Tips Naik Kendaraan Umum Saat Pandemi Corona

Siapa di sini yang sering naik kendaraan umum? Pastinya banyak dong ya. Kehadiran kendaraan umum tentu sangat membantu mobilitas masyarakat. Apalagi buat Sweet Couple yang suka jalan-jalan, pastinya kendaraan umum menjadi kendaraan favorit karena murah, nyaman, dan aman.

Namun, di saat pandemi Corona ini kendaraan umum masih dibatasi. Tak hanya itu, masih banyak orang yang takut naik kendaraan umum karena takut tertular virus Corona saat pandemi Corona ini. Wajar saja karena kendaraan umum membuat kita bertemu lebih banyak orang dan mungkin agak sulit untuk social distancing di dalamnya.

Nah, biar Sweet Couple lebih aman naik kendaraan umum saat pandemi Corona, kami akan berikan tips naik kendaraan umum saat pandemi Corona ini. Yuk langsung saja simak tips naik kendaraan umum saat pandemi Corona berikut ini!

1. Pakai Masker

Tips naik kendaraan umum saat pandemi Corona yakni pakai masker. Di masa pandemi virus Corona seperti sekarang ini, rasanya pakai masker sudah menjadi semacam kewajiban. Gak afdol rasanya jika keluar rumah tidak pakai masker. Tentunya pakai masker yang nyaman dan bisa menghalau partikel-partikel kecil agar aman dari debu ya.

Selain demi menghindari terkena virus, dengan pakai masker maka kita jadi merasa lebih aman. Setidaknya Anda butuh rasa aman saat berada di luar rumah, terutama ketika naik kendaraan umum di pandemi Corona ini bukan?

2. Selalu bawa New Normal Starter Kit

Tips naik kendaraan umum saat pandemi Corona yang kedua yaitu selalu bawa new normal starter kit. Sweet Couple pasti sudah paham dong New Normal Starter Kit? Hand Sanitizer, tissue, lap, dan sabun cuci tangan. Barang-barang itu memang bukanlah tameng utama untuk menangkis virus Corona, tetapi setidaknya kita bisa mencegah untuk terhindar dari bakteri, kuman, dan virus. Apalagi di kendaraan umum yang mana kita ada kemungkinan memegang barang-barang yang bekas dipegang orang lain, pastinya new normal starter kit akan membuat Sweet Couple lebih aman.

3. Jangan Keseringan Memegang Barang di Kendaraan Umum

Tips naik kendaraan umum saat pandemi Corona yang ketiga yakni jangan terlalu sering memegang atau menyentuh barang di kendaraan umum. Ya kita semua tahu bahwa yang namanya kendaraan umum itu digunakan oleh masyarakat umum, artinya orang-orang dari berbagai kalangan menggunakannya. Hal itu juga berarti kita akan lebih banyak bertemu orang di kendaraan umum.

Di kendaraan umum, barang-barang yang ada di dalamnya kemungkinan lebih banyak dan sering disentuh oleh berbagai orang. Tentu saja kita tidak tahu apakah tangan orang tersebut bersih atau tidak. Pastinya barang-barang di sana juga tidak steril. Oleh karena itu, demi menghindari bakteri, kuman, dan virus, termasuk Corona, hindari menyentuh barang-barang di kendaraan umum ya.

4. Cuci Tangan Setelah Naik Kendaraan Umum

Tips naik kendaraan umum saat pandemi Corona adalah jangan lupa cuci tangan setelah naik kendaraaan umum. Mengapa demikian? Karena di kendaraan umum kemungkinan besar tangan kita menyentuh benda-benda yang juga sudah disentuh banyak orang. Pastinya benda-benda tersebut tidak steril dan ada banyak bakteri, kuman, serta virus di permukaannya.

Cuci tangan itu penting karena sebagian besar bakteri, kuman, dan virus masuk ke dalam tubuh melalui tangan. Oleh karena itu, rajinlah mencuci tangan terutama setelah naik kendaraan umum.

5. Tetap Jaga Jarak dengan Orang Lain

Tips naik kendaraan umum saat pandemi Corona yang juga tetap harus diingat adalah tetap jaga jarak dengan orang lain. Ya, memang sih saat di kendaraan umum akan ada banyak orang, tetapi kita juga tetap harus ikuti aturan untuk jaga jarak. Jadi, jika kita merasa kendaraan umum yang akan kita naiki terlalu penuh dan sulit untuk jaga jarak, maka alangkah baiknya untuk tidak menaikinya.

6. Selalu cek jadwal operasional kendaraan umum

Tips naik kendaraan umum saat pandemi Corona yang terakhir dan penting adalah selalu cek jadwal operasional kendaraan umum yang akan Anda naiki. Saat pandemi Corona seperti ini, biasanya ada perubahan jadwal operasional kendaraan umum. Hal ini karena jumlah penumpang yang berkurang serta adanya pembatasan sosial berskala besar dari pemerintah setempat.

Jadi jangan sampai Sweet Couple tidak up to date dengan jadwal operasional kendaraan umum. Kan ga lucu ya ketinggalan bus atau kereta hanya karena adanya perubahan jadwal operasional kendaraan umum selama pandemi Corona ini.

Itulah sejumlah tips naik kendaraan umum saat pandemi Corona yang bisa Sweet Couple terapkan. Berguna banget kan untuk Sweet Couple yang masih bergantung dengan kendaraan umum selama pandemi Corona?

Pastinya, selalu ikuti aturan protokol kesehatan yang ada dan selalu jaga kebersihan diri selama naik kendaraan umum saat pandemi Corona. Jika memang sedang tidak enak badan, maka tidak usah naik kendaraan umum. Jika memang masih parno, maka lebih baik untuk naik kendaraan pribadi atau taksi. Yang penting Sweet Couple harus merasa aman dahulu, baru deh naik kendaraan umum.

Yuk naik kendaraan umum dengan aman saat pandemi Corona ini!