5 Dekorasi Imlek yang Diyakini Membawa Keberuntungan

Tahun Baru Imlek 2023 sudah dekat. Inilah saatnya Sweet Couple untuk menghias rumah dengan dekorasi khas Imlek yang biasanya serba merah. Ada beberapa ide untuk menempatkan dekorasi Imlek demi memberikan suasana baru di rumah. Selain itu, ide baru juga bisa membuat dekorasi Imlek yang biasanya bernuansa tradisional, menjadi dekorasi dengan sentuhan modern dan kontemporer.

Selalu ada harapan baik yang ingin disampaikan lewat pernak-pernik Imlek. Misalnya lampion merah yang kerap menghiasi jalan, rumah dan pusat perbelanjaan diyakini bisa mengusir segala nasib buruk bagi si empunya tempat. Selain lampion, yuk intip 5 dekorasi Imlek berikut ini yang dipercaya membawa keberuntungan bagi pemiliknya!

5 Dekorasi Imlek yang Diyakini Membawa Keberuntungan

1. “Fu” terbalik membawa lebih banyak keberuntungan

5 Dekorasi Imlek yang Diyakini Membawa Keberuntungan
Gambar diambil dari Kompas.com

Dalam bahasa Mandarin, karakter Fu memiliki arti keberuntungan. Saat Imlek, posisisnya dipasang terbalik. Posisi seperti itu diyakini dapat membuat keberuntungan tersebut mengalir di bangunan tempat “Fu” diletakkan.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

2. Ukiran kertas, ornamen keberuntungan dan kebahagiaan

5 Dekorasi Imlek yang Diyakini Membawa Keberuntungan
Gambar diambil dari touchchinese.com

Ornamen ukiran kertas ini biasanya ditempel pada permukaan yang bening seperti jendela kaca rumah masyarakat keturunan Tionghoa. Mereka percaya bahwa menggantungkan potongan kertas berwarna merah di depan pintu dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan bagi seluruh penghuni rumah.

Baca Juga :  Resep Kue Ku Super Imut untuk Imlek

Menariknya, saat perayaan Tahun Baru Imlek, ornamen ini bahkan sering diberikan sebagai hadiah kepada teman dan keluarga. Menurut tradisi China, potongan kertas tersebut melambangkan banyak aspek kehidupan, seperti kebahagiaan, umur panjang, hingga hasil panen yang baik.

3. Kuplet di pintu untuk harapan baik tahun mendatang

5 Dekorasi Imlek yang Diyakini Membawa Keberuntungan
Gambar diambil dari Kompas.com

Kuplet, atau Shunlian dalam bahasa Mandarin, adalah tulisan kaligrafi Mandarin yang dilukis menggunakan tinta hitam di atas kertas merah. Biasanya tulisan ini ditempel berpasangan di sisi kiri dan kanan pintu rumah, serta mengandung ungkapan Selamat Tahun Baru yang berisi harapan untuk kehidupan lebih baik tahun mendatang.

4. Lukisan Tahun Baru Imlek

5 Dekorasi Imlek yang Diyakini Membawa Keberuntungan
Gambar diambil dari dailyartmagazine.com

Lukisan Tahun Baru merupakan banhua yang populer di China. Banhua ialah istilah dalam bahasa Mandarin untuk setiap karya seni cetak, terutama pada cetakan balok kayu.

Awalnya banhua adalah gambar dewa pintu, sebagai penjaga pintu dan gerbang. Orang-orang percaya bahwa dewa pintu dapat melindungi mereka dari pengaruh jahat dan mendorong masuknya pengaruh positif ke dalam rumah.

5. Pohon Kumquat, harapan untuk kekayaan dan keberuntungan

5 Dekorasi Imlek yang Diyakini Membawa Keberuntungan
Gambar diambil dari Kompas.com

Dalam bahasa Kanton, kumquat disebut gam gat sue. Kata gam adalah istilah untuk ’emas’, dan kata gat terdengar seperti ‘keberuntungan’. Masyarakat keturunan Tionghoa ternyata memajang pohon Kumquat juga untuk dikonsumsi buahnya. Selain itu, pohon kumquat juga menjadi elemen dekorasi yang diyakini dapat mendatangkan kekayaan dan keberuntungan bagi pemiliknya.

Baca Juga :  Resep Ngo Hiong Ayam Udang untuk Imlek

Nah, itulah dekorasi Imlek yang sudah bisa Sweet Couple mulai persiapkan nih. Selain membuat suasana di rumah menjadi lebih meriah dan indah, juga ternyata diyakini membawa keberuntungan lho.

Kalau Sweet Couple juga bisa mengetahui panduan dekorasi Imlek lho sebelum mulai mempersiapkan dekorasinya. Selamat mempersiapkan Imlek!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari Kompas.com