5 Wilayah di Dunia yang Terkenal dengan Masakan Berempah

Kekayaan kuliner setiap negara di dunia memang beragam. Salah satunya masakan berempah. Rempah-rempah sudah ada sejak dulu kala dan banyak digunakan dalam masakan, entah itu sebagai bumbu penyedap atau bahan utama dari masakan tersebut.

Kehadiran rempah-rempah pada masa lampau begitu berharga bahkan mampu mengalahkan emas. Banyak penjelajah dunia yang mengarungi setiap sudut dunia demi memperoleh rempah-rempah. Hal ini juga yang menghasilkan kolonialisme dan imperialisme di banyak tempat, termasuk Indonesia.

Dari seluruh wilayah di dunia, ada 5 wilayah yang terkenal dengan masakan berempah. Wilayah ini dikenal sebagai gudang rempah-rempah dunia. Mereka tak hanya menghasilkan rempah-rempah, tetapi juga masakan berempah yang begitu menggugah selera.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Wilayah mana sajakah yang terkenal akan masakan berempah? Tentunya Indonesia sudah pasti masuk. Namun, Sweet Couple pasti penasaran dengan yang lainnya.

Yuk langsung saja simak 5 wilayah di dunia yang terkenal dengan masakan berempah berikut ini!

1. Masakan India

Gambar diambil dari unsplash.com/eastcoastkitchen

Wilayah di dunia yang terkenal dengan masakan berempah adalah India. Ya, siapapun yang teringat masakan berempah pasti akan langsung teringat juga dengan India. Apalagi masakan India juga banyak dikenal oleh masyarakat dunia.

India terkenal akan beragam rempah sejak masa lampau. Beberapa rempah asli India yakni kapulaga, biji mustar, dan jintan. Bahkan rempah di India dikenal pula sebagai garam masala. Garam berarti panas dan masala berarti rempah, artinya yakni rempah yang mampu menghangatkan tubuh.

Rempah-rempah banyak diperdagangkan sekaligus digunakan sebagai bahan utama dalam masakan India. Tak heran bila masakan India memiliki citarasa rempah yang sangat kuat. Bagi yang tidak terbiasa, mungkin tidak akan menyukainya.

Apa saja masakan India yang terkenal akan bumbu rempahnya? Paling terkenal adalah kari, mulai dari kari ayam hingga kari kambing. Selain itu, ada juga Ayam Tandoori dan Nasi Biryani yang juga banyak dikenal oleh masyarakat tanah air.

Baca Juga :  Resep Soto Ayam Lamongan yang Nikmatnya Tiada Tara

2. Masakan Timur Tengah dan Afrika Utara

Gambar diambil dari unsplash.com/victoriakosmo

Wilayah lain di dunia yang juga terkenal dengan masakan berempah yakni Timur Tengah dan Afrika Utara. Kedua wilayah ini tak bisa dipisahkan satu sama lain karena keduanya berdekatan serta memiliki kebudayaan yang mirip, termasuk dalam hal masakan.

Masakan Timur Tengah dan Afrika Utara dikenal memiliki aroma dan bumbu rempah yang kuat. Hidangannya pun didominasi oleh daging domba dan kambing. Hasil makanan paling terkenal dari wilayah tersebut yakni kebab dan kambing panggang.

Rempah-rempah yang digunakan dalam masakan Timur Tengah dan Afrika Utara mungkin akan terdengar berbeda dengan yang biasa Sweet Couple kenal di Indonesia. Anda akan menemukan rempah-rempah seperti Isot (Lada Turki), Biji Nigella, Bubuk Sumac, dan Oregano Kering. Hmmm… asing sekali ya rasanya.

Walau demikian, rempah-rempah tersebut memiliki fungsi yang sama dengan rempah pada umumnya. Mereka berfungsi untuk menambah citarasa masakan, memperkuat rasa, dan memberi efek hangat pada badan. Tanpa kehadiran mereka, citarasa masakan Timur Tengah dan Afrika Utara tidak akan sekuat ini.

3. Masakan Amerika Latin

Gambar diambil dari unsplash.com/randyfath

Siapa bilang masakan berempah hanya ada di Asia dan Afrika? Sweet Couple juga bisa menemukannya di wilayah Amerika Latin terutama Meksiko, negara-negara Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Masakan di sana terkenal akan bumbu rempahnya, walau tidak sekuat di Asia.

Kehadiran rempah dalam masakan Amerika Latin tak lepas dari pengaruh kebudayaan masa lampau seperti Aztec, Maya, dan Inca. Ditambah lagi dengan kehadiran bangsa Eropa yang sempat melakukan kolonialisme dan imperialisme di wilayah tersebut. Terjadi pertukaran budaya membuat citarasa masakan di wilayah ini lebih kaya dibanding Amerika Utara.

