5 Jenis Udang Laut yang Bergizi

Sebagian besar masyarakat di Indonesia memang menyukai olahan udang laut. Selain nikmat dan gurih, terdapat beberapa jenis udang laut yang bergizi sehingga berguna dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.

Setiap jenis udang memiliki ciri-ciri dan kandungan gizi yang berbeda. Sweet Couple suka makan olahan udang, seperti tomyam, udang bakar, dan lain sebagainya? Hidangan tersebut tentunya memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, sesuai dengan jenis udangnya.

Berikut ini terdapat 5 jenis udang laut yang bergizi. Tak hanya mengandung banyak gizi, aneka udang ini juga dapat diolah menjadi berbagai makanan yang lezat, gurih, dan menggiurkan. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

1. Udang Rebon

Sweet Couple suka makan rempeyek udang, abon, dan botok? Hidangan tersebut biasanya menggunakan jenis udang rebon. Udang rebon memiliki ukuran yang lebih kecil daripada jenis udang laut lainnya.

Udang dengan ukuran kisaran 3 cm ini memiliki termasuk jenis udang laut yang bergizi. Udang rebon mengandung protein yang tinggi. Oleh karena itu, makanan ini cocok dikonsumsi untuk membantu masa pertumbuhan, khususnya pada anak-anak.

Selain diolah menjadi peyek dan abon, udang laut yang bergizi ini digunakan sebagai beberapa bahan masakan, yaitu sambal terasi, sambal udang, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Resep Nasi Tomyam Udang

2. Udang Jerbung

Jenis udang laut yang bergizi berikutnya adalah udang jerbung. Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan udang jerbung. Udang jerbung banyak ditemukan di pasar tradisional, supermarket, dan lain-lain.

Udang jerbung merupakan bahan utama masakan sehari-hari, seperti resep tomyam, udang goreng tepung, udang asam manis, dan masih banyak lagi. Jerbung merupakan jenis udang lain yang kaya akan omega 3 dan omega 6. Kandungan tersebut tentunya bermanfaat untuk membantu perkembangan otak.

Udnag tersebut cukup praktis untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan karena teksturnya cenderung padat dan mudah dibersihkan. Adapun beberapa tips memilih udang jerbung yang segar, yaitu udang yang warnanya lebih cerah, kepala udang masih menyatu dengan tubuhnya, dan tidak ada aroma yang cenderung busuk.

3. Udang Kipas

Jika dilihat sekilas, bentuk udang kipas menyerupai lobster. Namun, ukuran udang kipas jauh lebih kecil dibandingkan dengan lobster.

Udang kipas biasanya diolah menjadi udang balado atau bumbu pedas lainnya. Kalau Anda menyukai udang saus padang, biasanya makanan ini menggunakan udang kipas. Sama seperti udang jerbung dan rebon, udang kipas termasuk jenis udang laut yang bergizi.

4. Udang Peci

Ada juga varian lain dari udang jerbung dan termasuk jenis udang laut yang bergizi, yaitu udang peci. Udang peci biasanya berwarna putih dan terdapat bintik-bintik di sekitar tubuhnya.

Baca Juga :  6 Masakan Berkuah Segar yang Paling Mudah untuk Dibuat

Udang peci pada umumnya dijadikan bahan utama dalam mengolah bakwan udang, udang goreng tepung, dan lain-lainnya.

5. Udang Pancet

Jenis udang laut yang bergizi berikutnya adalah udang pancet. Udang ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan jenis udang lainnya.

Udang pancet memiliki kulit yang cenderung tebal dengan warna kemerahan atau hijau. Jenis udang ini cukup banyak dan mudah ditemukan di sepanjang Pantai Asia Tenggara dan Australia. Sweet Couple sering makan tempura udang? Biasanya hidangan ini menggunakan jenis udang pancet.

Itulah 5 jenis udang laut yang bergizi. Bagaimanapun, udang harus dikonsumsi secukupnya demi menjaga kolesterol. Selain bergizi, aneka udang tersebut dapat diolah menjadi berbagai varian makanan sehari-hari, seperti tomyam, udang bakar, udang goreng tepung, dan masih banyak lagi.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari Merdeka.com