Sejarah Nugget yang Perlu Kamu Ketahui

Nugget merupakan olahan daging ayam atau sapi yang digiling dan dibentuk hingga dikukus agar teksturnya padat. Kemudian nugget yang telah dikukus perlu digoreng atau disimpan di lemari es.

Nugget saat ini termasuk makanan yang mengandung sumber protein favorit banyak orang. Hidangan ini sering disajikan karena terkesan lebih praktis dan bisa dijadikan bekal kemana saja.

Tidak bisa dipungkiri bahwa nugget semakin identik sebagai bekal anak sekolah bahkan pekerja kantoran. Nugget juga terkenal sebagai frozen food yang bisa dimasak oleh siapapun.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Tinggal keluarkan dari freezer dan goreng sampai matang, maka Sweet Couple akan menikmati kelezatan hidangan berprotein tinggi ini.

Sejarah Nugget

Kalau bicara soal nugget, apakah Anda mengetahui bagaimana sejarah nugget hingga populer di berbagai negara? Simak penjelasan di bawah ini!

1. Kemunculan Nugget saat Perang Dunia 2 Berakhir

Asal-usul nugget bermula pada masa Perang Dunia II berakhir. Sepanjang perang, ayam dan daging sapi merupakan sumber protein yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Amerika Serikat.

Produksi unggas yang berkembang pesat membuat harga jual di pasaran semakin murah. Namun, permintaan pasar dalam membeli ayam semakin menurun.

Baca Juga :  Resep Sup Ayam ala Pak Min Klaten

Daging ayam dianggap sebagai makanan yang kurang praktis untuk diolah. Oleh karena itu, dibutuhkan ide untuk meningkatkan kembali minat masyarakat dalam mengonsumsi ayam.

Berawal dari masalah tersebut, lahirlah olahan ayam yang praktis dan bersifat siap saji, yaitu nugget.

2. Perkembangan Produksi Nugget di Amerika Serikat

Dilansir dari Kumparan, Robert C. Baker dikenal sebagai ilmuwan pertanian yang menemukan nugget ayam. Tepatnya di laboratorium Universitas Cornell, pada tahun 1963, Robert menciptakan salah satu sajian tersebut.

Selain produksi nugget ayam, Baker juga diketahui telah mengembangkan produksi makanan lain, seperti ham kalkun dan hotdog ayam. Jadi, secara tidak langsung, ia juga membantu memperluas industri unggas di AS.

3. Lahirnya Inovasi berupa Nugget Sapi

Sejarah nugget berlanjut dengan perkembangan pengolahannya yang menggunakan bahan selain ayam.

Seiring dengan perkembangan waktu, nugget ayam mulai terkenal dan diekspor dari Amerika Serikat ke berbagai negara.

Kemudian muncul juga inovasi nugget yang menggunakan bahan utama daging sapi. Cara mengolahnya tidak berbeda dengan nugget ayam.

Cita rasa nugget sapi tidak kalah lezatnya dengan olahan ayam. Sweet Couple bisa membuktikannya dengan mencoba resep nugget sapi olahan rumahan.

Informasi disadur dari Kumparan.com