Sejarah Pizza Hingga Populer ke Seluruh Dunia

Pizza merupakan salah satu makanan yang terkenal di berbagai negara. Roti dengan topping daging dan bahan lainnya ini dikenal sebagai makanan khas Italia.

Jika menelusuri asal-usulnya, ternyata pizza memiliki sejarah yang panjang dari masa ke masa. Resep pizza juga terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Masyarakat di Indonesia cukup familiar dan banyak yang menyukai hidangan Italia ini. Bahkan, mulai banyak orang yang menyajikan sendiri pizza ala rumahan, seperti resep pizza teflon, pizza panggang, dan lain sebagainya.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Simak penjelasan selengkapnya mengenai asal-usul atau sejarah pizza berikut ini.

Sejarah Pizza

Dalam bahasa Latin, istilah pizza mulai didengar masyarakat sekitar tahun 977. Dalam bahasa Italia, kata pizza berarti roti atau pie.

Pada awalnya pizza merupakan adonan yang digunakan oleh tukang roti atau pembuat kue untuk menentukan temperatur oven.

Jadi, para koki saat itu dapat mengetahui temperatur oven sudah panas melalui adonan yang mereka masukkan. Dapat dikatakan bahwa pizza tidak memiliki keistimewaan pada beberapa abad yang lalu.

Pada abad ke-16, pizza hanya disajikan dengan topping mayonaise putih. Saat itu pizza jauh dari kemewahan dan termasuk makanan masyarakat kalangan bawah di Eropa.

Baca Juga :  Kumpulan Resep Pizza Mini Praktis untuk Santapan di Rumah

Pada tahun 1889 terjadi terobosan besar dalam pembuatan pizza. Koki asal Italia yang bernama Raffaele Esposito menciptakan pizza margherita yang terdiri dari topping tomat, keju mozarela, dan basil yang berwarna hijau sehingga melambangkan warna bendera Italia. Pizza ini dihidangkan sebagai bentuk penghormatan kepada Ratu Margherita.

Esposito dikenal sebagai koki pertama yang membuat inovasi pizza berupa tambahan keju. Ternyata banyak orang yang lebih menyukai pizza dengan topping keju, termasuk kaum bangsawan.

Itulah sejarah pizza, mulai dari adonan roti biasa hingga menjadi hidangan mewah yang mendunia. Sejarah pizza ala Esposito menjadi cikal bakal pizza yang semakin variatif sampai saat ini. Namun, jika menelusuri rentang waktu yang lebih jauh, konon makanan sejenis pizza sudah dikenal oleh masyarakat Yunani dan Mesir Kuno.

Saat ini pizza merupakan hidangan yang populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Sweet Couple sebenarnya juga bisa membuat sendiri pizza ala rumahan yang rasanya tidak kalah enak dari pizza ala Italia.

Tidak perlu repot-repot untuk memanggang di oven, Anda bisa memasak pizza yang lebih praktis dengan teflon. Kalau penasaran dengan cara membuatnya, Sweet Couple dapat mengikuti langkah-langkahnya pada artikel resep pizza teflon super lezat. Selamat mencoba!

Artikel disadur dari tirto.id