Rempah Amerika Latin yang terkenal tentu saja cabai dan paprika. Yang paling fenomenal adalah Jalapeno dan Habanero. Keduanya dikenal sebagai varian cabai terpedas di dunia. Ada juga chipotle yakni jenis cabai kering berukuran besar dan memiliki citarasa pedas. Ada yang menyebutnya sebagai smoked jalapeno karena biasanya dipanggang dan dikeringkan.

Baca Juga :  Resep Soto Ayam Santan Enaknya Kebangetan

Ternyata yang doyan masakan berempah dan pedas tak hanya Asia ya Sweet Couple.

4. Masakan Thailand

Gambar diambil dari unsplash.com/MadMax Chef

Sebagai salah satu negara Asia Tenggara, Thailand dikenal dengan kekayaan kulinernya. Kulinernya tak hanya dikenal lezat, tetapi juga memiliki citarasa rempah yang kuat. Tak jarang, Anda akan menemukan masakan Thailand yang citarasanya pedas dan cocok di lidah Indonesia.

Rempah-rempah yang digunakan dalam masakan Thailand tidak beda jauh dengan yang biasa digunakan di tanah air. Anda akan menemukan cabai rawit, cabai merah, kunyit, santan, jahe, terasi, bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan serai. Pastinya Anda sudah familiar kan dengan rempah-rempah tersebut?

Masakan Thailand juga telah mendunia dan banyak ditemukan di berbagai tempat. Mulai dari tom yum, pad thai, khao pad, dan kari hijau serta merah. Semuanya memiliki citarasa lezat dengan bumbu rempah yang kuat.

Jadi ingin makan masakan Thailand ya rasanya.

5. Masakan Indonesia

Gambar diambil dari unsplash.com/baiqdaling

Berbicara mengenai masakan berempah, tidak afdol bila tidak menyinggung negeri sendiri alias Indonesia. Ya, negeri ini sudah lama terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya sejak zaman dulu. Itulah yang membuat Indonesia begitu mahsyur hingga menarik kedatangan bangsa Eropa untuk mengambil rempah-rempah di sini.

Salah satu rempah paling terkenal Indonesia adalah Pala yang berasal dari Kepulauan Banda, Maluku. Pala bahkan sempat dihargai melebihi emas dan membuat banyak orang berbondong-bondong mendapatkannya. Wajar saja, dulu Pala hanya ada di Indonesia dan dianggap mampu menyembuhkan wabah penyakit “Black Death” di Eropa.

Jangan lupakan pula cabai. Cabai di Indonesia terkenal pedas dan sering diolah menjadi aneka ragam sambal yang menggugah selera. Tak lengkap jika makan tanpa menggunakan sambal.

Baca Juga :  Resep Sambal Andaliman khas Batak yang Pedasnya Unik Menggigit

Masakan Indonesia dikenal beraroma kuat, berbumbu rempah, dan pedas. Hal ini karena penggunaan bumbu rempah yang begitu kaya dalam setiap masakannya. Dalam sekali masak, minimal kita akan menggunakan bawang putih, bawang merah, garam, dan cabai. Belum lagi jika memasak hidangan seperti soto yang membutuhkan jahe, kunyit, lengkuas, serai, dan lain sebagainya.

Mayoritas masakan Indonesia memang berbumbu kuat, tetapi ada beberapa wilayah di Indonesia yang dikenal dengan citarasa bumbu yang kuatnya dominan. Di antaranya adalah Masakan Aceh, Masakan Batak, Masakan Minangkabau, Masakan Bali, dan Masakan Minahasa.

Masakan Aceh, Batak, dan Minangkabau banyak dipengaruhi oleh bangsa India dan Timur Tengah. Masakan Bali memiliki citarasa rempah kuat karena penggunaan bumbu dan rempah yang kompleks. Sedangkan Masakan Minahasa dikenal luar biasa pedas, bahkan melebih standar kebanyakan orang Indonesia karena penggunaan cabai yang sangat banyak serta adanya daging yang bagi sebagian orang tergolong ekstrim seperti kelelawar dan tikus hutan.

Apapun itu, Indonesia adalah surganya masakan berempah. Rempah membuat bangsa kita berjaya dan rempah pula yang membuat kuliner kita begitu kaya serta lezat. Semua setuju kan jika masakan Indonesia itu lezat-lezat?

Itulah 5 wilayah di dunia yang terkenal dengan masakan berempah. Ternyata bukan hanya bangsa Indonesia ya yang suka masakan berempah.

Bangga dan bersyukur sekali ya Indonesia masuk dalam jajarannya. Oleh karena itu kita lestarikan yuk kekayaan kuliner tanah air mulai dari sekarang.

Apa cara termudah untuk melestarikan kekayaan kuliner dan rempah tanah air? Caranya tentu saja dengan makan makanan Indonesia dan membuat resep makanan Indonesia.

Yuk terus berkreasi dengan masakan khas Nusantara!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari id.wikipedia.or, endeus.tv, dan idntimes.com