Tips Memotong Ayam Super Praktis untuk Pemula

Memotong ayam tentu sudah menjadi kegiatan yang tidak asing lagi untuk Sweet Couple. Bagi Anda yang gemar memasak ayam, tak jarang melakukan kegiatan yang satu ini.

Bila ingin yang praktis, tentu cukup membeli ayam potong yang sudah dipotong-potong oleh tukang ayam. Cara ini lebih mudah sehingga Anda tak usah lagi ribet-ribet memotong ataupun memisahkan bagian-bagian ayam saat berada di rumah. Kita tinggal mengolahnya menjadi aneka resep seperti ayam goreng mentega yang gurih.

Namun, ada beberapa tempat ataupun masakan yang mengharuskan kita membeli ayam dalam bentuk utuh alias satu ekor. Seperti saat hendak membuat kaldu ayam, soto, atau ketika sedang acara besar dan butuh ayam ukuran besar serta banyak.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Rupanya masih banyak di antara kita yang belum tahu cara memotong ayam dengan praktis. Padahal, kegiatan ini bakal sering dilakukan terutama jika hendak membuat olahan ayam. Tidak mau dong ya jika kita harus berepot-repot terus menerus minta bantuan orang lain untuk memotong ayam?

Biar Sweet Couple makin tahu, kami berikan sejumlah tips memotong ayam super praktis untuk pemula. Apa saja sih tipsnya? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Tips Memotong Ayam 1: Gunakan Pisau yang Baik dan Berkualitas

Tips memotong ayam yang pertama tentu saja dimulai dari alat yang digunakan. Gunakanlah pisau yang baik dan berkualitas untuk memotong apapun termasuk ayam.

Seperti apa sih pisau yang baik dan berkualitas itu? Tentunya bahan-bahan pisau tersebut awet, bagus, dan tahan lama. Lalu, pisau juga harus tajam bagian mata pisaunya agar mampu memotong setiap bagian ayam dengan mudah. Tak hanya itu, usahakan untuk menggunakan pisau stainless steel dan antibakteri agar tetap awet dan makanan yang dipotong tetap terjaga kebersihannya. Tak mau kan bila makanan jadi tidak higienis karena alat yang kotor?

Lantas, pisau seperti apa sih yang cocok dengan spesifikasi tersebut? Anda bisa menggunakan Knife Set J13 warna hitam yang satu ini. Satu set pisau terdiri dari 5 buah pisau yang berbeda-beda yakni pisau dapur, pisau koki, pisau roti, pisau slice, pisau utilitas, dan pisau pengupas. Tampilannya mewah dengan lapisan granit dan antilengket. Genggamannya pun nyaman karena antiselip. Tak hanya itu, pisau ini juga stainless steel dan antibakteri loh sehingga dijamin awet serta aman untuk digunakan. Menarik sekali ya!

Baca Juga :  Resep Ayam Geprek Sambal Bawang

Tips Memotong Ayam 2: Potong Ekor dan Buang Tulang Punggung Ayam

Tips memotong ayam yang berikutnya yakni potonglah mulai dari bagian ekor ayam. Potong bagian brutu/ekornya terlebih dahulu. Potong secara vertikal dari bawah ke atas. Selanjutnya, bagian tulang punggung yang tersisa bisa langsung Anda buang. Namun, Anda bisa juga mengolah tulang punggung menjadi kaldu ayam bila hendak membuat hidangan seperti soto ayam.

Tips Memotong Ayam 3: Sesuaikan Potongan Ayam dengan Jumlah Potongan yang Diinginkan

Jika ayam sudah dipotong menjadi 2 bagian besar, maka hal yang selanjutnya perlu Anda lakukan yakni sesuaikan dengan jumlah potongan yang Anda inginkan. Biasanya, ayam dipotong-potong menjadi 2 bagian, 4 bagian, 8 bagian, atau 18 bagian. Bagian-bagian yang menjadi potongan biasanya dada, sayap, paha atas, dan paha bawah. Anda tinggal memotongnya sesuai porsi makanan yang hendak dibuat.

Tips Memotong Ayam 4: Potong Ayam dengan Posisi Punggung di Bawah

Usahakan memotong ayam dengan posisi punggung di bagian bawah. Kemudian, tarik pisau mulai dari bagian dada ayam hingga terkuak bagian dalam-dalamnya. Hal ini agar lebih mudah dipotong dan posisi tulang punggung tetap di bagian bawah sebagai tumpuan ayam saat dipotong.

Baca Juga :  Resep Ayam Goreng Mentega Super Praktis

Tips Memotong Ayam 5: Potong Ayam di Bagian Sendi/Sambungan

Agar semakin mudah, maka potonglah ayam di bagian sendi atau persambungan. Mengapa demikian? Hal ini agar ayam lebih mudah lepas saat dipotong. Tentu Anda tak ingin kan ayam susah dipotong karena salah bagian saat memotong. Bagian sendi biasanya lebih fleksibel dan mudah terlepas serta tidak sekeras bagian tulang lainnya.

Itulah sejumlah tips memotong ayam yang bisa Anda coba lakukan di rumah. Kalau sudah tahu, pastinya Anda tak akan salah lagi dalam memotong-motong dan mengolah ayam. Hasilnya tentu akan lebih baik dan maksimal. Ayam juga akan lebih lezat rasanya.

Jadi, siap untuk memotong-motong ayam?

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari resepkoki.id dan review.bukalapak.com