5 Tips Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama

Menyimpan daging kurban merupakan salah satu hal yang wajib diketahui oleh banyak orang. Masih banyak orang yang belum mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan agar daging kurban yang didapatkan bisa bertahan lama.

Hari raya idul adha adalah salah satu hari raya besar yang dilakukan oleh umat muslim. Hari raya ini dikenal dengan melakukan qurban kambing dan sapi. Setelah melakukan kurban, daging dari hewan yang telah disembelih tersebut dibagikan kepada warga sekitar, orang yang membutuhkan, dan juga orang yang berkurban.

Daging yang telah dibagikan biasanya diolah menjadi berbagai macam makanan. Namun daging tersebut tidak diolah secara keseluruhan, dan ada yang disimpan terlebih dahulu. Cara menyimpan inilah yang harus dilakukan dengan benar agar daging tersebut masih enak apabila dimasak.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Menyimpan Daging Kurban

Menyimpan daging kurban ini sendiri harus benar-benar disimpan dengan benar. Berikut adalah 5 rekomendasi cara menyimpan daging kurban:

1. Tidak Mencuci Daging

5 Tips Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama
Gambar diambil dari sajiansedap.grid.id

Daging yang didapatkan saat melakukan kurban ini sangat disarankan untuk tidak dicuci apabila ingin disimpan. Mencuci daging sebelum disimpan ini malah membuat bakteri sangat mudah masuk melalui pori-pori daging. Selain bakteri mudah masuk, daging yang dicuci sebelum disimpan akan membuat daging menjadi mudah bau dan menghasilkan rasa yang kurang enak saat ingin dimasak.

Baca Juga :  Resep Daging Kambing Goreng

Dicuci ini sangat diharuskan apabila daging tersebut ingin segera dimasak. Namun apabila daging tersebut diambil dari freezer dan daging membeku, harus didiamkan hingga daging tidak membeku terlebih dahulu. Simpan daging dalam freezer yang sangat dingin sehingga daging bisa membeku dan menjadi tahan lama.

2. Simpan Dalam Wadah Tertutup

5 Tips Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama
Gambar diambil dari portalyogya.com

Wadah tertutup rapat sangat dibutuhkan untuk menyimpan daging kurban tersebut sebelum dimasukkan ke delam freezer. Wadah ini berguna agar daging yang tersimpan menjadi sangat awet dan tahan lama.

Usahakan untuk tidak menyimpannya di dalam plastik, dan akan lebih baik jika menyimpan beberapa potong daging pada beberapa bagian yang berbeda. Pilih jenis wadah yang sudah food grade dan keamanannya sudah terjamin.

3. Berikan Catatan Tanggal

5 Tips Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama
Gambar diambil dari masakapahariini.com

Memberikan catatan tanggal pada daging yang sudah dipisahkan dan sudah siap untuk disimpan merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan agar tidak lupa daging tersebut sudah disimpan berapa lama.

Memberikan tanggal ini hanyalah salah satu alternatif agar kita tidak lupa. Selain penanggalan, indra penciuman adalah hal pertama untuk merasakan daging tersebut masih segar atau tidak. Maka dari itu, tetap mengutamakan indra penciuman ya sweet couple!

Baca Juga :  Resep Kue Nastar 1 Kg, Super Praktis untuk Jualan Hari Raya

4. Memisahkan Daging dengan Jeroan

5 Tips Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama
Gambar diambil dari era.id

Memisahkan bagian daging dan jeroan ini juga adalah hal yang penting agar daging tidak bau dan tidak mudah basi. Pada dasarnya, jeroan ini lebih cepat dan mudah rusak apabila dibandingkan dengan daging.

Maka dari itu, apabila sweet couple tidak ingin daging kurban kalian cepat rusak dan basi, alangkah baiknya untuk memisahkan terlebih dahulu bagian-bagiannya. Tujuan lainnya dari pemisahan ini adalah, untuk menghindari kontaminasi silang antara jeroan dengan daging.

5. Mengatur Suhu Freezer dengan Tepat

5 Tips Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama
Gambar diambil dari Kompas.com

Freezer yang digunakan untuk menyimpan daging kurban ini ternyata juga harus diatur guna menjaga daging agar tetap segar dan memiliki rasa yang nikmat. Suhu yang dianjurkan untuk menyimpan daging adalah -18 derajat celcius.

Pada suhu ini, mikroba seperti bakteri dan jamur akan mati sehingga kualitas daging lebih terjaga. Perhatikan juga agar kita tidak membekukan kembali daging yang sebelumnya telah dibekukan namun tidak jadi diolah.

Nah itu adalah 5 Tips yang harus diperhatikan apabila ingin menyimpan daging yang didapatkan saat kurban. Sweet couple tau atau belum nih? Semoga yang belum tahu, jadi tahu dan tidak sembarangan lagi ya dalam menyimpan daging!

Baca Juga :  Resep Steak Sapi Juicy dan Empuk Spesial Masakan Idul Adha

Selamat Idul Adha!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari beberapa artikel