Sejarah Jamu dan Perkembangannya di Indonesia

Sejarah jamu di Indonesia sangat menarik untuk diketahui. Jamu merupakan minuman berkhasiat dari Indonesia sebagai minuman kesehatan, yang dipercaya bisa mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit. Jamu disajikan dengan berbagai jenis, mengingat di Indonesia memiliki tanaman herbal berjumlah cukup banyak. Setiap daerah mempunyai jenis Jamu yang berbeda, menyesuaikan dengan tanaman herbal yng tumbuh didaerahnya. Seperti jamu beras kencur, jamu kunyit asam, dll.

Mengolah Jamu tidak terlalu rumit, kebanyakan hanya mengambil sari dari perasan tumbuhan herbal. Ada juga dengan ditumbuk. Seringkali berbahan dasar kunyit, temulawak, lengkuas, jahe, kencur, dan kayu manis. Khusus gula jawa, gula batu, dan jeruk nipis biasanya digunakan sebagai penambah rasa segar dan rasa manis.

Yuk, kita mengenal sejarah jamu di Indonesia!

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Sejarah Jamu di Indonesia

Sejarah Jamu dan Perkembangannya di Indonesia
Gambari diambil dari idntimes.com

Suatu teori menyatakan bahwa “jamu” terbentuk dari gabungan kata ‘Jawa’ dan ‘ngramu’ (yang memiliki arti  mencampur atau mengumpulkan), dan secara sederhana dapat diterjemahkan sebagai “ramuan yang dibuat oleh orang Jawa” atau “ramuan yang berasal dari Jawa”. 

Jamu, diduga berasal dari Kerajaan Mataram. Ilustrasi yang berhubungan dengan proses pembuatan jamu hadir di berbagai situs, misalnya situs arkeologi Liyangan dan kuda di relief Borobudur. Lalu terdapat Prasasti Madhawapura dari periode Majapahit menyebutkan profesi khusus peracik jamu yang disebut ’Acaraki’. 

Baca Juga :  Resep Empon-Empon untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Minuman kaya kandungan bermanfaat ini juga cukup identik dengan sosok wanita melalui pada penjual jamu gendong. Di daerah Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah, diyakini sebagai salah satu pusat tradisi jamu. Di kota ini pula wanita penjual jamu yang disebut ‘Mbok Jamu’ berasal. 

Pada umumnya, para peracik jamu berasal dari kaum ibu-ibu rumah tangga. Sambil mengurusi pekerjaan rumah, biasanya kaum ibu ini juga memiliki kegiatan sampingan meracik jamu bubuk untuk kemudian dijual. Seiring berjalannya waktu, Jamu tidak lagi identik dengan satu gender tertentu, di mana pemilik jamu dengan tampilan kiwari, Acaraki Jamu, merupakan seorang laki-laki.

Perkembangan Jamu Di Indonesia

Sejarah Jamu dan Perkembangannya di Indonesia
Gambar diambil dari idntimes.com

Seiring perkembangannya, tradisi minum Jamu sempat mengalami penurunan. Tepatnya saat pertama kali ilmu modern masuk ke Indonesia. Saat itu kampanye obat-obatan bersertifikat sukses mengubah pola pikir masyarakat Indonesia sehingga minat terhadap Jamu menurun. Selain soal standar atau sertifikat, khasiat dari Jamu pun turut dipertanyakan.

Pada masa penjajahan Jepang, sekitar tahun 1940-an, tradisi minum Jamu kembali populer karena telah dibentuknya komite Jamu Indonesia. Dengan begitu, kepercayaan khasiat terhadap Jamu kembali meningkat. Berjalannya waktu, penjualan Jamu pun menyesuaikan dengan teknologi, diantaranya telah banyak dikemas dalam bentuk pil, tablet, atau juga bubuk instan yang mudah diseduh. Saat itu berbenturan dengan menurunnya kondisi pertanian Indonesia yang mengakibatkan beralihnya ke dunia industri termasuk industri Jamu (baca: industri Fitofarmaka).

Baca Juga :  Resep Jamu Wejah untuk Ibu Menyusui

Tahun 1974 hingga 1990 banyak berdiri perusahaan Jamu dan semakin berkembang. Pada era itu juga ramai diadakan pembinaan-pembinaan dan pemberian bantuan dari Pemerintah agar pelaku industri Jamu dapat meningkatkan aktivitas produksinya.

Sejak pertama kali masyarakat Indonesia menggunakan Jamu sebagai minuman kesehatan hingga saat ini, pengolahan Jamu berdasarkan ilmu yang diajarkan secara turun-menurun. Namun saat ini, tradisi pengajaran pembuatan Jamu telah jarang dilakukan, sehingga penjualan Jamu gendong sudah jarang ditemukan. Sekarang ini, semakin sedikit anak muda yang ingin belajar membuat Jamu. Sebagian besar dari mereka berpikir untuk mendapatkan Jamu cukup dengan memanfaatkan Jamu yang dijual sachet dan instan.

Sejarah Jamu dan Perkembangannya di Indonesia
Gambar diambil dari Idntimes.com

Sangat menarik ya sejarah jamu di Indonesia dan perkembangannya. Kalau biasanya kita hanya mengkonsumsi minuman sehat ini, tapi sekarang kita pun tahu sejarah jamu di Indonesia seperti apa, dan juga perkembangan jamu di Indonesia.

Sweet Couple termasuk yang suka minum jamu? Mulai dari beras kencur, sampai jamu kunyit asam hampir semuanya populer dan jadi favorit.

Anda termasuk penggemar jamu apa nih?

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Resep disadur dari berbagai sumber