memasak capcay bakso? Mari ikuti langkah-langkahnya pada artikel resep capcay bakso super praktis. Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari Superaditr